Comscore Tracker

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Drama

Bisa kalian masukkan dalam wishlist destinasi liburan lho!

Tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan industri hiburan Korea Selatan juga membawa dampak besar untuk dunia pariwisata di sana. Salah satu produk hiburan yang secara langsung maupun tak langsung sering menjadi promosi wisata adalah drama.

Selain mengandalkan visual dan kemampuan akting aktor dan aktrisnya, sebuah drama juga harus memiliki skenario yang bagus serta lokasi syuting yang menarik.

Beberapa lokasi yang sering muncul dalam K-Drama antara lain taman hiburan, istana untuk drama-drama ber-genre saeguk, pulau-pulau seperti Jeju dan Nami, hingga rumah-rumah mewah alias mansion. K-Drama lovers pasti sudah sangat familiar dengan konsep cerita romance antara si miskin dan si kaya. 

Penasaran mana saja rumah mewah yang sering muncul dalam K-Drama? Yuk kita kupas sembari mengingat-ingat apakah rumah tersebut ada dalam list drama favorit kalian!

1. Maiim Vision Village

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramamaiimvisionvillage.co.kr

Nama Maiim Vision Village mungkin asing di telinga kalian. Tetapi jika keyword-nya diganti menjadi “Rumah Lee Young-joon” ingatan kalian pasti langsung tertuju sebuah rumah mewah milik Park Seo-joon dalam drama Why Secretary Kim.

Selain itu, tempat ini juga pernah menjadi rumah Kim Joo-won (Hyun Bin) dalam drama Secret Garden (2010-2011). Dan dalam kehidupan nyata, rumah tersebut terletak di sebuah area bernama Maiim Vision Village.

Dilansir dari website resminya www.maiimvisionvillage.co.kr, Maiim Vision Village merupakan pusat komunikasi Maiim Group, sebuah perusahaan yang memproduksi makanan dan kosmetik untuk kesehatan. Lokasinya berada di desa Yongeun, Neungseo-myeon,  Kota Yeoju, Provinsi Gyeonggi atau sekitar 3 jam perjalanan dari Seoul menggunakan transportasi umum.

Selain rumah Lee Young-joon, spot di kawasan ini yang digunakan untuk syuting drama Why Secretary Kim antara lain Gallery, sebuah walkway yang digambarkan sebagai “gerbang” ke rumah Lee Young-joon pada episode 1, Welcom House, ruang tamu rumah Lee Young-joon, Doldam Hall, kafe tempat pertemuan Kim Mi-so dan Lee Sung-yeon (Lee Tae-hwan) pada episode 9, serta Church of The Heart, tempat Lee Young-joon melamar Kim Mi-so pada episode ke-15.

2. The Hill House

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramawww.thehillhouse.co.kr

Ketika melihat gambar rumah ini, K-Drama lovers pasti heboh sembari berkata “Rumah Kim Tan!”. Yup, bangunan ini merupakan latar yang digunakan sebagai rumah keluarga Kim Tan (Lee Min-ho) dalam drama The Heirs. Selain itu, drama Why Secretary Kim juga menggunakannya sebagai rumah orang tua Lee Young-joon (Park Seo-joon).

Bangunan cantik tersebut bernama The Hill House yang terletak di Gangnam-ro, Gangha-myeon, Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Seoul.

Dilansir dari laman resminya www.thehillhouse.co.kr, merupakan resor mewah dan antik yang didirikan pada tahun 1990 di bawah naungan Hotel Yangpyeong. Di dalamnya terdapat dua bangunan hotel, lima restoran, meeting room, dan wedding garden yang sangat indah. Tertarik untuk menginap di sini?

3. The Greem

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramathegreem.com

The Greem dapat dikatakan sebagai rumah mewah yang paling sering muncul dalam K-Drama. Bagaimana tidak, lebih dari 20 judul drama yang menjadikannya sebagai latar rumah para chaebol, sebut saja My Husband Got A Family (2012), Rooftop Prince (2012), Doctor Stranger (2014), Birth of Beauty (2014-2015), Goodbye Mr. Black (2016), dan masih banyak lagi.

The Greem merupakan sebuah taman botani yang berkonsep healing garden bagi orang-orang yang membutuhkan refreshing dari penatnya aktivitas sehari-hari. Lokasinya berada di Yongcheonri, Okcheon-myeon, Yangpyeong-gun, Provinsi Gyeonggi atau sekitar satu jam perjalanan dari Seoul.

Dilansir dari laman resminya www.thegreem.com, tempat ini telah berdiri sejak tahun 1996. Selain menawarkan suasana yang sejuk dan tenang dengan pemandangan taman yang indah, para pengunjung juga dapat mengikuti menikmati sajian makanan di restoran, membeli souvenir, dan mengikuti kelas melukis lho!

4. Unhyeongung Western House

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramakoreandramaland.com

Baru melihat gambarnya saja para K-Drama lovers pasti langsung terbelalak dan berkata “Rumah Goblin!”. Yes, absolutely rightU

nhyeongung Western House merupakan latar eksterior dari rumah Kim Shin (Gong Yoo) sekaligus “rumah kost” Grim Reaper (Lee Dong-wook) dalam drama Guardian : The Lonely and Great God alias Goblin.

Selain itu, bangunan ini juga pernah muncul sebagai rumah Pangeran Lee Shin (Ju Ji-hoon) dan Shin Chae-kyung (Yoon Eun-hye) dalam drama Princess Hours tahun 2006.

Berlokasi di dalam kampus Duksung Women University, Distrik Jongno, Seoul, bangunan bernama Unhyeongung Western House ini didirikan pada tahun 1911-1912 atau pada masa kolonial Jepang dengan mengadaptasi arsitektur Renaissance.

Mulanya bangunan ini merupakan bagian dari kediaman Kerajaan Unhyeongung kemudian dijual kepada pihak Duksung Women University pada tahun 1948.

Animo masyarakat yang demam Goblin menjadikan bangunan ini sering dikunjungi hanya untuk sekedar berfoto. Oleh pihak kampus, hal ini dirasa cukup menganggu kegiatan belajar mahasiswa. Pihak keamanan kampus pun memperketat pengawasan sehingga kalian agak sulit untuk mengakses tempat ini. 

Baca Juga: Wisata KDrama, 8 Lokasi Syuting di Korea Ini Wajib Kamu Kunjungi

5. Bear Tree Park

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramainstagram.com/beartreepark

Ingat kisah cinta antara seorang perempuan yang menyamar menjadi robot bernama Aji 3 (Chae Soo-bin) dan kemudian menjadi asisten pribadi Yoo Seung-ho? Yup, drama I’m Not A Robot memang susah dilupakan.

Drama ini menceritakan tentang kehidupan Kim Min-kyu (Yoo Seung-ho) yang menderita penyakit langka sehingga ia harus banyak tinggal di dalam rumah.

Bangunan yang digunakan sebagai latar rumah Kim Min-kyu berada di dalam area Bear Tree Park. Kawasan tersebut merupakan taman dengan aneka pepohonan, bunga, serta menjadi rumah bagi sekitar 150 ekor beruang hitam Asia dan berbagai macam ikan air tawar. Terletak di wilayah Jeongdong, Bear Tree Park dapat ditempuh selama dua jam dari Seoul menggunakan transportasi umum.

Selain I’m Not A Robot, bangunan tersebut juga muncul dalam drama Beauty Inside (2018) sebagai rumah CEO Im (Lee Moon-so), kakek Seo Do-jae (Lee Min-ki) pada episode 4 dan juga dalam drama Let Me Introduce Her (2018) sebagai rumah dari Min Ja-Young (Lee Mi-Sook), Jung Soo-Jin (Han Eun-Jung), dan Kang Chan-Ki (Jo Hyun-Jae) pada episode 2.

6. HS Ville

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramadaum.net

Sama seperti The GreemHS Ville juga merupakan salah satu tempat yang cukup sering digunakan sebagai lokasi syuting drama, mulai dari My Golden Life (2017), Defendant (2017), Father I’ll Take Care of You (2016-2017), High Society (2015), dan masuk banyak lagi.

Terletak di Bukhangang, Gapyeong, Privinsi Gyeonggi atau sekitar satu jam perjalanan ke arah timur Seoul, HS Ville yang merupakan kepanjangan dari Human Sanctuary Village memiliki banyak fasilitas, seperti wedding hall, restoran, infinity pool, dan arena untuk ski air.

7. The Rivendell Prestige Guesthouse

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramarivendell.kr

Ingat rumah Shin Joon-young (Kim Woo-bin) dalam drama Uncontrollably Fond (2016)? Atau rumah Lee Joon-gi dalam web drama Seven First Kisses (2017)? Atau rumah Kang Sa-ra (Lee Dae-hee) dalam drama Beauty Inside (2018)? Yup, lokasi yang digunakan sebagai latar rumah ketiga drama tersebut bernama The Rivendell Prestige Guesthouse.

Lokasinya berada di Desa Goseong, Cheongpyeong-myeon, Gapyeong-gun, Provinsi Gyeonggi, atau sekitar tiga jam perjalanan dari Seoul dengan menggunakan kendaraan umum. Nama guesthouse ini terinspirasi dari wilayah tempat tinggal kaum Elf dalam sekuel film The Lord of the Rings. Wah, berasa tinggal sama Elf gak ya?

8. Damyang Dynasty Country Club

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramakoreandramaland.com

Masih ingat dengan mansion super mewah milik keluarga Goo Jun-pyo dalam drama Boys Over Flowers? Mansion yang bangunan utamanya memiliki empat pilar tinggi ini bernama Damyang Dynasty Country Club dan merupakan sebuah clubhouse dari resor golf.

Terletak di wilayah Damyang, Provinsi Jeollanam, perjalanan menuju mansion ini dapat ditempuh selama 4 jam dari Seoul menggunakan kendaraan umum. Selain Boys Over Flowers, mansion ini juga muncul dalam drama Sky Castle (2018-2019), Monster (2016), dan My Fair Lady (2009).

9. Cheongnamdae Presidential Villa

Deretan 9 Rumah Mewah yang Sering Jadi Lokasi Syuting K-Dramavisitkorea.or.kr

Cheongnamdae Presidential Villa menjadi salah satu latar tempat dalam drama Healer (2014-2015) yang dibintangi Ji Chang-wook dan Park Min-young. Vila ini digambarkan sebagai rumah CEO Kim Moon-sik (Park Sang-won) dan istrinya, Choi Myung-hee (Do Ji-won) yang juga merupakan ibu kandung Young-shin (Park Min-young).

Cheongnamdae Presidential Villa merupakan tempat persinggahan favorit para presiden Korea Selatan untuk mengabiskan masa libur musim panas atau hari besar nasional setiap tahunnya.

Villa yang terletak di Cheongnamdae-gil, Munui-myeon, Sangdang-gu, Cheongju, Provinsi Chungcheongbuk ini dibangun pada tahun 1983 atas inisiatif dari presiden yang memimpin pada masa itu, Chun Doo-hwan, dan dibuka untuk umum pada tahun 2003.

Selain Healer, villa ini juga muncul dalam drama Becoming a Billionaire (2010); Golden Fish (2010); King of Baking, Kim Tak Goo (2009-10); IRIS (2009); Cain and Abel (2009); dan Boys Over Flowers (2009).

Betapa mewah dan mengagumkan banget ya rumah-rumah di atas. Kamu bisa menjadikannya referensi saat liburan ke Korea Selatan nantinya.

Baca Juga: Selain Akting, 5 Couple KDrama Ini Nyanyikan Soundtrack Drama Sendiri

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You