Comscore Tracker

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swedia

Kota sejarah warisan dunia di tenggara Swedia

Visby adalah kota utama yang terletak di Pulau Gotland, Swedia. Kota yang punya nilai historis tinggi ini bisa dibilang sebagai kota abad pertengahan yang paling terpelihara di kawasan Skandinavia. Itu juga yang membuat UNESCO memasukan kota ini dalam daftar warisan dunia pada tahun 1995.

Itulah mengapa kota ini memiliki banyak objek-objek wisata yang sering dijadikan destinasi tujuan para wisatawan ketika berlibur di Swedia. Apa saja objek wisata di Kota Visby? Kita ulas bersama di bawah ini, yuk!

1. Visby Town Wall

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swediapotret Visby Town Wall (instagram.com/fotoandersnilsson)

Visby Town Wall merupakan tembok pertahan yang mengelilingi Kota Visby pada abad pertengahan. Sebagai salah satu tembok kota terkuat dan terbesar di Skandinavia pada zamannya, Visby Town Wall telah menjadi bagian dalam daftar situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Tembok ini kini dianggap sebagai landmark dan simbol kekuatan bagi Kota Visby. Panjang tembok yang beridiri saat ini pun sekitar 3,6 kilometer, ditambah lagi hanya 27 menara besar dan 9 menara kecil yang tersisa membuat tembok ini benar-benar dijaga dari kerusakan.

2. Almedalen

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swediapotret Almedalen (instagram.com/masoma.alasadi)

Almedalen adalah salah satu taman kota paling terkenal di Swedia. Ini juga menjadi taman paling penting di Swedia, dimana para politikus besar Swedia selalu berkumpul di sini setiap tahunnya dan bergiliran memberikan pidato.

Dahulunya, taman ini merupakan area pelabuhan sebelum dari waktu ke waktu menjadi dangkal dan harus dipindahkan ke area yang lebih dalam. Setiap sore, banyak wisatawan lokal maupun asing menghabiskan waktu di taman ini.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lund-Swedia yang Sayang untuk Dilewatkan

3. St. Nicolai Ruin

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swediapotret St. Nicolai Ruin (instagram.com/toppform_visby)

Meski kini hanya menyisakan reruntuhannya saja, kemegahan Gereja St. Nicolai masih menyisakan kemegahan yang cukup nyata. Gereja ini rusak parah akibat perang pada tahun 1525 yang membuat Gereja ini terbakar dan tidak pernah dibangun lagi hingga sekarang.

Saat ini, di kawasan reruntuhan gereja tersebut sering diadakan berbagai macam festival atau konser. Bahkan, ketika musim panas, tempat ini selalu dipenuhi para pengunjung yang datang untuk menyaksikan opera Petrus de Dacia yang terkenal.

4. Drottens Ruin

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swediapotret Drottens Ruin (instagram.com/kayumizuiko)

Tak kalah terkenalnya dari reruntuhan Gereja St. Nicolai, reruntuhan Gereja Drottens bisa dikatakan sebagai situs bersejarah yang wajib dikunjungi. Gereja yang dibangun pada tahun 1240 ini terhitung telah hancur selama berabad-abad sejak ditinggalkan pada pertengahan abad ke-16.

Di depan reruntuhan gereja ini terdapat sebuah patung Christopher Polhem karya seniman patung terkenal Swedia abad ke-19, Theodor Lundberg. Polhem sendiri merupakan tokoh industrialis yang biasa disebut sebagai "Bapak Mekanik Swedia".

5. Gotland Museum

5 Objek Wisata Seru di Visby, Kota Historis di Pulau Gotland-Swediapotret Gotland Museum (instagram.com/gotlandsmuseum)

Sebagai salah satu museum paling terkenal di Swedia, khususnya Kota Visby, Museum Gotland adalah rumah bagi lebih dari 400 ribu benda arkeologi, sejarah, dan budaya yang ditemukan di Pulau Gotland. Museum ini sudah didirikan sejak 1875 oleh masyarakat Gotland sendiri.

Ini merupakan destinasi wisata edukasi yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota ini. Apalagi ketika kamu sedang berlibur bersama anak-anak. Museum Gotland juga sering menyelenggarakan berbagai festival pendidikan yang merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan budaya dari pulau ini.

Masih banyak objek-objek wisata lainnya yang bisa kamu temukan di Visby. Namun, lima rekomendasi wisata di atas mungkin menjadi yang paling tak boleh dilewatkan. Bagaimana? Tertarik untuk segera mengunjunginya?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Gothenburg, Swedia yang Sayang untuk Dilewatkan

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya