Comscore Tracker

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilalui

Tidak terlalu tinggi, tapi punya landscape yang kece

Rasa lelah akan panjang dan terjalnya jalur pendakian akan langsung sirna setiap kali pendaki sampai di puncak gunung dan melihat indahnya panorama alam dari atas sana.

Hal ini pulalah yang membuat setiap pendaki tidak pernah kapok mendaki gunung tak peduli betapa jauh maupun sulitnya rintangan yang perlu dilalui. Bahkan semakin panjang dan terjal jalur yang dilalui untuk bisa sampai ke puncak, semakin tinggi pula kebanggaan yang dirasakan pendaki.

Tapi untuk kamu yang masih pemula, jangan coba-coba untuk mendaki gunung yang tinggi dengan banyak rintangan yang harus dilalui. Carilah gunung dengan ketinggian yang cukup rendah dan memiliki jalur pendakian yang aman dan mudah dilalui. Berikut beberapa alternatif gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

1. Gunung Pulosari

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilaluiinstagram.com/Rahmatullah.hm

Gunung Pulosari memiliki ketinggian 1346 mdpl dan berada di Pandeglang, Banten. Karena ketinggian Gunung Pulosari yang tidak terlalu tinggi, maka gunung ini termasuk salah satu alternatif untuk kamu pendaki pemula.

Sebenarnya ada 2 jalur pendakian yang dapat ditempuh para pendaki untuk sampai ke puncak, satu jalur terjal dan satu jalur landai. Jika melewati jalur terjal, pendaki bisa sampai ke puncak hanya dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 jam saja, akan tetapi medan ini cukup berbahaya.

Sedangkan jika lewat jalur landai, waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke puncak adalah sekitar 3 jam, tetapi jalur ini cukup aman. Nah, buat kamu pendaki pemula, lebih disarankan untuk lewat jalur landai saja.

2. Gunung Andong

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilaluiinstagram.com/christianhariyanto

Sedikit lebih tinggi daripada Gunung Pulosari, Gunung Andong di Jawa Tengah juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang baru memulai pengalaman mendaki.

Memiliki ketinggian 1762 mdpl dan medan yang cukup landai, kamu hanya butuh waktu 2 jam untuk mendaki gunung ini sampai ke puncak. Bonusnya, setelah sampai di puncak, kamu dapat melihat pemandangan yang sangat indah dari atas.

Baca Juga: Mendaki Gunung Talang, Begini Tips Rute, Lokasi, dan Daya Tariknya

3. Gunung Papandayan

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilaluiinstagram.com/hen.oar

Ingin mendaki sembari berburu foto untuk feed Instagram? Kamu yang berada di Jawa Barat wajib mencoba mendaki Gunung Papandayan.

Memiliki pemandangan yang cantik, medan daki yang ramah, padang edelweis, serta hutan mati yang Instagramable, dijamin bikin siapapun ketagihan untuk kembali mendaki gunung cantik yang satu ini.

Tak hanya itu, di beberapa titik bahkan tersedia toilet dan warung makan bagi pendaki yang kelelahan dan ingin beristirahat sejenak. Gimana? Asyik bukan?

4. Gunung Panderman

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilaluiinstagram.com/lapar.bang

Gunung Panderman berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur dan cocok dijadikan untuk kamu yang baru mau latihan mendaki gunung. Sebab, selain tingginya yang hanya 2.045 mdpl, faktor lain yang jadi nilai plus di sini adalah jalurnya yang mulus bahkan hampir tidak terdapat rintangan di sini, sehingga para pendaki yang masih pemula tidak perlu terlalu ngos-ngosan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Panderman ini.

Selain itu, untuk kamu yang berencana menginap di puncak gunung bersama sahabat, kamu akan disuguhi pemandangan lampu kota yang cantik dari atas yang akan menambah suasana syahdu di sini.

5. Gunung Ijen

5 Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula, Aman dan Mudah Dilaluiinstagram.com/thefreedomcomplex

Gunung Ijen merupakan destinasi pendakian yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini terkenal akan fenomena blue fire-nya yang konon hanya ada di Gunung Ijen saja. Saking fenomenalnya, bukan hanya para turis saja yang tertarik ke Gunung Ijen, tapi juga para peneliti dan geolog.

Berada di atas ketinggian 2.368 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup mudah dilalui, Gunung Ijen menjadi salah satu destinasi pendakian untuk pendaki yang masih pemula. Selain blue fire dan jalur pendakian yang lumayan ramah, pemandangan danau kawah Ijen berwarna tosca dengan asap belerang yang selalu mengepul menjadi pesona tersendiri dari gunung api aktif ini.

Demikian tadi beberapa alternatif gunung untuk kamu para pendaki pemula. Yang paling penting, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan serta tidak mengotori atau merusak lingkungan di mana pun kamu berada.

Baca Juga: Keluar Zona Nyaman, 9 Momen Raline Shah Mendaki Gunung Kilimanjaro

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya