Comscore Tracker

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoul

Bisa jadi rekomendasi liburan di Seoul nanti lho!

Drama Love With Flaws telah merampungkan penayangannya pada pertengahan Januari 2020 lalu. Menghadirkan alur cerita yang unik dan menarik, drama yang dibintangi Ahn Jae-hyun dan Oh Yeon-seo ini mampu menarik perhatian para pecinta KDrama lho! Terlebih lagi beberapa peristiwa yang kurang baik sempat mengiringi proses produksi drama ini, mulai dari perceraian Ahn Jae-hyun hingga berita kematian Cha In-ha yang berperan sebagai kakak Oh Yeon-seo.

Love with Flaws menceritakan tentang Lee Kang-woo (Ahn Jae-hyun), pria berwajah tampan yang kerap menjadi pusat perhatian. Di balik ketampanannya, dulunya ia adalah remaja bertubuh tambun dan pernah ditolak cintanya oleh seorang gadis karena kondisi fisiknya. Hingga akhirnya, Kang-woo terobsesi menjalani diet, olahraga, dan memiliki wajah tampan.

Tanpa diduga, ia kembali bertemu dengan cinta pertamanya ketika remaja, Joo Seo-yeon (Oh Yeon-seo), seorang guru olahraga di SMA Shinhwa, yang sangat membenci pria tampan karena memiliki 3 saudara lelaki berwajah tampan dan kerap memberinya maslaah masalah akibat ketampanan mereka.

Selain dibintangi para pemain papan atas dan memiliki jalan cerita menarik, Love With Flaws juga menyuguhkan lokasi syuting yang memorable dan pastinya bikin kalian pengin segera menyusun rencana liburan ke Korea Selatan. Wah, di mana saja ya itu?

1. Hyun Design Research Lab

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulkoreandramaland.com

Siapa yang tak kenal dengan bangunan rumah ini? Rumah berpintu kuning yang kerap muncul dalam setiap episode drama Love With Flaws ini digambarkan sebagai kediaman Joo Seo-yeon dan tiga saudara lelakinya, Joo Won-jae (Min Wook-hyuk), Joo Won-suk (Cha In-ha), dan Joo Seo-joon (Kim Jae-yong).

Bangunan ini bernama Hyun Design Research Lab yang terletak di Seongmisan-ro, Yeonnam, Distrik Mapo, Seoul. Sesuai dengan namanya, Hyun Design Research Lab merupakan sebuah studio yang menghasilkan karya dalam bidang desain kreatif.

Drama ini hanya menggunakan eksterior bangunan sebagai gambaran rumah Joo Seo-yeon.

2. Doh Cheon Lilac House

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seouljeongjaeheon.com

Selain eksterior rumah Joo Seo-yeon, bangunan ini juga kerap muncul dan pastinya akan selalu kalian ingat sebagai eksterior rumah Lee Kang-woo (Ahn Jae-hyun). Rumah mewah bernama Doh Cheon (juga sering disebut Docheon) Lilac House ini terletak di 60 Changgyeonggung-ro 27-gil, Myeongnyun 3 (sam)-ga, Distrik Jongno, Seoul.

Rumah ini dulunya merupakan milik seniman lawas Korea Selatan bernama Do Sang-bong (1902 - 1977) dan sering disebut sebagai rumah tempat kelahiran lukisan Barat modern di Korea Selatan. Do Sang-bong tinggal dan melukis di rumah ini sejak tahun 1930 serta mengajarkan seni dan lukis kepada anak-anak didiknya.

Setelah Do Sang-bong meninggal, rumah ini kemudian dihuni oleh keturunannya dan saat ini sudah keturunan keempat yang menempatinya. Pada tahun 2010, arsitek Jeong Jae-heon merenovasi rumah ini sehingga terlihat lebih modern seperti yang kalian lihat dalam drama Love With Flaws (pada bagian luarnya).

3. Choong Ang High School

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulkoreandramaland.com

Choong Ang High School merupakan gambaran atau latar tempat dari SMA Shinhwa tempat Joo Seo-yeon dan Kim Mi-kyung bekerja sebagai guru, sementara Lee Min-hyeok (Gu Won) sebagai dokter dan Lee Kang-wook sebagai direktur utamanya. Sekolah ini terletak di area Bukchon Hanok Village, Gyedong, Distrik Jongno, Seoul.

Choong Ang High School dibangun sejak tahun 1917 dan gedung utamanya memiliki manara dengan gaya arsitektur gotik. Sekolah ini juga menjadi saksi pergerakan pendidikan di Korea Selatan dan melahirkan pemimpin-pemimpin perjuangan kemerdekaan negara tersebut.

Karena merupakan sekolah aktif, para wisatawan umumnya mengunjungi sekolah ini pada akhir pekan ketika para siswa libur.

4. Shinsegae Supermarket

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulkoreandramaland.com

Joo Seo-yeon menghabiskan waktu di tempat ini untuk minum-minum dan curhat dengan sahabatnya, Kim Mi-kyung (Kim Seul-gi) pada episode 1-2 dan 9-10. Tempat bernama Shinsegae Supermarket ini sebenarnya adalah bar yang disamarkan sebagai convenience store atau toserba.

Terletak di Yeonnam, Distrik Mapo, Seoul, Shinsegae Supermarket ini juga menyediakan makanan ringan Korea seperti tteokbokki atau ramyun untuk dinikmati bersama aneka minuman.

5. J.Two Flowers

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulsoompi.com

Pada episode 1-2, Joo Seo-yeon yang sedang mabuk turun dari taksi di depan sebuah toko bunga dan menuju sudut toko untuk memuntahkan semua isi perutnya. Keesokan harinya, Lee Kang-woo berlari di depan toko ini dan pada waktu bersamaan Seo-yeon membersihkan bekas muntahannya menggunakan air. Tanpa sengaja air tersebut mengenai sepatu Kang-woo sehingga ia berteriak karena jijik.

Toko tempat adegan tersebut merupakan sebuah toko bunga bernama J. Two Flowers yang dibuka pada tahun 2018. Lokasinya berada di 11 Seongmisan-ro 29an-gil, Yeonnam, Distrik Mapo, Seoul.

Baca Juga: 5 Aktivitas Liburan Seru di Seoul yang Bisa Dilakukan dalam Satu Hari

6. Common Ground

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulvisitkorea.or.id

Pada episode 9-10, Lee Kang-woo menyiapkan kejutan untuk Joo Seo-yeon dan memintanya datang ke suatu tempat pada pukul 10 malam. Seo-yeon pun memasukinya dan memanggil-manggil Kang-woo karena tempat tersebut sangat gelap. Tak lama kemudian lampu menyala. Kang-woo pun muncul di antara baju-baju yang terpajang di etalase dan mengatakan bahwa ia akan menyeponsori seragam untuk tim lari binaan Seo-yeon.

Dalam dunia nyata, tempat tersebut adalah Common Ground, sebuah pusat perbelanjaan yang terbuat dari 200 kontainer. Berdiri sejak 10 April 2015, Common Ground bertujuan untuk menjadi "pusat perbelanjaan kontainer terbesar di dunia". Lokasinya berada di 200 Achasan-ro, Jayang, Distrik Gwangjin, Seoul.

Tempat ini dibagi menjadi empat bidang utama, yaitu (1) Street Market, terdiri dari 30 toko untuk segmen perempuan muda; (2) Market Hall, toko apparel utama; (3) Terrace Market, terdiri dari kedai makanan dan dan minuman; dan (3) Market Ground, sebuah area untuk kegiatan outdoor. Tertarik berbelanja ke sini?

7. Banpo Bridge

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulmagazine.seoulselection.com

Pada episode 13-14, Joo Seo-yeon berlari pagi di sebuah jembatan. Sementara itu, Lee Kang-woo mengikutinya dari belakang. Seo-yeon berhenti sejenak dan menyadari keberadaan Kang-woo kemudian menyapanya. Kang-woo pun menghampiri Seo-yeon, mengatakan permintaan maaf atas segala hal yang terjadi di antara mereka dan mengakui bahwa ia menyukai Seo-yeon.

Jembatan tersebut bernama Banpo Bridge yang merupakan salah satu jembatan paling populer di kalangan pecinta K-Drama karena menjadi latar puluhan drama, film, hingga video clip dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Jembatan yang membelah Sungai Han ini terdiri dari dua dek (double-deck), yaitu dek atas dan dek bawah.

Dek atas memiliki air mancur yang disebut Rainbow Fountain dengan 200 lampu yang meneranginya pada malam hari. Sedangkan dek bawah jembatan ini dikenal dengan nama Jamsu Bridge yang dilalui kendaraan bermotor dan juga terdapat jalur khusus pedestrian dan pengendara sepeda. Bagian bawah inilah yang digunakan untuk mengambil adegan antara Seo-yeon dan Kang-woo.

8. Lotte World

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulenglish.visitkorea.or.kr

Pada episode 19-20, Joo Seo-yeon melakukan kencan sungguhan untuk pertama kalinya dengan Lee Kang-woo di salah satu taman hiburan paling populer di Korea Selatan, yaitu Lotte World. Mereka menaiki wahana Camelot Carosel (komidi putar), berfoto bersama, menaiki gelas putar, memancing boneka, bermain ballon dart, menyantap makanan ringan, dan bersenang-senang selayaknya pasangan yang berkencan.

Lotte World merupakan kompleks taman hiburan yang dioperasikan oleh Lotte Group sejak tahun 1989. Lokasinya berada di 240 Olympic-ro, Jamsil 3 (sam)-dong, Distrik Songpa, Seoul. Taman hiburan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) Indoor area, disebut sebagai Lotte World Adventure yang memegang rekor Guinness sebagai taman hiburan indoor terbesar di dunia; dan (2) Outdoor area, yaitu pulau buatan bernama Magic Island yang berada di tengah Danau Seokchonhosu.

Pada tahun 2019, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata melalui Korean Tourism Organization (KTO) mengumumkan bahwa Lotte World merupakan salah satu dari “100 Must-Visit Spots in South Korea for 2019-2020”.

9. Mulnamoo Photo Studio

Memorable! Ini Dia 9 Lokasi Syuting Love With Flaws di Seoulinstagram.com/mulnamoo

Pada episode 19-20, setelah berkencan ke taman hiburan Lotte World, Joo Seo-yeon dan Lee Kang-woo berhenti di sebuah studio foto bernama Mulnamoo Photo Studio dan berfoto bersama. Uniknya, foto yang diambil di studio ini kebanyakan berkonsep vintage klasik dan berwarna hitam putih.

Mulnamoo Photo Studio atau Mulnamoo Dabang merupakan studio foto yang memang memiliki ciri khas foto analog hitam putih. Studio ini memiliki dua cabang dan yang digunakan untuk syuting Love With Flaws ini berada di area Bukchon Hanok Village, Gyedong Distrik Jongno, Seoul. Tertarik untuk berfoto di sini?

Nah, itu dia 9 lokasi syuting drama Love With Flaws di Seoul. Buruan siapkan itinerary kalian ke Korea Selatan dan masukkan daftar tempat-tempat di atas dalam wishlist kalian ya!

Baca Juga: 5 Tarian Tradisional Korea Selatan, Tarian Persembahan untuk Dewa

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya