Comscore Tracker

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakarta

Tak sekedar bongkahan batu.

Travelling tanpa Instagram bagai makan tanpa garam. Eksistensi aplikasi satu ini membuat para pelancong berpikir lebih keras menciptakan momen dan menelusuri obyek yang paling Instagramable. Buat yang hobi fotografer dan selfie, candi-candi di Yogyakarta berikut ini bisa membantu mempercantik koleksi foto travel kalian, lho.

Jangan sampai kehabisan baterai kamera ataupun handphone ya!

1. Candi Ijo.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartapiknikdong.com

Wah, candi ini sangat cantik pemandangannya. Bisa dibilang Candi Ijo lah yang paling tinggi di Yogyakarta. Meski sebagian areal masih dalam tahap pemugaran, tapi bagian di puncak sudah kelar digarap dan sangat indah. Menengok di luar candi, kamu bagai berasa berada di nirwana karena tumpukan awan dan langit biru siap menyambutmu.

Kamu pun akan menemukan tiga lingga dan yoni terbesar yang pernah ada di Jogja. Jalur curam dan ketinggian membuat pengendara motor maupun mobil merinding. Tapi, semuanya bakal terbayar setelah tiba di lokasi. Kamu juga bisa mampir ke Tebing Breksi, lho. Keduanya berada di jalur yang sama.

2. Candi Sambisari.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartainstagram.com

Dulu, candi ini terbukur di bawah tanah, mirip dengan Candi Kedulan yang belum rampung direnovasi. Tampilannya yang lebih rendah dari tanah di sekitarnya membuat candi ini eksotik, unik, dan menarik. Di candi ini kamu juga bisa menemukan relief Ganesha dan Syiwa di bagian luar cungkup lingga dan yoni. Akses lokasinya mudah, hanya sekitar 1,5 kilometer dari Candi Kalasan.

3. Candi Ratu Boko.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartaslemanonline.com

Kompleks ini sebenarnya masih dalam perdebatan, apakah bekas keraton atau candi. Di dalam kompleks Boko ini tak hanya ditemukan tempat bertapa, tapi juga kolam pemandian yang dikelilingi artefak campuran Hindu-Budha. Apapun pendapat para arkeolog dan sejarawan peneliti sejarah Mataram Kuno, pastikan saja kamu tiba di lokasi sebelum matahari terbenam. Kamu bisa menikmati sunset yang nggak kalah eksotis seperti di pantai. Yang jelas, Instagramable banget deh!

4. Candi Prambanan.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartaborobudurpark.com

Kompleks Prambanan berada di dua wilayah yang berbeda, yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta. Siapkan fisikmu begitu hendak memasuki kompleks Candi Prambanan. Arealnya sangat luas dan menguras tenaga. Tapi, semuanya akan tampak berbeda ketika kamu berhasil mengabadikan momen terkecemu di Instagram. Ada kepuasan tersendiri ketika bisa menikmati keindahan dan "keajaibannya" dengan mata kepala sendiri.

Baca juga: 11 Kafe di Jogjakarta yang Paling Cozy Buat Ngerjain Tugas, Wi-Fi Dijamin Aman!

5. Candi Barong.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartatelusurindonesia.com

Lokasinya sangat berdekatan dengan Candi Ratu Boko. Terhampar luas di tengah kawasan hutan, Candi Barong disinyalir dulunya menjadi tempat beribadah. Meski hanya ada dua cungkup candi besar di tengah halaman bebatuan yang luas, Candi Barong menawarkan nuansa berbeda bagi para wisatawan. Satu hal yang pasti, candi ini juga nggak kalah Instagramable dengan yang lain.

6. Candi Banyunibo.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartatrivindo.com

Candi Buddha ini letaknya berdekatan dengan Candi Ratu Boko. Kurang lebih 3 kilometer ke arah Timur, dan berada di tengah pematang sawah. Di kala sore, pemandangannya sangat indah dan menawan hati. Hits banget deh pokoknya.

7. Candi Sari.

Favorit! 7 Candi Paling Instagramable di Yogyakartatravel-assets.com

Candi Sari masih aktif digunakan sebagai tempat menginap para biksu. Lokasinya cukup dekat dengan jalan raya Solo-Yogyakarta; kurang lebih hanya 1 kilometer ke arah Timur dari Candi Kalasan. Meski digunakan sebagai tempat ibadah pemeluk agama Buddha, candi yang baru selesai dipugar ini terbuka untuk wisatawan yang hendak mengunggahnya di Instagram dan media sosial lainnya.

Baca juga: 11 Tempat Wisata yang Baru Dibuka di Jogja, Kerennya Kebangetan!

Farid Solana Photo Writer Farid Solana

an apprentice in the world of wordsmith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya