Comscore Tracker

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDrama

Biar badan gak gampang capek selama liburan! 

Biasanya jika kita liburan penginnya cuma jalan-jalan, makan, dan belanja saja. Olahraga urusan nanti ketika liburan selesai. Padahal olahraga bisa dilakukan sembari liburan juga lho! Tujuannya biar badan gak mudah capek dan tetep bisa semangat setiap harinya.

Nah, di bawah ini ada beberapa destinasi wisata ala KDrama di Korea Selatan yang bisa kalian kunjungi tidak hanya untuk sightseeing, tetapi juga untuk berolahraga. Wah, di mana saja itu?

1. Yongin Mireu Stadium 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaDok. JTBC (via hancinema.net)

Yongin Mireu Stadium merupakan kompleks stadion serbaguna dengan kapasitas 37.155 kursi. Terletak di 61 Dongbaekjukjeondaero, Yeoksam, Distrik Cheoin, Yongin, Provinsi Gyeonggi, stadion ini dulunya dikenal dengan nama Yongin Civic Sports Park Stadium dan dibuka pada 1 Januari 2018. Selain sepakbola dan lari, kompleks ini juga memiliki fasilitas untuk hoki, senam, taekwondo, basket, dan bulu tangkis.

Yongin Mireu Stadium pernah menjadi lokasi syuting drama Run On (JTBC/Netflix, 2020-21) yang dibintangi oleh Im Si-wan dan Shin Se-kyung. Pada episode 3 dan 4, Ki Seo-gyeom (Im Si-wan) dan tim trek nasional lainnya pergi ke Pulau Jeju untuk pelatihan khusus dan kepentingan publisitas media. Oh Mi-joo (Shin Se-kyung) turut serta sebagai interpreter untuk wawancara asing.

2. Misari Regatta Park 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaDok. SBS (via hancinema.net)

Masih ingat dengan adegan Lee Gon (Lee Min-ho) mengikuti lomba dayung bersama rekan-rekannya dari kelas 88 Akademi Angkatan Laut? Adegan yang disajikan dalam episode 1 drama The King: Eternal Monarch (SBS, 2020) ini berlangsung di Misari Regatta Park.

Misari Regatta Park atau Misari Motorboat Racing Park merupakan kompleks taman yang tidak hanya menyajikan arena untuk olahraga dayung, tetapi juga terdapat lapangan basket, lapangan sepak bola, persewaan sepeda, dan sarana olahraga lainnya.

Taman yang berlokasi di wilayah Misa, Kota Hanam, Provinsi Gyeonggi ini dibangun untuk perlombaan perahu dan kano pada Asian Games 1986 dan Olimpiade 1988.

Nama Misari diambil dari morfologi geografis daerah yang semula merupakan pulau kecil dengan hamparan pasir sehingga terlihat seperti pasir yang melambai. Area taman ini juga ramai dikunjungi wisatawan ketika musim semi karena bunga-bunga sakura bermekaran di sekelilingnya.

3. Incheon Munhak Stadium 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramadoopedia.co.kr

Para penggemar drama Strong Woman Do Bong-soon (JTBC, 2017) pasti tidak akan lupa dengan adegan Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik) ‘sengaja’ menguji kemampuan Do Bong-soon (Park Bo-young). Min-hyuk menyuruh Bong-soon melakukan wall climbing dan ternganga karena ia berhasil menaikinya dengan sangat cepat.

Arena wall climbing ini terletak di kompleks Incheon Munhak Stadium, Munhak, Distrik Michuhol, Incheon. Stadion Munhak ini merupakan stadion multifungsi yang memiliki berbagai fasilitas olahraga, mulai dari lapangan sepakbola, lapangan bisbol, arena wall climbing seperti yang terlihat dalam drama, dan sebagainya. Juga ada jogging track yang bisa digunakan untuk berlari.

4. Phoenix Pyeongchang 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramavisitkorea.or.id

Para penggemar ski dan snowboarding pasti seneng banget kalau bisa berkunjung ke sini. Yup, Phoenix Pyeongchang (juga dikenal sebagai Phoenix Snow Park dan Bogwang Snow Park) adalah sebuah ski resort yang terletak di Desa Myeonon, Bongpyeong, Pyeongchang, Provinsi Gangwon. Resor ini dibuka pada bulan Desember 1995 dan merupakan ski resort terbesar kedua di Korea Selatan.

Terdapat 21 lereng yang dapat digunakan untuk melakukan olahraga ski bebas dan snowboarding serta 8 lift dan 8 gondola. Pada bagian kursi penonton dapat menampung sekitar 18.000 orang dengan rincian 10.200 tempat duduk dan 7.800 berdiri. Resor ini pernah menjadi lokasi Olimpiade Musim Dingin 2018 dan Paralimpiade Musim Dingin 2018.

Phoenix Pyeongchang ini mulai dikenal secara luas sejak digunakan sebagai lokasi syuting drama Endless Love Series, yaitu Autumn in My Heart (KBS2, 2000). Pada tahun 2019, drama Moments of Eighteen (JTBC, 2019) juga menjadikan area resor ini sebagai lokasi wisata SMA Cheon Bong.

Baca Juga: Gak Cuma Mall, 7 Pasar Tradisional Ini Juga Jadi Lokasi Syuting KDrama

5. Felix Futsal Club 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaDok. MBC (via hancinema.net)

Felix Futsal Club merupakan kompleks/arena olahraga yang dibuka pada tahun 2003 dan bagian dari Felix Forest Academy. Felix Forest Academy sendiri menjalankan klub futsal (lapangan futsal pertama di provinsi Gyeonggi), Forest Healing Academy, dan Felix Tennis Swimming Pool. Lokasinya berada di wilayah Heungdo, Distrik Deokyang, Kota Goyang, Provinsi Gyeonggi.

Selain arena olahraga, di kompleks ini juga terdapat kafe bernama Forest Grill by Felix yang pernah menjadi lokasi syuting drama Cheat On Me, If You Can (KBS2, 2020-21) dan Dinner Mate (MBC, 2020). Wah, pasti seru banget habis main futsal terus hangout di kafe!

6. Gangseo Hangang Park 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaDok. TV Chosun (via hancinema.net)

Gangseo Hangang Park pernah menjadi lokasi syuting drama Leverage (TV Chosun, 2019). Pada episode 2, Hwang Soo-kyung (Jeon Hye-bin) dan Jung Ui-sung (Yeo Hoi-hyeon) merekrut Ko Na-beyol (Kim Sae-ron) untuk Tim Leverage di area lokasi panjat dinding.

Gangseo Hangang Park terletak di sepanjang aliran Sungai Han, antara Jembatan Haengju dan Jembatan Banghwa, atau tepatnya di Wilayah Banghwa, Distrik Gangseo, Seoul. Taman ini memiliki panjang 8,5 km dan merupakan kombinasi dari taman ekologi lahan basah dan taman olahraga.

Kalau kalian olahraga di sini, dijamin selain badan bugar juga dapet pemandangan Sungai Han yang menenangkan dan indah.

7. Sea-Side Park 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaicjg.go.kr

Sea-Side Park atau yang juka dikenal sebagai Yeongjongdo Seaside Park merupakan taman rekreasi tepi laut yang sekaligus arena olahraga tenis, bulu tangkis, sepak bola, basket, wall climbing, hingga rail-bike. Rail-bike ini yang paling menari perhatian wisatawan karena bisa menikmati suasana pantai sembari naik sepeda di atas lintasan rel kereta api.

Taman yang terletak di Pulau Yeongjong, Jungsan, Distrik Jung, Incheon ini dibuka pada tahun 2017. Selain arena olahraga, taman ini juga menyediakan air terjun buatan dan juga arena bermain untuk anak-anak. Lengkap banget ya?

Beberapa spot dari taman ini pernah menjadi lokasi syuting KDrama, diantaranya Run On (JTBC / Netflix, 2020-21); Suits (KBS2, 2018); dan Where Stars Land (SBS, 2018).

8. Busan Sports Complex 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramakoreandramaland.com

Pada episode 5 The King: Eternal Monarch (SBS, 2020), Lee Gon (Lee Min-ho) meresmikan pembukaan kompetisi basket yang digambarkan di Daehan University (kampus fiktif). Jeong Tae-eul (Kim Go-eun) mengikutinya dan menyamar sebagai anggota keamanan raja bersama Jo Yeong (Woo Do-hwan).

Di kehidupan nyata, lokasi kompetisi basket tersebut adalah Sajik Indoor Gymnasium yang berada di Busan Sports Complex, Sajik, Distrik Dongnae, Busan. Kompleks ini dibuka beberapa bagian pada 1985 dan setahun setelahnya baru dibuka sepenuhnya yang terdiri dari Busan Asiad Main Stadium yang berkapasitas 14.099 kursi, Busan Sports Complex Auxiliary Stadium, Sajik Basebol Stadium, Sajik Indoor Gymnasium, dan Sajik Indoor Swimming Pool.

Sajik Indoor Gymnasium sendiri merupakan rumah bagi tim bola basket KT Sonicboom Busan sejak 2009.

9. Goyang Stadium 

Anti-Mainstream, Liburan Sambil Olahraga di 9 Lokasi Syuting KDramaDok. MBC (via hancinema.net)

Masih ingat dengan adegan Kang Chul (Lee Jong-suk) mendapatkan medali emas cabang olahraga 50m Pistol Men Olimpiade Athena 2004 dalam drama W: Two World (MBC, 2006)? Adegan tersebut digambarkan berada di 'Markopoulo Olympic Shooting Center' tetapi sebenarnya di Goyang Stadium.

Goyang Stadium merupakan stadion serbaguna yang terletak di Daehwa, Distrik Ilsanseo, Kota Goyang, Provinsi Gyeonggi. Stadion berkapasitas 41.311 kursi ini  dibangun pada tahun 2003 dan pernah menjadi markas Goyang Zaicro FC dari K-League Challenge antara 2013 dan 2016. Stadion ini juga kerap digunakan untuk pertandingan timnas sepakbola Korea Selatan.

Nah, itu dia 9 tempat yang bisa kalian kunjungi untuk liburan sekaligus olahraga. Mau berkunjung ke mana dulu nih?

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Nama Lokasi Syuting Music Video BTS di Korea!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya