Comscore Tracker

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To Heaven

Tempat-tempatnya pun memorable #WaktunyaKorea  #IDNTimesHype

Move To Heaven menjadi salah drama Netflix yang sering diperbincangkan selama satu bulan terakhir karena berhasil menguras air mata dan banyak penonton yang mengambil hikmah darinya. Pembuatan drama ini rupanya terinspirasi dari esai nonfiksi berjudul 'Ddeonan Hooe Namgyeojin Geotdeul' oleh Kim Shae Byeol, orang pertama di Korea yang menjalankan jasa penghapus trauma.

Cerita berpusat pada Han Geu Roo (Tang Joon Sang), seorang anak lelaki berusia 20 tahun penderita sindrom asperger. Geu Roo tinggal bersama ayahnya, Han Jeong Woo (Ji Jin Hee), dan menjalankan jasa penghapus trauma dengan cara membersihkan dan mengemas barang orang yang sudah meninggal. Tiba-tiba ayahnya meninggal dan perwalian Geu Roo jatuh kepada pamannya, Cho Sang Goo (Lee Je Hoon). Sang Goo harus tinggal bersama Geu Roo dan membantunya dalam menjalankan Move To Heaven.

Selain alur cerita yang sangat menarik, lokasi pengambilan gambarnya pun juga memorable dan membuat siapa pun ikut terhanyut dalam suasana yang penuh haru. Penasaran di mana saja lokasi tersebut? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. QNA Urban Architecture Lab

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenQNA Urban Architecture Lab (qna-lab.com)

Para penonton setia pasti tidak asing dengan bangunan yang satu ini. Yup, rumah Han Geu Roo dan ayahnya, Han Jung Woo, sekaligus tempat menjalankan usaha mereka, Move to Heaven. Setelah sang ayah meninggal, pamannya, Cho Sang Goo, tinggal di sini untuk menjadi wali bagi Geu Roo dan menjadi karyawan Move To Heaven.

Bangunan ini merupakan kantor dari firma arsitektur QNA Urban Architecture Lab dan toko perlengkapan bernama Small Wonders 315. Lokasinya berada di 4 Seongmisan-ro 29-gil, Yeonnam-dong, Distrik Mapo, Seoul.

2. House Number 5 Seongmisan-ro 29 gil 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenHouse Number 5 Seongmisan-ro 29 gil, Yeonnam instagram.com/netflixkr)

Selain rumah Han Geu Roo, rumah Yoon Na Moo (Han Seung Hee) dan keluarganya juga kerap muncul dalam drama ini. Pada bagian depannya terdapat kedai tempat orang tua Na Moo menjalankan usaha berjualan ayam goreng. Sesuai dengan gambaran dalam drama, rumah tersebut berada di seberang rumah Geu Roo atau tepatnya di 5 Seongmisan-ro 29-gil, Yeonnam-dong, Distrik Mapo, Seoul.

FYI, kompleks bangunan di kawasan Yeonnam ini memang kerap menjadi lokasi syuting KDrama. Hal ini dikarenakan bangunannya yang tertata rapi dan jalanannya terbelah dua dengan pepohonan rindang, termasuk pohon bunga sakura, pada bagian tengahnya. Bisa kalian bayangkan betapa indahnya jalan ini ketika sakura bermekaran?

3. Hanwha Aqua Planet Ilsan 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenHan Geu Roo di Hanwha Aqua Planet Ilsan (instagram.com/netflixkr)

Hanwha Aqua Planet Ilsan ini digambarkan sebagai tempat favorit yang kerap didatangi Han Geu Roo. Ia hafal spesies apa saja yang ada di sana berikut jumlahnya. Bahkan ia tahu jika ada ikan yang sakit atau dimakan ikan lain. Sahabatnya, Yoon Na Moo, bekerja di sini sebagai pemberi makan ikan. Na Moo juga kerap mengantar Geu Roo pulang dengan sepedanya.

Hanwha Aqua Planet Ilsan atau Aqua Planet Ilsan terletak di 282 Hallyuwoldeu-ro, Janghang-dong, Distrik Ilsan, Kota Goyang, Provinsi Gyeonggi. Akuarium ini merupakan akuarium konvergensi 4 lantai pertama di Korea Selatan.

Kompleks seluas 14.460 m² dan memiliki tangki air sebesar 4.300 ton ini tidak hanya berisi akuarium, tetapi juga terdapat kebun binatang dalam ruangan. Tak heran jika Hanwha Aqua Planet Ilsan menjadi rumah bagi 325 makhluk laut dan darat dari seluruh dunia. Setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya mulai dari KRW 4.000 sampai KRW 28.000 per orang tergantung usia dan waktu berkunjung.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Drama Korea Paling Populer di Seoul, Estetik Abis!

4. Cheonggye Plaza 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenCheonggye Plaza (mediahub.seoul.go.kr)

Siapa yang tak kenal dengan bangunan paling memorable di awal tahun 2021 ini? Apalagi bagi penggemar drama Vincenzo (tvN/Netflix, 2021), begitu melihat bagian depannya langsung tahu bahwa bangunan ini digambarkan sebagai Geumga Plaza.

Sedangkan dalam drama Move To Heaven, bangunan bernama Cheonggye Plaza ini merupakan sarang perjudian dan tempat judi ilegal yang dikunjungi Cho Sang Goo. Pada episode 4, Yoon Na Moo sengaja mengikuti Sang Goo dengan taksi ke gedung ini hingga ke ruangan bawah tanah tempat Sang Goo bertarung.

Cheonggye Plaza atau juga dikenal dengan nama Cheonggye Arcade merupakan blok apartemen dan pertokoan barang-barang elektronik dan listrik. Gedung ini terhubung dengan Sewoon Plaza melalui dua jembatan layang yang ada di depannya. Lokasinya berada 162 Cheonggyecheon-ro, Sallim-dong, Distrik Jung, Seoul.

5. Sungui Pyeonghwa Market 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenSungui Pyeonghwa Market (ncms.nculture.org)

Pada episode 6, Han Geu Roo dan Cho Sang Goo menerima sebuah pesanan dan telah dibayar lunas sejak tiga hari sebelumnya. Mereka segera menuju lokasi yang berada di sebuah komplek bangunan dan terkejut karena melihat jasad si pemesan dan istrinya.

Lokasi komplek bangunan yang dikunjungi Geu Roo dan Sang Goo tersebut adalah Sungui Pyeonghwa Market atau juga dikenal dengan nama Sungui Traditional Market dan Sungui Pyeonghwa Art Market. Pasar ini merupakan kompleks pasar sekaligus bangunan tempat tinggal pertama di Korea Selatan dan yang paling aktif di Incheon. Lokasinya berada di 78-17 Seokjeong-ro, Sungui-dong, Distrik Michuhol, Incheon.

Sempat mencicipi masa kejayaannya pada tahun 70-an hingga 80-an, pasar ini mulai kehilangan daya tariknya dari tahun 90-an ketika kota-kota baru dikembangkan. Sehingga pemerintah dan masyarakat setempat kerap mengadakan acara bulanan, seperti pasar seni, untuk menarik pengunjung datang ke sana.

6. Sinnyeong Station 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenSinnyeong Station (yeongcheon.grandculture.net)

Pada episode 8, Cho Sang Goo menemai Han Geu Roo ke sebuah taman bermain. Kemudian Geu Roo menyuruhnya pulang tetapi Sang Goo diam-diam membuntutinya sampai ke sebuah stasiun tua bernama Suin Station. Ternyata stasiun ini pernah menjadi tempat Sang Goo menunggu kakaknya, Han Jung Woo, ketika ia masih berusia 10 tahun.

Dalam kehidupan nyata, Suin Station ini adalah Sinnyeong Station yang terletak di 1587 Jangsu-ro, Desa Wanjeon, Sinnyeong-myeon, Yeongcheon, Provinsi Gyeongsangbuk. Stasiun ini berada di Jalur Jungang dan resmi dibuka pada 1 November 1938 untuk mengangkut kargo bagi masyarakat penduduk yang tinggal di Ilwon.

Pada 1 Januari 1990, stasiun ini berhenti melayani kargo-kargo kecil dan hanya mengangkut semen dalam jumlah besar karena gudang penyimpanan Semen Hyundai ada di sana. Selain itu juga melayani penumpang kereta Mugunghwa. Sayangnya, pada 1 Juni 2022 nanti stasiun ini akan ditutup bertepatan dengan bagian elektrifikasi jalur ganda Jalur Jungang selesai.

7. Gwangalli Beach Busan 

Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To HeavenGwangalli Beach Busan (suyeong.go.kr)

Pada episode 10, Han Geu Roo yang belum menghendaki abu jenazah ayahnya dikubur kemudian kabur ke Busan. Ia megenang hal-hal manis tentang ayah dan ibunya sebelum mereka pindah ke Seoul. Geu Roo kecil digambarkan berjalan-jalan di Gwangalli Beach bersama sang ayah.

Gwangalli Beach Busan merupakan salah satu pantai indah di pusat kota Busan yang dikenal karena pasirnya yang putih dan halus. Berlokasi di 219 Gwanganhaebyeon-ro, Gwangan-dong, Distrik Suyeong, Busan, pantai ini memiliki panjang 1,4 km dan lebar antara 25 hingga 110m.

Beberapa waktu lalu pemerintah setempat menjalankan program pembersihan air sehingga air pantai cukup bersih. Hal inilah yang membuatnya kerap didatangi wisatawan, khususnya muda-mudi Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat restoran, kafe, dan toko-toko yang menjual fashion brand terkenal.

Sssst, pada tahun 2018 pantai ini pernah menjadi salah satu lokasi syuting film Black Panther lho! Masih ingat pada scene apa?

Nah, itu dia 7 lokasi syuting drama Move to Heaven. Kalian bisa mengunjungi salah satu atau semuanya nanti setelah pandemi Covid-19 ini berakhir ya!

Baca Juga: 5 Hal Belum Terjawab di KDrama Move To Heaven, Ada Season 2?

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya