Comscore Tracker

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDrama

Kalian pertama kali tahu tempat ini dari drama apa, nih?

Barangkali banyak penggemar KDrama, khususnya yang sering menonton drama berlatar belakang penjajahan atau perang Korea, tidak asing dengan Hapcheon Image Theme Park. Studio atau set film ini memang sengaja dibangun untuk kepentingan produksi film atau drama yang kemudian berkembang menjadi destinasi wisata populer. 

Sebenarnya seperti apa Hapcheon Image Theme Park dalam kehidupan nyata? Simak ulasan faktanya di bawah ini, ya!

1. Hapcheon Image Theme Park memiliki luas sekitar 231.406㎡ dan terdiri dari 2 set film utama yang masing-masing dimiliki MBC dan KBS

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret salah satu sudut tempat di Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

2. Lokasinya berada di 757 Hapcheonhosu-ro, Yongju-myeon, Hapcheon, Provinsi Gyeongsangnam, sekitar 4,5 jam perjalanan dari Seoul dengan transportasi umum

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret salah satu bangunan dalam Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

3. Bagian KBS terdapat reproduksi landmark Seoul, seperti Stasiun Seoul dan Kantor Gubernur Jenderal Chosun, pada periode waktu 1930an hingga 1960an

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret bagian KBS pada periode waktu 1930-an hingga 1960-an (gyeongnam.go.kr)

4. Sedangkan MBC berkonsentrasi pada reproduksi jalan-jalan, seperti Sogong-dong dan Jongno Seoul dari tahun 1970an hingga 1980an

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret bagian MBC tahun 1970-an hinggga 1980-an (gyeongnam.go.kr)

5.  Taman ini mulai populer sejak dijadikan lokasi syuting film Taegukgi: The Brotherhood of War (2004) yang dibintangi oleh Jang Dong Gun dan Won Bin

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret adegan dalam film Taegukgi: The Brotherhood of War di Hapcheon Image Theme Park (dok. Showbox/Taegukgi: The Brotherhood of War)

Baca Juga: Rekomendasi 6 Destinasi Wisata ala Drama Korea di Pyeongchang

6. Sejak saat itu, puluhan drama dan film melakukan pengambilan gambar di sini, seperti Chicago Typewriter, Mr. Sunshine, dan Youth of May

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramaposter drama Youth of May dengan latar tempat Hapcheon Image Theme Park (dok. KBS2/Youth of May)

7. Di dalamnya juga terdapat replika Cheongwadae atau Blue House, istana kepresidenan Republik Korea yang juga sering digunakan untuk syuting

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret Set The Blue House yang ada di Hapcheon Image Theme Park (korean.visitkorea.or.kr)

8. Para pengunjung bisa menyewa berbagai pakaian retro atau seragam sekolah untuk berfoto. Serasa kembali ke masa lalu, kan?

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramatempat persewaan baju-baju retro di Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

9. Selain itu, di dalam kompleksnya juga terdapat toko baju dan aksesoris, restoran, kafe, dan penginapan. Wah, pasti seru banget menginap di sini!

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramabekas set film My Way yang kini dijadikan restoran dan penginapan (gyeongnam.go.kr)

10. Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore pada bulan November-Februari atau 9 pagi hingga 6 sore pada bulan Maret-Oktober

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramapotret salah satu bangunan dalam Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

11. Tiket masuknya sebesar 5.000 won untuk dewasa, 3.000 won untuk pelajar dan anak-anak, dan 2.500 won untuk warga senior dan difabel

11 Fakta Hapcheon Image Theme Park, Studio Syuting KDramaloket tiket masuk di Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

Wah, baru membacanya saja seakan diajak kembali ke masa lalu. Apalagi jika berkesempatan mengunjunginya langsung di Korea, dijamin gak mau pulang. Kalian tertarik pergi ke sana setelah pandemik ini berakhir nanti?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata ala Drama Korea di Kota Gyeongju

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya