Comscore Tracker

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan Berkesan

Dari gendong koala sampai kulineran street food yang lezat!

Liburan bareng keluarga atau teman ke luar negeri pasti jadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland, Australia, ini punya segudang tempat wisata dan atraksi yang menarik bagi wisatawan.

Kotanya yang amat bersih, santai, dan ramah pejalan kaki ini bisa jadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi bareng keluarga dan sahabat. Pastikan kota yang mendapat julukan "Sunshine State" ini masuk ke dalam bucket list liburanmu selanjutnya.

Kali ini IDN Times berkesempatan langsung mengeksplor keindahan kota Brizzie ini. Berikut delapan spot yang wajib kamu coba saat traveling ke Brisbane, Queensland!

1. Menikmati Brisbane river di Kangaroo Point Cliffs Park. Paling seru kalau naik URB-E!

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanNaik URB-E sambil menikmati pemandangan sungai Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Brisbane River adalah salah satu sungai terpanjang di Queensland dan membelah kota Brisbane menjadi dua sisi, yakni north bank dan south bank. Brisbane River menjadi denyut nadi Kota Brisbane. 

Oleh karena itu, warga dan pemerintahan setempat sangat menjaga kebersihan sungai Brisbane ini. Sehingga, banyak kapal ferry yang berlalu-lalang sebagai salah satu alat transportasi di Brisbane.

Kamu bisa menikmati sejuknya suasana Brisbane River sambil berjalan-jalan santai di Kangaroo Point Cliffs Park. Di sepanjang sisi Brisbane river ini terdapat taman yang rindang dan asri, asyik banget buat bersantai.

Untuk menikmati pemandangan, kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda. Namun bila ingin mencoba suasana baru yang lebih seru lagi, kamu harus coba mengendarai URB-E.

Seperti sepeda listrik pada umumnya, hanya saja bentuknya lebih unik dan ringan. Cara mengendarainya sangat mudah, tinggal tarik gas pada stang di sisi kanan, maka URB-E akan jalan seperti motor matic.

Kamu bisa menyewa URB-E di Riverland. Harganya cukup terjangkau yaitu 35 Dolar Australia atau sekitar Rp326 ribu.

2. Menikmati keindahan panorama kota dari The Wheel of Brisbane di Southbank Parkland

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanThe Wheel of Brisbane di Southbank Parkland, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Gak lengkap rasanya kalau ke Brisbane tapi gak mampir ke salah satu ikon terkenalnya, yaitu The Wheel of Brisbane. Lokasinya berada di Southbank Parkland, tepat di tepi Sungai Brisbane. Dari dalam bianglala ini, kamu bisa melihat keindahan lansekap Brisbane yang indah. 

The Wheel of Brisbane buka setiap hari pukul 10.00 pagi hingga 11.00 malam waktu setempat. Tiket masuknya cukup terjangkau, yakni untuk anak-anak seharga 13,80 Dolar Australia atau sekitar Rp129 ribu dan tiket dewasa seharga 20,90 Dolar Australia atau Rp195 ribu. Pembelian tiket bisa langsung di tempat atau melalui website resminya. 

3. Uji adrenalin dengan mendaki 1.137 anak tangga Story Bridge, jembatan paling ikonik di Brisbane

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanMendaki puncak Story Bridge, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Di dunia ini hanya ada tiga jembatan yang struktur bangunannya bisa dipanjat atau dinaiki, salah satunya Story Bridge. Karena itulah sangat disayangkan kalau kamu tidak menyempatkan diri untuk menguji adrenalin mendaki Story Bridge yang berdiri kokoh di atas Brisbane River ini.

Ada sekitar 1.137 anak tangga yang nantinya akan kamu daki hingga sampai ke puncak jembatan yang beroperasi pada 1940 ini. Selain itu, lantai anak tangganya pun tembus pandang hingga ke bawah, sehingga cukup membuat bulu kuduk merinding.

Namun kamu gak perlu khawatir, karena semua pengunjung yang menjajal atraksi ini akan dilengkapi baju dan peralatan keselamatan yang memadai. Selama pendakian pun akan ada tour guide yang memberikan instruksi dan bercerita tentang keunikan Story Bridge.

Kalau kamu tertantang menguji adrenalinmu mendaki Story Bridge, langsung saja datang ke Story Bridge Adventure Climb di 70 Main St, Kangaroo Point. Tiketnya bisa kamu dapatkan on the spot atau melalui website resminya di storybridgeadventureclimb.com.au.

4. Bersantai sore di Howard Smith Wharves, ada banyak kafe dan restoran unik

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanJalan-jalan sore dan mencoba kuliner di Howard Smith Wharves, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Setelah berhasil mendaki puncak Story Bridge, kamu bisa melepas lelah dan dahaga sambil bersantai di kafe-kafe di Howard Smith Wharves. Lokasinya gak jauh dari Story Bridge. Howard Smith Wharves sendiri berada tepat di bawah Story Bridge dan di tepi sungai Brisbane. 

Ada banyak kafe, bar, dan restoran yang menyediakan berbagai macam kuliner internasional yang enak, mulai dari makanan Asia, Meksiko, hingga Yunani. Kamu bisa berbaur dengan warga Brisbane yang sedang nongkrong usai pulang kerja, seolah-olah kamu sedang menjadi penduduk Brisbane.

Meunuju petang, Howard Smith Wharves pun semakin menawan dan romantis, karena gemerlap lampu yang menghiasi Story Bridge terpantul di permukaan Sungai Brisbane yang sangat tenang dan bersih. Sambil menikmati lalu lalang kapal ferry yang sedang mengangkut penumpang. 

5. Menikmati suasana kota dengan menyusuri Brisbane river menggunakan City Cat atau Koala Express

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanRiver Cruise di Sungai Brisbane, Australia (IDN Times/Ernia Karina)

Pemandangan sungai Brisbane memang terlihat sangat bersih dan indah. Warga Brisbane pun banyak yang melakukan kegiatan outdoor di sungai, seperti kayaking dan paddle boarding. Asyik banget kalau kamu juga mencoba menyusuri Brisbane River menggunakan City Cat atau Koala Express.

Pastikan kamu selalu mencatat  jadwal keberangkatan kapal-kapal speed boat ini ya. Kalau kamu mau sekaligus pergi ke Lone Pine Koala Sanctuary, sebaiknya naik Koala Express saja.

Berangkat dari Cultural Centre Pontoon Southbank Boardwalk, kamu akan diantar ke Lone Pine Koala Sanctuary menggunakan speed boat selama kurang lebih 40 menit. 

Jangan lupa membeli tiketnya secara online melalui mirimarcruises.com.au. Pastikan kamu catat jadwal-jadwal keberangkatannya supaya tidak ketinggalan. Dijamin bakal ketagihan mencoba river cruise di sungai Brisbane!

Baca Juga: 10 Potret Seru Naik Skuter Listrik Keliling Kota Brisbane, Santuy Abis

6. Melihat koala, kangguru dan hewan-hewan khas Australia di Lone Pine Koala Sanctuary

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanMelihat koala di Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Kalau sudah sampai Australia, rasanya wajib banget bertemu satwa-satwa khas di sana. Nah, di Lone Pine Koala Sanctuary, ini kamu bisa melihat koala, kangguru, wallaby, wombat, tasmanian devil, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lone Pine Koala Sanctuary merupakan tempat penangkaran koala pertama dan terbesar di dunia. Sekitar 130 koala dirawat dengan sangat baik dan layak di sini. gak cuma melihat dari kejauhan saja, kamu juga bisa menggendong langsung dan berfoto bersama koala lho. Bisa juga sambil memberi makan  kangguru.

Lone Pine Koala Sanctuary berlokasi di 708 Jesmond Road, Fig Tree Pocket, Queensland. Untuk ke sini, kamu bisa naik Koala Express dari pusat Kota Brisbane. Penangkaran koala yang didirikan sejak 1927 ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 05.00 sore.

Harga tiket masuk Lone Pine Koala untuk anak-anak sebesar 25 Dolar Australia atau sekitar Rp232 ribu, sedangkan dewasa sebesar 42 Dolar Australia atau sekitar Rp 389 ribu. Untuk membeli tiketnya, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya di koala.net.

7. Mengunjungi pameran seni di QAGOMA (Queensland Gallery of Modern Art)

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanQueensland Gallery of Modern Art, Brisbane (IDN Time/Ernia Karina)

Buat kamu yang suka banget mengunjungi pameran-pameran seni, GOMA adalah tempat yang wajib banget dikunjungi. Gallery of Modern Art ini hampir tidak pernah absen mengadakan pameran-pameran seni yang keren. Salah satunya pameran seni terbarunya yang bertajuk "WATER" yang digelar pada Desember 2019 hingga April 2020 mendatang. 

Instalasi-instalasi seni yang dipamerkan pun sarat makna dan dekat dengan kehidupan kita. Berkunjung ke sini rasanya sejenak membuat kita menjadi lebih bisa memahami seni yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Gallery of Modern Art ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 05.00 sore.

8. Eat Street Northshore

8 Panduan Seru Traveling ke Brisbane, Bikin Liburan Puas dan BerkesanKuliner street food di Eat Street Northshore, Brisbane (IDN Times/Ernia Karina)

Traveling di Brisbane gak lengkap kalau belum mencicipi ragam street food di sana. Salah satu surga kuliner yang wajib dikunjungi yakni Eat Street Northsore. Di sini banyak booth-booth street food yang sangat menggiurkan. 

Ada street food Australia, Asia Tenggara, Asia, Brasil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak jajanan unik seperti churros dan es krim yang super lezat.

Harga makanannya beragam dan tergolong ramah di kantong, yakni sekitar 10-45 Dolar Australia. Dijamin lidah dan perutmu puas deh, karena jajanan di sini benar-benar unik dan enak!

Itulah beberapa tempat di kota Brisbane, Australia, yang setidaknya wajib kamu kunjungi saat liburan. Selain banyak tempat menarik, warga lokalnya pun sangat ramah. Pastikan sekali dalam seumur hidup, kamu pernah berlibur ke Kota Brisbane dan menikmati delapan hal seru di atas ya!

Baca Juga: 13 Potret Uji Adrenalin Saat Mendaki Puncak Story Bridge di Brisbane

Topic:

  • Ernia Karina
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya