Comscore Tracker

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di Dunia

Tempat jual beli dengan nilai historis tersendiri!

Pasar merupakan salah satu tempat bagi orang-orang berinteraksi untuk melakukan kegiatan ekonomi. Namun, pasar bukan hanya tentang jual-beli saja. Sebab pasar juga menjadi penanda jejak perkembangan sebuah daerah di tengah modernisasi yang terus berjalan.

Tak hanya di Indonesia, pasar-pasar tradisional ternyata juga masih ada di luar negeri. Bahkan, sudah ada yang beroperasi sejak ratusan tahun lalu. Tentunya, sejarah panjang pasar tersebut menjadi daya tarik utama wisawatan mengunjunginya.

Mau tahu di mana saja pasar-pasar tertua yang ada di dunia? Simak ulasan berikut.

1. Grand Bazaar - Turki

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di DuniaGrand Bazaar (instagram.com/vysloztrkphoto)

Menjadi salah satu pasar tertua dan terbesar di tanah Turki, Grand Bazaar sudah mulai beroperasi pada tahun 1461, yang kala itu dibangun atas perintah Raja Sultan Mahmed II. Pasar tersebut bahkan sudah menjadi ikon bagi negara Turki, tak lain dan tak bukan adalah karena segala aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Istanbul selalu melekat dengan Grand Bazaar.

Setiap harinya, pasar yang memiliki lebih dari 4.000 toko dan dibangun di atas lahan seluas 3 hektar ini selalu dipenuhi oleh ratusan ribu orang. Tidak hanya masyarakat Istanbul, tetapi juga wisawatan domestik maupun mancanegara yang berburu souvenir khas Turki untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Campo de Fiori Market - Italia

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di DuniaCampo de Fiori Market (instagram.com/dylan_valente)

Campo de Fiori Market merupakan pasar paling terkenal yang ada di ibu kota Italia, Roma yang menjual aneka buah-buahan serta sayuran. Pasar ini sebelumnya berada di Piazza Navona, kemudian pada tahun 1869 dipindahkan ke kawasan Plaza Campo de Fiori.

Di pasar ini, kamu bisa menyaksikan kegiatan tawar menawar seperti kebanyakan pasar tradisional di Indonesia. Ya, memang pasar Campo de Fiori merupakan gambaran penduduk Roma zaman dahulu yang masih bertahan meskipun modernisasi sudah menguasai negara Italia.

Baca Juga: 8 Flea Market Terbaik di India, Surga Barang Antik dan Perhiasan!

3. Easton Farmer's Market - Amerika Serikat

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di DuniaEaston Farmer's Market (instagram.com/cityofeastonpa)

Berdiri sejak 1752, Easton Farmer's Market yang ada di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat ini bisa dikatakan sebagai pasar yang "tak pernah tidur". Hal tersebut karena pasar ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari setiap saat.

Easton Farmer's Market menyediakan berbagai sayuran dan buah-buahan yang ditanam langsung oleh petani lokal, sehingga produknya masih segar serta memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, monumen deklarasi kemerdekaan AS di belakangnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

4. Borough Market - Inggris

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di DuniaBorough Market (instagram.com/eastlondongirlblog)

Jika kamu pergi ke London, kamu akan menemukan sebuah pasar besar yang menjual segala bahan-bahan pokok dengan lengkap, yaitu Borough Market. Brought Market sendiri sudah beroperasi sejak pertengahan abad ke-15.

Dalam sejarahnya, pasar ini pernah melewati berbagai bencana seperti kebakaran yang membuatnya berhenti beroperasi selama beberapa tahun. Saat ini, kamu bisa menemukan Borough Market di selatan Katedral Southwark, tepat berada di antara Southwark Street dan Borough High Street.

5. Queen Victoria Market - Australia

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini 5 Pasar Tertua di DuniaQueen Victoria Market (instagram.com/elorunstheworld)

Queen Victoria Market dikenal sebagai pasar terbesar dan tertua di Australia, yaitu dibuka pada tahun 1878 sebagai pasar buah dan sayuran. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia, sekarang kamu bisa menemukan berbagai souvenir khas Negeri Kangguru di pasar tersebut.

Memiliki luas total 17 hektar, pasar ini memiliki banyak sejarah yang penuh kontroversi. Sempat beralih fungsi menjadi lembaga pemasyarakatan wanita, konon pasar tersebut dahulunya malah merupakan situs pemakanan. Cukup menakutkan bukan?

Pasar-pasar di atas tentunya memiliki sejarah yang panjang di mana dalam perkembangan dunia menuju era modernisasi, pasar-pasar tersebut tetap menjalankan fungsinya ditengah banyaknya dan menjamurnya pasar online. Luar biasa!

Baca Juga: 10 Mall Terbesar dan Kece di Indonesia yang Bisa Bikin Kamu Tersesat

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya