Comscore Tracker

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama 

Bisa jadi referensi tempat liburan nih! 

Selain aktor-aktris dan alur cerita, lokasi syuting KDrama memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Tak jarang, beberapa lokasi tersebut kerap didatangi para penggemar untuk sekadar meluapkan rasa penasaran atau “mereka ulang adegan” yang dilakukan oleh para aktor dan aktris favorit mereka dalam suatu drama.

Salah satu jenis lokasi yang kerap dijadikan latar syuting KDrama adalah museum. Jangan bayangkan museum di sini terlihat seram apalagi kuno. Justru museum-museum yang ditampilkan terlihat sangat modern dan biasanya jadi satu dengan galeri seni atau art space.

Penasaran di mana saja museum-museum tersebut? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. SOMA Museum of Art 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama instagram.com/soma_museum

Museum satu ini pasti gak asing di kalangan penggemar Park Min-young. Yup, SOMA Museum of Art pernah menjadi salah satu latar penting dan eskterior bangunannya muncul dalam setiap episode drama Her Private Life yang tayang di tvN pada tahun 2019 lalu.

Museum ini digambarkan sebagai Galeri Seni Chaeum, tempat Sung Deok-mi (Park Min-young) bekerja sebagai kurator senior dan Ryan Gold (Kim Jae-wook) sebagai direkturnya. Cindy (Kim Bo-ra) juga bergabung di galeri ini sebagai karyawan magang karena ini memata-matai Deok-mi dan Ryan.

SOMA sendiri merupakan kepanjangan dari Seoul Olympic Museum of Art. Museum sekaligus galeri seni kontemporer ini terletak di Olympic Park, wilayah Bangi, Distrik Songpa, Seoul.

Museum ini dibuka pada tahun 2004, terdiri dari dua bangunan utama (Museum 1 dan Museum 2) serta sebuah taman patung outdoor yang besar. Masing-masing bangunan terdiri dari lima ruang pameran dan aula serta empat ruang pameran dan lorong multi-fungsional. Tertarik berkunjung ke sini?

2. Jjangmyeon Museum 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama icjg.go.kr

Begitu membaca namanya aja langsung kebayang nikmatnya mie dengan saus pasta kedelai hitam, jjangmyeon. Sesuai dengan namanya, museum ini memang menyuguhkan segala hal tentang jjajangmyeon.

Museum yang terletak di wilayah Chinatown, Distrik Jung, Incheon ini pernah menjadi lokasi syuting drama fenomenal Hwayugi/A Korean Odyssey (tvN, 2017-18). Cucu Bangmooljangsoo (Jung Je-won/One) kerap membuka lapak dagangannya di depan Museum Jjajangmyeon ini. 

Selain Hwayugi, Museum Jjangmyeon juga pernah muncul dalam drama Suits (KBS, 2018), tepatnya pada episode 10 ketika Go Yeon-woo (Park Hyung-sik) melewati bangunan ini. Dengan menaiki sepedanya, ia sedang menuju suatu tempat untuk menyelesaikan perkara kliennya.

Museum Jjajangmyeon sendiri dibuka pada 28 April 2012 di China Town, wilayah Seollin, Distrik Jung, Incheon yang dipercaya sebagai tempat lahirnya jjajangmyeon. Berbagai macam infomasi tentang jjajangmyeon disajikan di sana, mulai dari sejarah, proses pembuatan, kemajuan, hingga pengaruhnya terhadap nilai-nilai sosial dan budaya di Korea Selatan.

Enam tahun sebelum dibuka, tepatnya pada tahun 2006, museum ini telah ditetapkan debagai properti warisan budaya nomor 246. Di sana juga terdapat restoran dua lantai bernama Gonghawchun yang menyuguhkan jjangmyeon dengan rasa otentik dan tentu saja menggunakan resep dan bahan-bahan pilihan. Wah, seru banget ya kayaknya kalau bisa ke sini!

3. Seodaemun Prison History Hall 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama english.visitkorea.or.kr

Para penggemar KDrama, khususnya yang bertema kriminal atau hukum pasti tidak asing dengan Seodaemun Prison History Hall ini. Eksterior bagian depannya kerap ditampilkan untuk menggambarkan sebuah penjara atau rumah tahanan dalam KDrama.

Penjara Seodamun dibangun pada masa pemerintahan Jepang dengan tujuan memenjarakan para aktivis gerakan kemerdekaan. Penjara ini resmi dibuka pada tahun 1908 dengan nama Penjara Gyaemseong dan berganti nama menjadi Penjara Seodaemun karena mengalami perluasan pada tahun 1912.

Pada tahun 1992, penjara yang terletak di wilayah Hyeonjeo, Distrik Seodaemun, Seoul ini beralih fungsi menjadi Taman Kemerdekaan Seodaemun untuk mengenang para pejuang yang pernah dipenjara, disiksa, dan dieksekusi di sana.

Ada tujuh bangunan yang dilestarikan dan tiga diantaranya ditetapkan sebagai Situs Bersejarah No. 324. Pada tahun 1998, taman ini pun diresmikan sebagai Seodaemun Prison History Hall agar masyarakat Korea Selatan bisa memaknai pentingnya Kemerdekaan Korea dan pengorbanan para pahlawan.

Beberapa drama yang pernah mengambil latar tempat di sini antara lain, Graceful Family (MBN, 2019), Doctor John (SBS, 2019), Her Private Life (tvN, 2019), He is Psychometric (tvN, 2019), Criminal Minds (tvN, 2017), While You Were Sleeping (SBS, 2017), Goblin (tvN, 2016-17), dan masih banyak lagi. Kira-kira kalian ingat gak adegan apa yang dilakukan di depan penjara dari drama-drama tersebut?

4. Mediterium 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama myrealtrip.com

Dalam drama Touch Your Heart (tvN, 2019) yang dibintangi oleh Lee Dong-wook dan Yoo In-na, bangunan Mediterium ini digambarkan sebagai kantor agensi hiburan bernama Yeon Entertainment milik Yeon Joon-seok (Lee Joon-hyuk) sekaligus tempat Oh Yoon-seo (Yoo In-Na) bernaung. Eksterior depannya  menjadi salah satu latar penting yang kerap muncul dalam drama ini.

Selain Touch Your Heart, beberapa drama juga menampilkan bangunan ini sebagai latar tempatnya, mulai dari The World of The Married (JTBC, 2020), Born Again (KBS2, 2020), Dinner Mate (MBC, 2020), hingga yang terbaru Secret Forest 2 (tvN, 2020).

Mediterium sendiri merupakan museum medis, galeri, kafe, sekaligus perpustakaan yang dibuka sejak tahun 2017. Lokasinya berada di Hoedong, Distrik Seopae, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi.

Karena merupakan museum medis, tak heran jika mayoritas koleksi bukunya tentang dunia kesehatan dan juga terdapat beberapa alat peraga medis. Meski begitu, museum ini terlihat tidak monoton karena banyak ilustrasi atau mural di beberapa sudut tempat. Pastinya instagramable banget kalau foto di sini!

Baca Juga: 6 Museum Seni di Korea Ini Pernah Dikunjungi RM BTS, ARMY Wajib Tahu!

5. Incheon Open Port Museum 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama icjg.go.kr

Beberapa dari kalian mungkin kurang notice dengan bangunan Incheon Open Port Museum ini karena memang belum sering dijadikan latar tempat dalam KDrama. Sejauh ini hanya drama Black Knight: The Man Who Guards Me (KBS2, 2017-18) yang menampilkan eksterior bagian belakang bangunan ini sebagai pintu masuk Sharon Tailor.

Incheon Open Port Museum dulunya merupakan gedung Incheon First Japan Bank yang dibangun Jepang untuk menginvasi perekonomian Korea. Museum yang terletak di Distrik Jung, Incheon, ini memiliki empat ruang pameran menceritakan tentang sejarah Incheon Open Port, mulai dari gambaran Incheon pada periode pembukaan tahun 1883 sampai pendudukan Jepang tahun 1910.

Selain itu, juga ada ruang pameran yang menampilkan bahan-bahan berkaitan dengan sejarah perkeretaapian Korea, khususnya Kereta Api Gyeongin jalur Seoul-Incheon (rel kereta api pertama di Korea), pameran tematik yang menampilkan pemandangan jalanan Pelabuhan Incheon dengan model dan materi audio-visual dan ruang pameran tematik yang berkaitan dengan perbankan, lembaga keuangan, dan Biro Transisi Incheon. Tertarik berkunjung ke sini?

6. Incheon Art Platform 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama koreandramaland.com

Tidak jauh dari Incheon Open Port Museum terdapat Incheon Art Platform yang baru-baru ini menjadi lokasi syuting drama fenomenal, It’s Okay Not To Be Okay (tvN, 2020). Pada episode 11, Ko Moon-young (Seo Ye-ji) mengunjungi Moon Sang-tae (Oh Jung-se) di kedai pizza tempatnya bekerja dan memborong banyak pizza. Ia berusaha meyakinkan Sang-tae agar kembali menggambar ilustrasi untuknya. Kemudian mereka melewati Incheon Art Platform dan masih terlibat adu mulut hingga akhirnya Sang-tae mengikuti anak-anak TK yang lewat.

Selain drama It’s Okay Not To Be Okay, tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Leverage (TV Chosun, 2019), Rich Man (MBN, Dramax, 2018), Valid Love (tvN, 2014-15), Guardian: The Lonely and Great God alias Goblin (tvN , 2016-17), Dream High (KBS, 2011), dan film The Beauty Inside (2015).

Incheon Art Platform (IAP) sebelumnya merupakan Pusat Seni dan Kebudayaan Distrik Jung yang di kemudian hari dibeli dan dikembangkan oleh Kota Metropolitan Incheon. Kompleks ini dibangun antara tahun 1930an hingga 1940an terdiri dari 13 bangunan yang terbuat dari bata merah. Di sana terdapat studio, ruang pameran dan pertunjukan, serta perpustakaan.

7. National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul 

Unik & Indah, 7 Museum Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting KDrama english.visitseoul.net

National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA) memiliki beberapa cabang di Korea Selatan. Namun, dalam ulasan ini hanya akan membahas cabang yang berada di Seoul. MMCA Seoul pernah menjadi lokasi syuting drama What’s Wrong With Secretary Kim (tvN, 2018), About Time (tvN, 2018), dan Jugglers (KBS2, 2017-18).

Jika kalian ingat, dalam drama What’s Wrong With Secretary Kim museum ini digambarkan sebagai Yumyung Art Hall, sebuah pusat kesenian milik Yumyung Group a.k.a perusahaan keluarga si charming Lee Young-joon (Park Seo-joon).

MMCA Seoul dibuka pada 13 November 2013, di sebelah Istana Gyeongbokgung atau tepatnya di 30 Samcheong-ro, Sogyeok-dong, Distrik Jongno, Seoul. Lokasi ini dulunya merupakan bekas gedung Komando Daerah Militer.

Desain arsitekturnya mengadopsi konsep Madang (halaman), yaitu mengintegrasikan eksterior dan interior bangunan dengan lingkungan sekitarnya sehingga juga dapat digunakan sebagai ruang rekreasi publik dan acara-acara outdoor. Sedangkan pada bagian indoor, terdapat ruang pameran yang menampilkan berbagai karya seni klasik dan modern.

Nah, itu dia tujuh museum yang cantik nan menarik tempat syuting beberapa drama favorit kalian. Sambil menuggu pandemi Covid-19 ini berakhir, buruan nabung dan bikin itinerary seru buat ke sana!

Baca Juga: Asyik, Museum Harry Potter Kedua Bakal Hadir di Tokyo Jepang!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya