Comscore Tracker

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sana

Yuk, jalan-jalan ke bumi Rafflesia

Bengkulu, provinsi di sebelah sisi barat Pulau Sumatera yang bersentuhan langsung dengan Samudra Hindia. Dulu, sempat terkenal sebagai tempat pembuangan para aktivis pejuang kemerdekaan.

Mungkin karena lokasinya yang berada di ujung, maka Bengkulu dianggap sebagai tempat buangan. Tetapi kalau kita simak seksama, anggapan itu salah total. Bengkulu tak hanya jadi provinsi di pojokan pulau, tetapi juga siap jadi magnet wisata yang hits nan kece.

1. Bukit Kaba

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaollyviadwtamara.co.id

Bukit Kaba berlokasi di Desa Sumber Urip, Selupuh Rejang, Rejang Lebong. Meski dinamakan bukit, tetapi tempat ini merupakan gunung api yang masih aktif. Bukit Kaba memiliki ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga memiliki delapan kawah, yang mana lima di antaranya tertutup tanaman. Untuk menikmati keindahan di puncak bukit, kamu harus menaiki tangga batu. Dahsyat, Bung!

2. Danau Mas Harun Bastari

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaindonesia-tourism.com

Danau ini berada di Kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong. Dapat dicapai dengan mudah dari Bukit Kaba. Danau ini membawa banyak manfaat untuk warga di sekitarnya. Selain dimanfaatkan untuk dibangun wisata air, kamu juga bisa berkunjung ke kebun sayuran segar di sekitar danau.

3. Danau Dendam Tak Sudah

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaoldlook.indonesia.travel

Letak danau ini berada di sebelah utara Kota Bengkulu. Keadaannya sangat asri, karena kompleks danau ini adalah cagar alam yang dilindungi. Air danaunya begitu jernih, hingga bisa merefleksikan langit di atasnya. Kamu juga bisa berkeliling danau atau memancing ikan dengan menyewa rakit.

4. Kota Curup

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaid.wikipedia.org

Kota Curup ialah ibu kota Kabupaten Rajang Lebong. Kota mungil ini menyimpan kesejukan yang luar biasa. Pada pagi hari, suhu rata-ratanya 18 derajat celcius.

Kota Curup juga dikelilingi pegunungan Bukit Barisan yang lerengnya ditanami sayuran. Mampirlah ke Suban Air Panas, kolam air panas yang langsung bersumber dari pegunungan. Oh ya, bunga bangkai Rafflesia Arnoldi yang terkenal pun bisa kamu jumpai di sini, lho.

Baca juga: 7 Wisata Keren yang Tersembunyi di Tuban, Bak Menemukan Harta Karun

5. Pantai Tapak Paderi

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanatelertraveller.com

Pantai ini adalah pelabuhan laut tertua di Bengkulu. Daya tarik utamanya adalah garis pantai yang panjang, sehingga sangat menarik untuk ditelusuri dengan berjalan kaki. Apalagi saat matahari tenggelam, romantis banget.

6. Benteng Marlborough

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaen.wikipedia.org

Benteng peninggalan Inggris ini sudah berusia sangat tua, yakni mulai beroperasi sejak 1719. Dulu digunakan untuk mengamankan jalur perdagangan Inggris. Konon, Benteng Marlborough adalah yang terkuat Inggris pada masa itu, setelah Benteng St. George di India. Luasnya mencapai 44.000 meter persegi lebih.

7. Pantai Panjang

7 Wisata Keren Bengkulu, Bukti Betapa Ruginya Kamu Belum ke Sanaklikhotel.com

Namanya unik, Pantai Panjang. Pantai ini dinamakan demikian karena garis pantainya yang memiliki panjang tujuh kilometer. Hanya perlu waktu 15 menit untuk sampai ke pulau ini dari ibu kota provinsi. Bibir pantai juga dihiasi dengan pohon pinus dan cemara. Bahkan,  kamu juga bisa bermain selancar di titik-titik tertentu.

Kamu sudah pernah ke Bengkulu, belum?

Baca juga: 7 Pantai Keren di Jawa Barat, Kamu Sudah Pernah ke Sini?

Topic:

Berita Terkini Lainnya