Comscore Tracker

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di Brisbane

Cuma di sini kita bisa peluk koala sepenuh hati

Menyaksikan langsung koala dan kangguru menjadi hal yang gak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Brisbane, Australia. Bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan lucu ini pasti akan menjadi pengalaman dan momen yang tak terlupakan.

Buat kamu yang punya rencana ke Brisbane dan ingin berinteraksi dengan koala dan kangguru, Lone Pine Koala Sanctuary adalah tempat yang wajib dikunjungi. Penasaran seperti apa sih Lone Pine Koala Sanctuary di Brisbane ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Lone Pine Koala Sanctuary adalah penangkaran koala tertua dan terbesar di dunia

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di BrisbaneKoala di Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Dibuka pada tahun 1927 di Brisbane, Lone Pine Koala Sanctuary sudah beroperasi selama 93 tahun. Karena itulah, Guiness Book World of Record menobatkan Lone Pine Koala Sanctuary sebagai penangkaran koala tertua sekaligus terbesar di dunia.

Pada awal berdiri, penangkaran yang berlokasi di 708 Jesmond Road, Fig Tree Pocket, Queensland, ini hanya memiliki dua ekor koala saja. Namun saat ini, Lone Pine Koala Sanctuary sudah menjadi rumah bagi lebih 130 ekor koala yang sehat dan menggemaskan. 

2. Ada pula hewan-hewan khas Australia lainnya yang menakjubkan

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di BrisbaneMemberi makan kangguru di Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Meskipun namanya Lone Pine Koala Sanctuary, tetapi penangkaran ini tidak hanya merawat koala saja, lho. Ada banyak hewan khas australia lainnya yang juga tinggal di sini. Beberapa di antaranya kangguru, wallaby, wombat, dingo, tasmanian devil, emu, dan hewan-hewan reptil lainnya. 

Semua hewan di sini terawat sangat baik dan terjaga kebersihannya. Bahkan, kamu diperbolehkan memberi makan langsung kepada para kangguru yang sedang bersantai di taman. 

3. Kamu boleh berfoto sekaligus menggendong koala, seru banget!

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di BrisbaneBerfoto dengan koala di Lone Pine Koala Sanctuary (IDN Times/Ernia Karina)

Untuk menjaga kesehatan dan kelestarian habitatnya, gak banyak kebun binatang atau penangkaran yang memperbolehkan pengunjung berinteraksi langsung dengan koala. Bahkan, di beberapa negara bagian di Australia, memegang dan memeluk koala adalah tindakan ilegal. 

Namun, kamu sangat beruntung jika berkunjung ke Lone Pine Koala Sanctuary. Sebab, tempat ini jadi salah satu penangkaran yang masih memperbolehkan pengunjung berinteraksi langsung dengan koala. 

Baca Juga: 13 Potret Uji Adrenalin Saat Mendaki Puncak Story Bridge di Brisbane

4. Untuk bisa berfoto dan menggendong koala, catat jadwalnya biar tak terlewat

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di BrisbaneBerfoto dengan koala di Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Meski kita diperbolehkan berinteraksi dengan koala, tapi tetap harus mengikuti peraturan yang ada. Koala sendiri termasuk hewan yang sangat sensitif terhadap suara dan pergerakan yang tiba-tiba, karena itu bisa membuatnya stres. Oleh sebab itu, jadwal, waktu, dan jumlah koala yang dapat diajak berinteraksi pun terbatas. 

Harga tiket masuk Lone Pine Koala Sanctuary sebesar 25 Dolar Australia atau sekitar Rp232 ribu untuk anak-anak, sedangkan dewasa sebesar 42 Dolar Australia atau sekitar Rp389 ribu. Kalau ingin menggendong koala, kamu harus membayar lagi sekitar 25 Dolar Australia atau Rp232 ribu.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan foto cetak sebagai merchandise. Untuk membeli tiketnya, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya di koala.net atau di e-commerce pariwisata.

5. Banyak alternatif transportasi yang bisa mengantarmu ke sini

Lone Pine Koala Sanctuary, Tempat Asyik Memeluk Koala di BrisbaneKangguru dan Wallaby di Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Selama liburan ke Brisbane, kamu gak perlu bingung mencari transportasi. Terdapat banyak pilihan transportasi yang bisa kamu pakai dengan nyaman dan aman. Nah, untuk menuju Lone Pine Koala Sanctuary ini, ada beberapa altiernatif transportasi.

Kamu bisa naik kereta selama 20 menit dari Central Station, Brisbane, dengan tujuan akhir Sherwood Station. Bisa juga menggunakan bus selama 37 menit dari Adelaide Street Stop 41 at Broadway menuju Lone Pine Koala Sanctuary at Lone Pine, stop 42.

Pilihan lainnya, cobalah naik speed boat Koala Express dengan menyusuri sungai Brisbane. Perjalanan dimulai dari Cultural Centre Pontoon Southbank Boardwalk sekitar 40 menit. 

Nah, itulah beberapa fakta dan potret Lone Pine Koala Sanctuary, penangkaran koala tertua sekaligus terbesar di dunia di Kota Brisbane, Queensland, Australia. Pencinta satwa, terutama koala, wajib banget ke sini! 

Baca Juga: 8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan Berkesan

Topic:

  • Ernia Karina
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya