Comscore Tracker

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng 

Wujudkan di Indonesia, yuk! 

Tren memadukan kafe dengan toko buku atau perpustakaan memang bukan ide baru lagi dalam bisnis. Namun, seringkali kafe dengan konsep ini tidak pula menyediakan koleksi buku yang lengkap, atau bahkan tergerus zaman. Orang lebih tertarik dengan konsep kafe murah yang bisa memfasilitasi pengunjung yang hendak mengobrol atau berselancar di internet dengan wifi. 

Namun, di beberapa tempat berikut, kafe buku ternyata masih jadi jujukan banyak orang. Mereka dipadukan dengan toko buku yang koleksi bukunya selalu up-to-date. Bikin kutu buku pun betah berlama-lama. 

1. Molasses Books yang berlokasi di Brooklyn, New York, jelas hype

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/yelpbrooklyn

Toko buku sekaligus kafe ini sudah sering masuk dalam feed Instagram, itu karena desainnya yang keren. Koleksi bukunya pun bikin mupeng, tak hanya buku baru mereka juga punya banyak buku bekas yang bisa diadopsi. Buku bekas di sana biasanya dihargai 1 dollar-an, murah banget 'kan? 

2. Sebuah kafe kecil di Bratislava, Slovakia

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/_wanderlustandwhiskey

Sebenarnya Bratislava punya beberapa kafe buku yang tergolong besar dan terkenal, tetapi ada pula yang merupakan kafe indie kecil. Dikutip dari akun Instagram seorang blogger bernama Jessica Pineda, kafe ini tampak mengusung tema vintage, lengkap dengan furniture antik, rak buku yang penuh sedinding, dan lantai keramik bercorak. 

3. Merci Used Book Café yang terletak di jantung kota Paris

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/thefrenchcollective_

Dari luar saja sudah terlihat cozy, apalagi rak bukunya yang menggoda para kutu buku untuk melongok ke dalam. Kamu bisa menikmati hidangan sambil membaca koleksi buku bekas mereka selama di sana. Untuk membacanya sih gratis, tetapi jangan dibawa pulang. Kalau makanan dan minumannya, jelas kamu harus tetap bayar. 

4. Di Jepang ada pula kafe buku bernama Brown Books Cafe yang homey

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/tsubomi.live

Hampir seluruh sisi dinding di kafe ini memiliki rak buku. Ditambah berbagai tanaman gantung yang ikin suasana makin adem bagai di rumah sendiri. Kafe ini terletak di kota Sapporo. Sama dengan Merci, kafe ini membolehkan pengunjungnya untuk membaca buku secara gratis sambil menikmati makanan dan minuman yang sudah mereka pesan. 

5. Toko buku dan kafe yang terletak di Paddington, Sydney

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/anaoctarina

Toko buku ini terletak di kawasan Oxford Street, Paddington, Sydney yang terkenal sibuk. Ketika masuk ke sini, sontak perasaan tenang dan rileks yang akan kamu dapatkan. Buku-buku mengelilingimu, dipadu dengan aroma kopi dan menu sarapan lainnya. Mampir ke sini saat istirahat kerja terdengar sempurna. 

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!

6. Tmol Shilshom Cafe yang ada di Yerusalem, kesan tradisionalnya dapat banget

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/pattytous

Terletak di Yerusalem, kafe buku ini pun berkonsep tradisional. Dengan perabotan antik dan ornamen-ornamen khas Yahudi. Kafe ini memungkinkanmu untuk meminjam bukunya selama kamu berada di sana sambil menikmati hidangan yang tersaji. 

7. Paludan Bogcafé di Denmark yang bagaikan mimpi jadi nyata

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/popcircumstance

Sebagai penggemar buku berada di perpustakaan atau ruangan dengan buku-buku yang tertata rapi pasti layaknya surga dunia. Namun, sayangnya biasanya perpustakaan tidak mengizinkan kamu untuk makan dan minum. Beda dengan kafe ini yang memungkinkanmu untuk melakukan dua hal sekaligus, ngopi sambil baca buku. 

8. Cafe Illiterati di India yang memadukan kafe, buku, dan pemandangan outdoor yang mengesankan

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/ankita___chouhan

Kebanyakan kafe buku yang dibahas terletak di tengah keramaian kota, beda dengan kafe berikut yang berada di tengah alam. Bahkan ia dilengkapi dengan kursi-kursi di balkon yang menghadap ke luar. Seru banget. Letaknya ada di Dharamshala, Pradesh. 

9. Kafe idaman anak kampus yang butuh spot belajar kece, Cafe Comma

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/peterdang/

Kafe ini terletak di Seoul, Korea Selatan dan selalu ramai pengunjung. Kamu bisa menemukan banyak mahasiswa dan pekerja yang mengerjakan pekerjaan mereka di sana. Sambil ngopi dan cari inspirasi lewat koleksi buku mereka. 

10. Terakhir, Libros del Pasaje yang ada di Argentina

10 Kafe Buku di Dunia yang Tak Abal-Abal, Koleksinya Bikin Mupeng instagram.com/miguel_head

Toko buku dan kafe keren ini selalu jadi langganan anak muda Argentina. Tempatnya luas dengan koleksi buku terbaru yang menarik hati. Tak jarang banyak pula yang nebeng mengerjakan tugas di kafe buku ini.

Ide semacam ini sudah bisa kamu temukan di Indonesia, utamanya kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Tambah lagi yuk, biar makin banyak orang yang gemar membaca. 

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Online

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You