Comscore Tracker

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatan

Rasanya khas banget!

Mengunjungi suatu daerah rasanya ada yang kurang jika belum membeli oleh-oleh khas yang dijajakan, betul kan? Nah, jika kamu singgah atau berwisata ke Sulawesi Selatan jangan lupa untuk membeli buah tangan ya. Rasa khas oleh-oleh dari Sulawesi Selatan ini cocok untuk dibagikan kepada teman, saudara, keluarga, atau bahkan dinikmati sendiri. Rasanya yang khas bikin ketagihan deh.

Nah, untuk kamu yang berencana ke Selawesi Selatan, yuk simak oleh-oleh yang bisa dibeli.

1. Kopi toraja

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanblog.ciptaloka.com

Kopi merupakan tanaman perkebunan populer di Indonesia. Oleh karena itu masing-masing daerah di Indonesia biasanya memiliki keunggulan dan cita rasa kopi tersendiri.

Di Sulawesi Selatan, kopi toraja menjadi primadona. Kopi jenis Arabica ini punya keunggulan tersendiri seperti kadar keasaman rendah, tidak membuat mual, dan memiliki rasa kopi yang dominan.

Tak heran jika kopi toraja digemari tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri seperti Jepang, Amerika, dan Jerman.

2. Kacang sembunyi

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanpesonanusantara.co.id

Kacang sembunyi adalah camilan dari Sulawesi Selatan. Nah kira-kira kenapa ya dinamakan kacang sembunyi?

Camilan ini tebuat dari adonan tipis kulit lumpia atau kulit pangsit yang dipotong memanjang kemudian diisi dengan satu biji kacang tanah sangrai, lalu digulung (disembunyikan), dan kemudian digoreng hingga kecokelatan. Setelah digoreng dapat diberi bumbu seperti rasa pedas-manis, atau karamel. 

3. Kacang disco

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanindonesiakaya.com

Kacang disco mirip dengan kacang telur tetapi balutan tepung dari kacang disco terlihat lebih keriting. Sesuai dengan namanya, bahan utama pembuatan kacang disco adalah kacang tanah yang digoreng dengan balutan adonan tepung yang telah dibumbui. Kriukkk!

4. Sirup DHT

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanmakassar.terkini.id

Sirup ini ikonik sekali di Sulawesi Selatan. Sirup DHT berwarna merah dengan cita rasa pisang ambon. Cara menyajikannya sama seperti sirup pada umumnya, tuang sirup ke dalam gelas dan sajikan dengan air es. Sempurna cairkan dahaga!

5. Sirup Markisa

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanpanduanwisata.id

Selain sirup DHT kamu juga bisa membeli sirup markisa khas dari Sulawesi Selatan. Sirup markisa ini memiliki cita rasa rasa manis dan asam dari buah markisa bercampur menjadi satu kesegaran yang mantap abis!

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Lalu

6. Otak-otak tengiri

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatanmakassar.terkini.id

Oleh-oleh makanan basah? Jangan khawatir guys meski termasuk makanan basah tapi otak-otak dari Sulawesi Selatan ini tahan dibawa perjalanan jauh lho. Agar tetap awet, setelah dari perjalanan segera simpan otak-otak ke dalam lemari pendingin. Siap dinikmati kapan saja nih!

7. Kerupuk jintan

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatancookpad.com

Meski namanya kerupuk tetapi bentuknya tidak seperti kerupuk ya? Nah, camilan ini kriuk banget, gurih, dan terasa rempah jintannya. Cobain ya!

8. Barongko

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatancookpad.com

Jajanan ini berbahan dasar utama pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan santan, air, garam, gula dan telur yang diaduk menjadi saju lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus.

Sebagai oleh-oleh, barongko aman dibawa. Sama seperti otak-otak, setelah perjalanan jauh segera amankan barongko ke dalam lemari es. Rasa barongko, lembut, gurih, manis bercampur menjadi satu. Enak banget!

9. Baje

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatandapur-teh-enur.blogspot.com

Baje adalah jajanan manis yang terbuat dari ketan, kelapa parut, gula pasir, dan gula merah. Proses pembuatannya pun mirip dengan pembuatan wajik. Nah, biasanya baje dibungkus dengan kulit jagung kering atau daun pisang kering. Unik ya!

10. Dangke

10 Oleh-oleh yang Bisa Kamu Beli Saat Berkunjung ke Sulawesi Selatantravelingyuk.com

Dangke adalah makanan tradisional yang berasal dari Enrekang, Sulawesi Selatan. Dangke terbuat dari susu sapi atau kerbau yang diolah sedemikian rupa, sehingga teksturnya menyerupai tahu dan memiliki rasa seperti keju.

Proses membuatnya dimulai dengan merebus susu lalu diberi getah pepaya dan setelah dingin susu berubah menjadi padatan yang kemudian ditaruh ke dalam wadah-wadah kecil.

Cara mengolah dangke cukup mudah. Biasanya dangke dibakar, ditumis, dibuat kerupuk, atau dinikmati dengan beras ketan yang disebut pulu mandoti. Keju dengan cita rasa kearifan lokal nih guys.

Nah, itu tadi beberapa daftar oleh-oleh yang bisa dibeli ketika singgah di Sulawesi Selatan. Khas cita rasa Sulawesi Selatan nih!

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Sulawesi Selatan Ini Begitu Memikat

Dyah M Photo Community Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You