Comscore Tracker

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tips

Keindahannya bak negeri di atas awan!

Ngomongin tempat wisata di Yogyakarta, pantai jadi yang paling banyak disebut. Padahal, ada juga spot lainnya yang gak kalah seru, misalnya, Kebun Buah Mangunan.

Berada di Yogyakarta "lantai dua", tempat ini gak hanya menawarkan pemandangan menawan, tetapi juga suasana syahdu yang bikin tenang. Lokasi Kebun Buah Mangunan ini ada di Kabupaten Bantul.

Sebelum beranjak ke sana, ketahui dulu informasi wisata Kebun Buah Mangunan yang bisa jadi panduan liburanmu berikut ini. Siap-siap terkesima, ya!

1. Lokasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tipsinformaau kebun buah mangunan (instagram.com/diilasyf)

Kebun Buah Mangunan sering disebut sebagai negeri di atas awan karena adanya kabut yang seolah mirip awan ketika pagi hari. Maka dari itu, banyak orang berlomba-lomba datang saat pagi buat menikmati matahari terbitnya sekaligus suasananya yang syahdu. 

Lokasi Kebun Buah Mangunan ada di Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berangkat dari pusat kota, waktu tempuh yang dibutuhkan antara 40-50 menit menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya 23 km saja. 

2. Rute perjalanan ke Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tipsrute kebun buah mangunan (instagram.com/grace_graciana)

Tenang, jalan menuju Kebun Buah Mangunan sudah mulus dan mudah buat dilalui, kok. Jalannya pun cukup luas untuk bisa dilalui kendaraan besar, seperti bus. Untuk rute ke Kebun Buah Mangunan sendiri mudah diingat.

Nah, jika berangkat dari Jalan Malioboro, kamu bisa  belok kiri ke arah Jalan Panembahan Senopati sejauh 950 meter. Kemudian, belok ke kanan ke arah Jalan Brigjen Katamso sejauh 500 meter.

Dari jalan tersebut, lanjutkan menuju Jalan Kolonel Sugiyono ke arah kiri sejauh 1,5 kilometer, lalu belok kanan ke Jalan Sisingamangaraja. Kemudian, ikuti terus jalan menuju ke Jalan Imogiri Barat sejauh 11 kilometer. Sampai di pertigaan Pasar Barongan ambil arah kiri ke Jalan Bakulan Imogiri. Ketika sampai di pertigaan, belok kiri ke Jalan Makam Raja.

Dari sana, ambil kanan dekat Kantor Polisi Imogiri ke Jalan Imogiri-Dlingo. Kemudian, kamu tinggal melanjutkan perjalanan sampai tiba di pertigaan dekat Desa Wisata Kaki Langit, lalu belok kanan terus sampai kawasan Kebun Buah Mangunan. 

3. Harga tiket dan jam operasional Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tipskebun buah mangunan (instagram.com/awyinnn_)

Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu wisata paling diminati di Kabupaten Bantul. Meski begitu, kamu gak perlu khawatir soal harga tiket Kebun Buah Mangunan. Sempat alami kenaikan imbas dari harga bahan bakar yang melonjak, semula harga tiket masuknya Rp4.750 dan naik sebesar Rp2.000, sehingga kini harganya Rp6.750 per orang. 

Harga tiket tadi berlaku saat hari biasa atau weekdays. Sementara tiket masuk saat weekend atau saat ada acara, harganya sedikit lebih mahal yaitu Rp7.750. Namun, tetap saja masih terjangkau dan bisa dijadikan rujukan wisata bareng keluarga.

Jam operasional Kebun Buah Mangunan yaitu antara pukul 05.00-17.00 WIB dan buka setiap hari. Gak perlu buru-buru karena kamu bisa datang kapan pun kamu sempat!

Baca Juga: Desa Wisata Pulesari Yogyakarta: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips

4. Fasilitas di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tipsfasilitas kebun buah mangunan (instagram.com/alim_anwar)

Sesuai namanya, Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata berkonsep kebun dengan beragam pohon buah-buahan. Mulai dari sirsak, jambu darsono, sampai durian bisa kamu temui di sini. Maka dari itu, tidak hanya didatangi wisatawan lokal ataupun mancanegara saja, tapi juga jadi tempat belajar bagi anak-anak TK sampai mahasiswa.

Selain itu, tersedia juga wahana flying fox dan outbond yang seru buat dicoba jika kamu berwisata dengan keluarga atau teman-teman. Gak sampai di sana, di sekitar Kebun Buah Mangunan juga tersedia beberapa homestay dan warung yang siap memenuhi kebutuhan.

Urusan area parkir juga gak perlu bikin resah karena terbilang luas dan aman. Perlu buang air kecil? Ada banyak toilet umum yang bisa kamu gunakan kapan saja. 

5. Tips berkunjung ke Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta: Info Lokasi, Rute, dan Tipskebun buah mangunan (instagram.com/afisanafisaa14_)

Kalau kamu mau ke Kebun Buah Mangunan dalam rangka mencari pemandangan indah, sebaiknya datang pagi-pagi. Jangan lupa juga cek laporan cuaca supaya bisa mendapatkan matahari terbaik alih-alih mendung.

Namun, kalau tujuanmu adalah untuk berburu buah segar, pastikan juga untuk datang sesuai musimnya. Misalnya, saat berkunjung bulan Januari-Februari di mana sedang musim durian atau Maret-April saat musim jeruk dan lain sebagainya. Soal harga buah juga tak mahal dan sesuai dengan pasaran.

Hal yang gak boleh terlupakan yaitu soal pakaian. Meski keinginan buat pakai pakaian kece buat penunjang foto, tapi lebih disarankan buat menggunakan yang berbahan tebal apalagi jika berkunjung saat pagi karena cuacanya super dingin. 

Menarik banget informasi wisata Kebun Buah Mangunan di atas, kan? Lebih seru lagi kalau kamu sempat datang dan merasakan langsung vibes ala negeri di atas awan dari sini. Yuk, lekas ambil cuti dan agendakan liburan!

Baca Juga: 5 Coffee Shop Baru di Sleman Yogyakarta, Nyaman dan Estetis

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya