Comscore Tracker

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swiss

Bisa dimasukin wishlist liburan kalian ke Swiss nanti lho!

Drama Crash Landing on You sedang tayang saat ini dan menjadi hype di kalangan penggemar K-Drama. Pasalnya, dua pemain utamanya, Hyun Bin dan Son Ye-jin, merupakan aktor-aktris papan atas Korea Selatan dan duet keduanya kembali dinanti. Sebelumnya, Hyun Bin dan Son Ye-jin bersama-sama membintangi film The Negotiation pada tahun 2018 lalu.

Crash Landing on You, menceritakan tentang seorang pengusaha muda dan berasal dari keluarga chaebol bernama Yoon Se-ri (Son Ye-jin). Suatu hari, ia bersama timnya melakukan uji coba terhadap produk baru dengan menaiki paralayang. Namun nahas, paralayang yang ia naiki terseret tornado sehingga menyebabkan ia mendarat di wilayah Korea Utara. Ia pun bertemu dengan seorang tentara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin).

Selain dibintangi oleh pemain-pemain keren dan alur cerita yang menarik, pemilihan Swiss sebagai salah satu negara yang dijadikan lokasi syuting pastinya semakin membuat para pecinta KDrama yang hobi jalan-jalan penasaran.

Pengin tahu kira-kira di mana saja 6 lokasi syuting Crash Landing on You yang berada di Swiss? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Münsterbrücke, Zürich

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swisskoreandramaland.com/

Sebelum ditayangkan, tvN terlebih dahulu merilis teaser drama Crash Landing on You berlatar negara Swiss yang membuat para penonton semakin tidak sabar menanti kehadirannya! Teaser tersebut berisi kumpulan adegan, salah satunya ketika Yoon Se-ri berdiri di tepian jembatan Münsterbrücke dengan latar bangunan-bangunan khas Eropa.

Jembatan Münsterbrücke juga dikenal sebagai Helmhausbrücke merupakan jembatan pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Limmat, Zürich. Jembatan ini dibuka pada tahun 1838 dan menjadi penghubung antara dua katedral, yaitu Fraumünster dan Grossmünster.

Di sisi kanan dan kiri Münsterbrücke terdapat dua jalur dan trotoar, tetapi hanya digunakan untuk para pejalan kaki dan sepeda. Jembatan ini juga terdaftar dalam inventaris kekayaan budaya Swiss yang penting secara nasional dan regional dengan grade A yang berarti sangat penting dan harus dijaga kelestariannya.

2. Panoramabrücke Sigriswil

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swisskoreandramaland.com

Pada akhir episode ke-4, Yoon Se-ri berniat bunuh diri dengan cara terjun dari sebuah jembatan. Ia merekam pesan terakhirnya menggunakan sebuah recorder. Tak jauh dari tempatnya berdiri, rupanya Ri Jeong-hyeok sedang asyik memotret pemandangan. Saat itu keduanya belum saling kenal.

Tiba-tiba Seo Dan (Seo Ji-hye), tunangan Jeong-hyuk, datang dan meminta foto bersama Jeong-hyeok. Jeong-hyeok yang menyadari Se-ri akan terjun dari jembatan kemudian meminta bantuan Se-ri untuk memotret mereka. Se-ri terkejut tetapi mengiyakan permintaan Jeong-hyeok. Adegan ini merupakan flashback beberapa tahun sebelum Jeong-hyeok menjadi tentara Korea Utara.

Jembatan tempat Se-ri hendak bunuh diri tersebut bernama Panoramabrücke Sigriswil atau Panorama Bridge Sigriswil yang berada di atas Gummi Gorge serta menghubungkan dua desa Aeschlen dan Sigriswil di wilayah Bern, Swiss. Jembatan yang dikhususkan untuk pejalan kaki ini memiliki panjang 340 meter dan ketinggian 180 meter.

Jembatan ini menyajikan pemandangan yang sangat indah, mulai dari Pegunungan Alpen Bernese hingga Danau Thun. Untuk dapat menikmatinya, wisatawan di atas usia 16 tahun dikenakan biaya mulai dari CHF 4 atau sekitar IDR 56.500 dan harus melakukan reservasi sebelumnya, apalagi datang secara rombongan. Dalam sekali kunjungan, wisatawan diizinkan berada di atas jembatan maksimal 1 jam.

Tertarik berkunjung ke sini?

3. Landing Stage Iseltwald, Lake Brienz

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swissprogram.tving.com

Setelah mengadakan resital piano di Swiss pada episode 7, Ri Jeong-hyeok mendengar berita kematian kakaknya. Dalam keadaan sedih, Jeong-hyeok memutuskan berhenti bermain piano dan kembali ke Korea Utara.

Sebelum pergi, ia meninggalkan pianonya di tepi danau kemudian seorang gadis kecil memintanya untuk memainkan piano tersebut. Jeong-hyeok mengatakan kepada si gadis kecil bahwa saat itu merupakan terakhir kalinya ia bermain piano.

Pada akhir episode 7 ini pula Yoon Se-ri berkata kepada temannya bahwa ia pernah mendengar melodi yang sangat indah ketika sedang menaiki sebuah boat di danau. Melodi inilah yang menuntunnya untuk tidak menyerah dan tetap semangat menjalani hidup. Melodi tersebut berasal dari denting piano yang dimainkan Jeong-hyeok.

Lokasi Jeong-hyeok bermain piano berada di Danau Brienz, Iseltwald, Swiss. Danau ini terletak di sebelah utara pegunungan Alpen yang memiliki luas sekitar 29,8 kilometer persegi dan kedalaman maksimum 260 meter (850 kaki).

Untuk mencapai lokasi danau ini, para pengunjung dapat memilih beberapa alternatif kendaraan, seperti kapal boat umum atau pribadi menuju Harbour Iseltwald, kereta api lokal dari Interlaken Ost, dan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, 5 Tips Traveling ke Swiss Agar Liburan Jadi Asyik

4. Schorren, Iseltwald

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swissprogram.tving.com

Masih di sekitaran Danau Brienz, dalam salah satu scene pembukaan Ri Jeong-hyeok dan Yoon Se-ri terlihat seperti berjalan beriringan di jalan Schoreen, tepi Danau Brienz. Di belakang mereka nampak Kastil Seeburg (Schloss Seeburg).

Schorren merupakan sebuah jalan yang terletak di wilayah Iseltwald, bagian selatan Danau Brienz. Bagian yang ditampilkan dalam drama ini adalah jalur bank atau Uferweg, sebuah jalan setapak yang dari Iseltwald menuju wilayah Giessbach. Untuk menyusurinya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan berjalan kaki.

Untuk menuju lokasi ini, para pengunjung biasanya naik kapal boat dariPelabuhan Iseltwald selama 15 menit atau naik kereta api dari Stasiun Interlaken Ost.

5. Klein Scheidegg

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di Swissprogram.tving.com

Tempat ini mungkin menjadi salah satu memorable scene dari drama Crash Landing on You. Pasalnya, di tempat inilah terjadi pertemuan pertama antara Ri Jeong-hyeok dan Yoon Se-ri pada akhir episode 2. Keduanya masih sangat muda dan belum saling mengenal.

Tempat tersebut bernama Little Scheidegg atau Kleine Scheidegg yang merupakan jalur gunung dengan ketinggian 2.061 mdpl. Lokasinya berada di kota kecil Lauterbrunnenin, Bernese Oberland, dan di wilayah Pegunungan Alpen atau tepatnya di antara Gunung Eiger dan Lauberhorn.

Di sini juga terdapat stasiun kereta api Kleine Scheidegg yang merupakan pemberhentian terakhir dari Wengernalp Railway, sebuah  rel kereta berliku dan pinion terpanjang di dunia dengan waktu tempuh 2 jam dari Lauterbrunnen.

Selain itu, stasiun Klein Scheidnegg juga menjadi pemberhentian pertama untuk The Jungfrau Railway menuju puncak gunung Jungfraujoch sejak akhir abad ke-18. 

6. Lindenhoff, Zurich

Kece Abis! 6 Lokasi Syuting Crash Landing on You di SwissFlickr/Werner B

Dalam setiap scene pembuka drama Crash Landing on You, para penonton disuguhi tayangan Ri Jeong-hyeok  dan Yoon Se-ri berjalan berpapasan melintasi suatu tempat di Swiss bernama Lindenhof.

Lindenhof atau Auf dem Lindenhof merupakan lapangan umum atau alun-alun yang terletak di kota tua Zurich (Altstadt) dan berada Distrik 1 Zurich (Kreis 1).

Dari Lindenhof ini, para pengunjung bisa melihat pemandangan yang sangat indah, mulai dari Sungai Limmat, Kota Tua, Gereja Grossmünster, hingga Balai Kota. Selain itu, lokasinya juga tak jauh dari Münzplatz Square di Zurich dan Münsterbrücke.

Itulah beberapa lokasi wisata ala drama Crash Landing on You yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan. Kamu tertarik untuk berkunjung ke mana?

Baca Juga: 7 Wisata di Indonesia Ini Mirip Eropa, Instagramable dan Kece!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya