Comscore Tracker

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kota

Gak perlu cuti dan biayanya murah

Rasanya stres banget gak sih kalau setiap hari beraktivitas dari pagi sampai malam, apalagi di tengah hiruk pikuk perkotaan. Kepala rasanya mau pecah memikirkan banyak tugas yang menumpuk. Kalau sudah merasakan hal seperti itu, kayaknya kamu butuh liburan deh.

Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga banyak destinasi wisata menarik kok, salah satunya Kepulauan Seribu.

Kalau kamu pengin mencoba mengunjunginya, berikut ini IDN Times bakalan kasih kamu rekomendasi beberapa tempat wisata di Kepulauan Seribu yang paling hits orang-orang kunjungi. Penasaran di mana ajah? Cek yuk di bawah ini!

1. Pulau Tidung

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotaepicwander.com

Pulau Tidung jadi yang paling favorit dan primadona di Kepulauan Seribu. Ramai wisatawan, pulau ini memiliki satu objek wisata terkenal, yakni Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pemandangannya indah, panjang jembatannya mencapai 800 meter.

Kamu bisa menikmati banyak hal di sini, seperti snorkeling, naik kano, atau sekadar menyusuri pantai. Butuh waktu tiga jam, kamu bisa naik perahu atau kapal motor dari Dermaga Muara Angke. 

2. Pulau Untung Jawa

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/lianasofiani

Gak kalah tenar, Pulau Untung Jawa juga sering jadi tujuan wisatawan karena letaknya cukup dekat dengan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Ditambah lagi, warga setempat menawarkan paket wisata yang memudahkan kita menjelajah pulau. 

Fasilitasnya lengkap, kita bisa bersepeda keliling pulau, bermain banana boat, jetski, snorkeling, sampai diving. Kalau mau sekadar istirahat juga bisa banget, banyak penginapan nyaman di sana. Kamu bisa mencapai pulau ini dengan kapal ferry atau speedboat dari Muara Angke, Ancol, atau Tanjung Pasir. Waktu tempuhnya gak sampai satu jam.

3. Pulau Semak Daun

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotaflickr.com/sambodo

Kalau kamu suka pemandangan pasir putih, Pulau Semak Duri  bisa jadi alternatif pilihan destinasimu di Kepulauan Seribu. Gak cuma itu, pemandangan bawah lautnya juga gak kalah indah, lho. Kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving

Bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. Bawa sendiri perlengkapannnya ya, karena pulau ini tak berpenghuni. Cocok banget untuk menyegarkan pikiran di tengah kesibukanmu. 

4. Pulau Pramuka

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/nikitafima

Jadi ibu kota kabupaten administratif Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka cukup terkenal di kalangan wisatawan. Ramai pengunjung, ada fasilitas snorkeling, diving, sepeda, tempat pancing, vila, dan podok-pondok untuk beristirahat.

Ada pula wisata edukasi penangkaran penyu sisik yang langka, lho. Cocok banget untuk liburan bareng bersama keluarga. Gak ribet kok, cukup naik kapal motor sekitar tiga jam dari Muara Angke. Bisa juga berangkat dari Ancol. 

5. Pulau Harapan

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/ariyasmo

Gak cuma Pulau Pramuka saja yang punya wisata edukasi, Pulau Harapan juga punya dong. Burung Elang Bondol mendiami pulau ini dan pemerintah setempat juga membangun penangkarannya supaya tak menjadi hewan langka. 

Airnya bening, snorkeling di sini bakal bikin pikiran langsung segar. Kamu bisa langsung melihat koral dan terumbu karangnya. Ada juga jembatan kayu di pulau ini yang digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Semuanya enak banget buat santai.

Kalau mau ke sini, kamu bisa naik kapal dari Pantai Marina Ancol, Kali Adem, atau Muara Angke. Semua tarifnya berbeda, tergantung hari, jenis kapal, dan tempatnya. 

6. Pulau Ayer

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/makmure

Dekat dengan Pantai Marina, Ancol, Pulau Ayer hanya berjarak sekitar 14 kilometer. Gak perlu jauh-jauh ke Maldives, pulau ini memiliki banyak cottage bergaya tradisional yang dibangun di atas laut. 

Pulau Ayer ini pulau favorit Presiden RI pertama Soekarno, lho. Dia suka banget beristirahat dan menyegarkan pikirannya di sini. Alamnya masih terjaga, tapi tetap harus hari-hari karena banyak biawak berkeliaran. Oh iya, kalau mau menginap di sini harus antre ya, banyak peminatnya nih!

Baca Juga: 10 Potret Pulau Pahawang, Surganya Snorkeling di Lampung Selatan

7. Pulau Onrust

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotalixionary.com

Pulau Onrust masih dekat dengan Pulau Bidadari. Masih kental dengan suasana tempo dulu, pulau ini merupakan peninggalan Belanda. Namanya diambil dari bahasa Belanda yang berarti "tidak pernah beristirahat", atau dalam bahasa Inggrisnya "unrest." 

Dulunya tempat ini digunakan untuk persinggahan sebelum ke Pelabuhan Sunda Kelapa, makanya banyak bangunan tua. Sekarang bangunan kuno tersebut dijadikan sebagai Museum Pulau Onrust. Kalau mau ke sini, kamu bisa naik kapal motor dari Pulau Bidadari.

8. Pulau Kotok

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/myindogirl

Pemandangan bawah laut dari Pulau Kotok gak perlu diragukan lagi. Koral dan terumbu karangnya masih terjaga, pulau ini gak menyediakan fasilitas olahraga air, seperti di pulau-pulau lain. Kalau mau ke sini, ada kapal motor dari Ancol setiap pagi atau pelabuhan Kali Adem. Jarak tempuhnya bisa 1,5 jam saja dari Ancol, tapi kalau dari Pelabuhan Kali Adem bisa tiga jam. 

Belum ada campur tangan manusia, masih banyak vegetasi asli yang tumbuh di Pulau Kotok. Penggunaan listriknya dibatasi, kamu hanya bisa merasakan listrik dari jam tujuh pagi hingga jam 12 malam saja. Kecuali, kamu menginap di cottage

9. Pulau Bidadari

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotaflickr.com/Jorge Láscar

Jaraknya hanya 15 kilometer, Pulau Bidadari termasuk dekat dengan Jakarta. Saking dekatnya, kamu masih bisa melihat gedung-gedung tinggi Jakarta dari sini. Gak kalah dengan pulau lainnya, kamu bisa snorkeling  cantik di sini. Banyak resor-resor cantik, kamu gak bakal kesulitan cari penginapan.

Terkenal dengan sejarahnya, konon dulunya pulau ini digunakan jadi tujuan wisata Pangeran Jayakarta. Masih tenang, kamu bakal menemukan hutan mangrove yang cantik. Pangeran saja datang ke sini, masa kamu gak pernah?

10. Pulau Bira

10 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu, Liburan Seru di Dekat Ibu Kotainstagram.com/fp_yogex

Jarang pengunjung, Pulau Bira masih bersih dan terjaga keasriannya. Untuk menikmatinya, kamu harus menempuh perjalanan yang agak panjang. Dari Dermaga Muara Angke, naik kapal motor selama tiga jam menuju Pulau Pramuka. Lalu, naik kapal motor lagi menuju Pulau Bira. 

Dijamin indah, pemandangan bawah laut Pulau Bira ini memang luar biasa. Lautnya mirip kaca, bening sampai ke dasar laut. Gak perlu menyelam, duduk di tepi dermaga saja sudah terlihat ke dasar laut.

Banyak pula penginapan bergaya tradisional yang terbuat dari kayu. Makan ikan bakar atau barbekyuan ditemani hangatnya senja, serasa hilang semua sih penat dan masalah.

Itulah ulasan mengenai 10 destinasi atau tempat wisata Pulau Seribu yang menjadi kunjungan wisatawan dari berbagai Negara. Jadi, mau ke pulau mana dulu nih? Atau ada yang sudah kamu kunjungi salah satunya?

Baca Juga: 10 Pantai Terbaik di Dunia, Bikin Kita Gak Mau Pulang Saking Indahnya

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You