Comscore Tracker

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakarta

Ke Yogya belum lengkap kalau gak ke pantainya!

Satu tempat yang selalu terlintas di benak banyak orang setiap ditanyai destinasi wisata di Yogyakarta adalah Malioboro. Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Yogyakarta sesungguhnya gak pernah kehabisan tempat plesir. Mulai dari wisata kota sampai alam, wisata gunung sampai pantai, semua ada di Yogyakarta.

Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Yogya, jangan cuma muter-muter di dalam kota. Cukup seharian, kamu juga bisa menyusuri pantai-pantai keren yang ada di kawasan Kabupaten Gunung Kidul lho! Ini dia caranya.

1. Berangkat subuh, mulai plesirmu ke pantai paling timur dulu: Wedi Ombo

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartavisitingjogja.com

Yup, lebih baik kamu mulai perjalanan dari pantai yang paling timur agar pulangnya nanti bisa menikmati sunset dengan maksimal. Nah, tujuan pertama kunjungi Pantai Wedi Ombo. Untuk menuju lokasi, kamu harus melewati jalanan yang cukup terjal dan jauh. Maka, sebaiknya kamu sudah berangkat dari kota sejak pukul 4 subuh.

Nah, di Pantai Wedi Ombo kamu bisa menikmati pemandangan karang yang besar-besar. Selain itu, di sini juga ada pemandian alam lho. Kolam alami dengan kedalaman 1,5 meter ini airnya begitu tenang. Jadi, kamu bisa sekalian berendam pagi nih sebelum melanjutkan petualangan menyusuri pantai seharian nanti.

2. Jangan lama-lama. Segera geser ke Pantai Siung karena hawanya masih hangat

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartaanekatempatwisata.com

Mumpung matahari belum meninggi, lanjut perjalananmu ke Pantai Siung. Dengan jarak sejauh 7,6 km dari Wedi Ombo, kamu akan sampai di Siung sekitar 20 menit kemudian. Maklum, jalan menuju pantai ini pun cukup mblusuk sehingga kesannya jauh sekali untuk ke sana.

Meski tidak memiliki wahana khusus, namun di Pantai Siung kamu bisa berpuas-puas menikmati deburan ombak. Ditambah dengan pemandangan baru karang yang indah, dijamin foto-foto dokumentasimu sangat keren deh!

3. Cuma perlu waktu 10 menit, lanjut ke Pantai Jogan

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartasatu-indonesia.com

Tak jauh dari Pantai Siung, geserlah ke Pantai Jogan. Hati-hati menuju ke lokasi, karena jalannya hanya satu jalur sehingga cuma muat untuk satu mobil. Meski terbilang kecil, namun pantai ini punya pemandangan yang unik lho.

Di sini kamu akan menemukan air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Hati-hati juga kalau kamu mau turun ke bawah untuk foto di depan air terjun karena batu-batunya cukup licin dan terjal. Selain itu, pengaman jalurnya pun hanya berbekal rakitan bambu kecil.

Barangkali gak perlu lama-lama juga di sini karena tidak terlalu banyak yang bisa dilakukan. Yuk, lanjut plesir pantaimu ke barat.

Baca Juga: Pesona 8 Kolam Renang Alami di Yogyakarta Ini Bikin Kebelet Nyebur

4. Lapar? Di Pantai Pok Tunggal kamu bisa makan sembari ditemani deburan ombak tengah hari

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartakorinatour.co.id

Nah, hari sudah semakin siang nih. Pastinya energimu semakin terkuras dan butuh asupan gizi. Meski agak jauh dari Pantai Jogan, namun Pantai Pok Tunggal jadi pantai terdekat untuk bisa menyantap hidangan laut sembari menikmati deburan ombak.

Memasuki kawasan pantai, kamu akan langsung melihat warung-warung seafood berjejeran. Ada yang menjual kepiting, lobster, ikan laut, hingga kerang yang dimasak dengan beraneka macam cara. Jangan lupa juga pesan es kelapa muda untuk menyegarkan tenggorokanmu. Pastinya nikmat banget, deh makan seafood di pinggir pantai!

5. Berpanas-panas siang hari di Pantai Watulawang gak akan bikin kamu takut!

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartangetripyuk.id

Sudah kenyang? Setelah istirahat sejenak, lanjutkan perjalananmu ke Pantai Watulawang. Di sini ada satu spot yang kerap jadi tempat berfoto para pengunjung.

Selain itu, ternyata ada cerita unik dari pantai yang masih sepi ini. Di Watulawang ini terdapat sebuah gua yang dulu menjadi tempat Prabu Brawijaya IV bertapa. Selain gua, batu-batu karang di sini juga tampak indah.

Gak apa-apa, meski matahari begitu terik di siang hari, namun pastinya waktu santaimu di Pantai Watulawang tetap berkualitas!

6. Mau snorkeling? Geser aja ke Pantai Sadranan

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartavisitingjogja.com

Rasanya ke pantai kalau gak main air atau menyelam itu kurang afdol. Nah, di Pantai Sadranan kamu bisa snorkeling asyik lho! Tapi, pastikan kamu ke sininya gak kesorean ya karena lepas pukul 4 sore, air laut mulai pasang. Hal ini tentunya akan membahayakanmu kalau nekat menyelam.

Untuk alat-alat snorkelingnya di sini disewakan dengan harga sekitar Rp30 ribu aja. Di sini kamu bisa melihat karang-karang yang indah. Awas! Jangan sampai kamu merusaknya, ya!

7. Menjelang sore, nikmati sensasi pijat kaki di atas karang di Pantai Krakal

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartakresnatourjogja.com

Sebelum sunset tiba, sempatkan dulu mampir ke Pantai Krakal. Di sini biasanya ombaknya lebih tenang sehingga kamu bisa menikmati jalan-jalan di atas karang. Berdirilah sembari merendam kakimu ke dalam air laut. Kemudian nikmati hembusan angin sore yang menyejukkan. Wah, pasti segala penatmu bakal hilang seketika!

8. Nah, terakhir jangan lewatkan menikmati sunset di Puncak Kosakora Pantai Ngrumput sebelum kembali ke kota

Sehari Susuri Tepi Laut, Ini 8 Rekomendasi Pantai Keren di Yogyakartadejogjaadventure.com

Ini dia puncaknya: sunset! Ya, serunya jalan-jalan ke pantai di Yogyakarta adalah kamu bisa menyaksikan sunset di mana pun. Salah satu spot terbaik adalah di Pantai Ngrumput, tepatnya kamu harus mendaki dulu ke Puncak Kosakora. Di sini kamu bisa menyaksikan dengan jelas warna keemasan matahari yang terbenam.

Nah, untuk menuju Puncak Kosakora, memasuki kawasan Pantai Ngrumput ikuti saja petunjuknya. Di bagian bawah tebing terdapat tulisan 'Ke Puncak Kosakora', kemudian kamu bisa mengikuti jalur trekking-nya.

Tak sekadar duduk menghadap pantai, di Puncak Kosakora kamu juga bisa camping lho. Warga setempat pun menyewakan tenda bagi kamu yang ingin bermalam. Harga sewanya sekitar Rp60-100 ribu, tergantung besar tendanya.

Sunset terbaik memang sunset di pantai. Selain menenangkan, suara hempasan ombaknya makin bikin kita bahagia. Sembari menikmati senja, jangan lupa abadikan momen indah ini ya! 

Baca Juga: 5 Spot Asyik untuk Menikmati Yogyakarta dari Ketinggian

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You