Comscore Tracker

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!

Bisa jadi wishlist liburan setelah pandemi berakhir

Ngomongin KDrama memang tidak ada habisnya, mulai dari aktor dan aktris, alur cerita, fashion yang ditampilkan, hingga lokasi syuting yang digunakan. Khusus untuk lokasi syuting memang tak jarang mendapat perhatian lebih dari para penggemar dan membuat mereka penasaran kemudian ingin mengunjunginya.

Salah satu “jenis” lokasi yang kerap dijadikan lokasi syuting KDrama adalah lighthouse alias mercusuar yang terletak di tepi pantai. Selain menampilkan pemandangan yang indah, adegan-adegan yang dilakukan dengan background mercusuar biasanya memorable lho!

Di bawah ini ada 7 mercusuar cantik yang bakal bikin kalian pengin buru-buru bikin itinerary wisata ke Korea Selatan setelah pandemi Covid-19 ini berakhir. Wah, di mana saja itu?

1. Pyoseon Lighthouse 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!allaboutjeju.wordpress.com

Siapa yang masih ingat dengan drama Heartstings yang dibintangi Park Shin-hye dan Jung Yong-hwa? Dalam drama yang tayang di MBC pada tahun 2011 ini, Park Shin-hye masih terlihat sangat imut dan berambut pendek. Ia berperan sebagai Lee Kyu-won, seorang pemain gayageum (alat musik petik tradisional Korea) dan beradu akting dengan CNBLUE Jung Yong-hwa sebagai Lee Shin.

Pada episode pertama, Lee Kyu-won berjalan-jalan menuju sebuah mercusuar di Pulau Jeju. Rupanya, Lee Shin sudah lebih dulu berada di sana dan sedang memotret pemandangan. Keduanya belum sempat berkenalan karena Kyu-won buru-buru menjemput kakeknya.

Mercusuar tempat pertemuan Kyu-won dan Shin ini terletak dekat Pantai Pyoseon Haevich, Jalan Minsokhaean, Distrik Pyoseon, Kota Seogwipo, Pulau Jeju. Mercusuar ini memiliki ukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan beberapa mercusuar lain di Korea Selatan. Namun hal ini tidak mengurangi keindahannya dan tentu saja pemandangan sekitarnya. Tertarik berkunjung ke sini?

2. Daepohang Port Lighthouse 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreandramaland.com

Ketika melihat mercusuar berwarna merah ini pasti banyak yang lupa-lupa ingat; muncul di drama apa ya? Tapi kalau disebutkan Strong Woman Do Bong-Soon (JTBC, 2017) pasti langsung terbayang betapa serasi dan kocaknya Park Bo-young dan Park Hyung-sik.

Yup, mercusuar bernama Daepohang Port Lighthouse ini muncul dalam episode 12, tepatnya ketika Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik) mengajak Do Bong-soon (Park Bo-young) untuk kencan berkedok workshop. Mereka berjalan-jalan dan berfoto bersama di mercusuar ini.

Daepohang Port Lighthouse terletak di pesisir timur Korea Selatan, tepatnya di wilayah Daepo, Kota Sokcho, Provinsi Gangwon. Selain pantai dengan breakwater-nya, dari mercusuar ini para pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Seorak yang merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Taebaek.

Untuk dapat mencapai tempat ini dibutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Seoul menggunakan kenadaran umum.

3. Mukho Lighthouse 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreatriptips.com

Mukho Lighthouse ini pertama kali menjadi lokasi syuting drama Brilliant Legacy (SBS, 2009) yang dibintangi Lee Seung-gi dan Han Hyo-joo. Pada episode 21, Seon Woo-hwan (Lee Seung-gi) dan Ko Eun-seong (Han Hyo-jo) sedang berada di bawah mercusuar ini kemudian bertemu di jembatan gantung. Woo-hwan pun menyatakan perasannya pada Eun-seong.

Selanjutnya pada episode 3 drama Plus Nine Boys (tvN, 2014). Ma Se-young (Kyung Soo-jin) dan Kang Jin-gu (Kim Young-kwang) pergi ke tempat ini untuk melakukan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan biro perjalanan tempat mereka bekerja.

Dan yang terakhir untuk kalian penggemar drama My Secret Romance (OCN, 2017), mercusuar ini muncul dalam episode pertama, tepatnya setelah Lee Yoo-mi (Song Ji-eun) menghadiri pesta pernikahan ibunya dan ingin menghirup udara segar di sekitar mercusuar.

Mukho Lighthouse berdiri pada 8 Juni 1963 dan berfungsi sebagai mercusuar penjaga kapal yang datang dan pergi di pelabuhan Mukho. Terletak di wilayah Donghae, Provinsi Gangwon, mercusuar ini berdiri pada ketinggian 67 meter dengan tinggi mencapai 12 meter, memiliki dua lantai, dan terbuat dari struktur beton melingkar berwarna putih.

Di sekitar mercusuar terdapat taman yang nyaman dengan pemandangan lepas pantai yang sangat indah. Sepanjang perjalanan menuju lokasi ini juga terdapat banyak mural yang cantik dan pastinya instagramable. Seru banget kan?

Baca Juga: 5 Fakta Kota Goyang di Korea Selatan, Gudangnya Destinasi Keren!

4. Oido Red Lighthouse 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!english.visitkorea.or.kr

Jika diperhatikan dalam beberapa drama, tak jarang kalian akan menemukan beberapa mercusuar yang memiliki kemiripan, misalnya sama-sama berwarna merah. Termasuk Oido Red Lighthouse. Dilihat dari namanya saja sudah dapat dipastikan berwarna merah.

Oido Red Lighthouse pernah menjadi lokasi syuting drama What’s Up Fox atau Foxy Lady (MBC, 2006). Pada episode 2 Ko Byung-hee (Ko Hyun-jung) berjalan menuju mercusuar. Ia naik ke bagian atas sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Menjelang gelap, ia berkonsultasi dengan seorang peramal di sekitar tempat tersebut.

Mercusuar ini juga menjadi latar tempat drama Queen of Mystery (KBS2, 2017). Pada episode 7, Ha Wan-Seung (Kwon Sang-Woo) dan Yoo Seol-Ok (Choi Kang-Hee) sedang dalam misi mencari kakak ipar Seol-ok di sekitar mercusuar ini. Mereka pun menaiki tangga melingkar menuju bagian atas mercusuar.

Oido Red Lighthouse ini berada di wilayah Siheung, Distrik Jeongwang, Provinsi Gyeonggi dan merupakan landmark wilayah ini. Dari Seoul dapat ditempuh selama 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan umum. Di sekitar mercusuar terdapat banyak tempat nongkrong yang nyaman dengan sajian aneka seafood segar dan tentunya instagramable banget.

5. Seocheon Maryang Port 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!https://en.trippose.com

Berbeda dengan Oido Red Lighthouse yang berwarna merah, mercusuar di Seocheon Maryang Port ini berwarna kuning terang. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting episode 2 drama To Jenny (KBS2, 2018). Na-ra / Jenny (Jung Chae-yeon) mengajak Jeong-min (Kim Sung-cheol) menjelajahi pantai sembari menikmati kemeriahan di sekitar mercusuar.

Seocheon Maryang Port ini terletak di pesisir barat Korea Selatan, tepatnya di Desa Maryang, wilayah Seo, Kota Seocheon, Provinsi Chungcheongnam. Kota Seocheon sendiri merupakan kota pelabuhan kecil dan menjadi satu-satunya tempat di mana pengunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam pada hari yang sama. Namun, momen matahari terbit di sini hanya dapat dilihat selama 50 hari pada pertengahan Desember.

Selain itu, ada pepohonan bunga Camelia yang beberapa diantaranya telah berumur 500 tahun lho! Bunga-bunga ini biasanya mekar pada akhir Maret hingga awal Mei dan mencapai puncaknya pada pertengahan April. Tertarik berkunjung ke sini?

6. Ayajin Harbour 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!koreandramaland.com

Mercusuar di Ayajin Harbour ini pernah menjadi latar tempat drama Search: WWW (tvN, 2019) yang dibintangi oleh Im Soo-jung dan Jang Ki-young. Pada episode 6, Bae Ta-mi (Im Soo-jung) sedang galau dan bingung mencari keberadaan Park Morgan (Jang Ki-young). Kemudian secara impulsif ia menyusul Morgan ke wilayah Gangneung.

Setelah tiba di pelabuhan dan menunggu beberapa jam, ia pun bertemu dengan Morgan yang rupanya baru selesai memancing di tengah laut. Mereka kemudian menghabiskan waktu berbincang-bincang di tepi laut sembari menyaksikan matahari terbenam.

Dalam drama diceritakan bahwa Ayajin Harbour tersebut berada di Gangneung, tetapi sebenarnya terletak di Desa Ayajin, Kota Toseong, Goseong, Provinsi Gangwon. Dari Seoul dapat ditempuh selama 2,5 jam perjalanan ke arah timur menggunakan kendaraan pribadi. Di sana terdapat dua mercusuar seperti yang nampak dalam scene drama tersebut, yaitu Mercusuar Putih dan Mercusuar Merah.

7. Ulgi Lighthouse 

7 Mercusuar Cantik Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama Lho!daewangam.donggu.ulsan.kr

Mercusuar terakhir adalah Ulgi Lighthouse yang pernah menjadi lokasi syuting drama Men Are Men (KBS2, 2020). Pada episode 5, MT tim webtoon Sunwoo Pharm, yaitu Hwang Ji-woo (Yoon Hyun-min) datang ke mercusuar ini untuk mencari kunci tersembunyi. Namun, ia terjebak di dalamnya ketika pintu ditutup.

Seo Hyun-joo (Hwang Jung-eum) kemudian juga datang ke sini dan menemukan Ji-woo dalam keadaan pingsan. Mereka berdua pun terkunci. Lalu Hyun-joo membawa Ji-woo ke puncak mercusuar untuk mencari udara segar dan tanpa disadari ternyata Park Do-gyeom (Seo Ji-hoon) melihat mereka berdua.

Ulgi Lighthouse terletak di Taman Ulgi, wilayah Ulsan, Distrik Dong. Semula, mercusuar ini hanya berupa tiang lampu kayu sementara yang dibangun selama Perang Rusia-Jepang tahun 1904 sebagai alat bantu navigasi Angkatan Laut Jepang.

Setelah perang berakhir, pihak Jepang menyerahkan wilayah ini kepada pemerintah Korea. Mercusuar pun dibangun kembali antara tahun 1906 – 1910 dengan konstruksi beton segi delapan setinggi 6 meter. Karena banyaknya pohon pinus hitam yang tumbuh tinggi di sekitarnya, pada tahun 1987 mercusuar pun dipindahkan sejauh 50 meter dari lokasi semula dan dibangun lagi mercusuar setinggi 52 meter seperti yang kalian lihat dalam drama Men Are Men.

Sejak tahun 1994, Ulgi Lighthouse dinonaktifkan serta menjadi Harta Karun Budaya Mercusuar No. 9 dan Harta Budaya Terdaftar No. 106 dari Pemerintah Korea Selatan.

Nah, itu dia mercusuar-mercusuar cantik yang pernah menjadi lokasi syuting K-Drama. Masih penasaran? Buruan bikin itinerary ke sana dan wujudkan segera setelah pandemi Covid-19 ini berakhir.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Horor di Korea Selatan, Berani Datang?

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya