Comscore Tracker

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!

Seru banget road trip Jogja-Solo-Semarang

Beraktivitas di rumah aja selama berbulan-bulan pastinya bosan, ya. Apalagi kalau kamu harus work from home akibat pandemik ini, tentu suntuk banget dan merasa butuh refreshing. Daripada liburan ke tempat yang jauh--apalagi ke luar negeri--mendingan liburan ke kota terdekat aja!

Kalau kamu tinggal di kawasan Jawa Tengah, akan menyenangkan kalau kamu bisa road trip bareng teman atau keluarga selama sehari aja dari Yogyakarta sampai Semarang. Sekarang wisata Joglosemar alias Jogja-Solo-Semarang udah banyak dikenal masyarakat, lho. Kamu juga jangan sampai melewatkan keseruannya.

Nah, daripada bingung mau ke mana road trip Joglosemar selama sehari, berikut rute dan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Disarankan pakai mobil pribadi ya biar lebih nyaman dan aman. Yuk, berangkat!

1. Start dari Yogya, pagi-pagi lihat sunrise dulu di Pantai Indrayanti

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!katalogwisata.com

Perjalanan bisa kamu mulai dari Yogyakarta, nih. Tepatnya di Pantai Indrayanti yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Di sini adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit alias sunrise, lho. Jadi, pastikan kamu sudah berada di lokasi sejak subuh sekitar pukul 04.00, ya.

Sembari menikmati keindahan sunrise dari pantai selatan, kamu tentu juga bisa mendengarkan deburan ombak dan udara pagi yang sejuk. Pengalaman ini akan jadi penyuntik energimu untuk perjalanan selanjutnya!

2. Lanjut cari sarapan ke daerah tengah kota di Malioboro

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!unsplash.com/@leknikto

Agar perjalanan sampai Semarang gak terlalu malam, segera beranjak dari Pantai Indrayanti tepat pukul 07.00 menuju tengah Kota Yogyakarta. Perjalanannya akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Nanti di tengah kota, tepatnya di Malioboro kamu bisa menemukan banyak penjaja makanan pagi untuk sarapan, mulai dari gudeg, soto, hingga bubur ayam. Kamu juga bisa sekalian melihat-lihat suasana pagi di Kota Yogyakarta yang belum terlalu padat.

Nah, setelah sudah kenyang sarapan, yuk lanjutkan perjalanan menuju daerah Solo! Hati-hati ya saat berkendara.

3. Berangkat ke Solo, kunjungi Museum Batik Danar Hadi yang elegan banget

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!sanjayatour.com

Kalau udah sampai Solo tentunya kamu gak boleh melewatkan wisata batik yang jadi ciri khasnya. Salah satu museum batik terbaiknya adalah Museum Batik Danar Hadi yang berada di Jl. Brigjen Sudiarto Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Di sini kamu bisa melihat-lihat beragam batik yang merupakan koleksi pribadi Santosa Doellah.

Gak cuma melihat batik yang eksotis dan indah, pemandu museum juga akan memberimu banyak informasi tentang batik. Di antaranya adalah sejarah batik dan tips merawat kain batik. Dijamin gak akan bosan deh keliling museum ini!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kafe di Solo, Cocok Jadi Tempat Nongkrong yang Asyik

4. Menuju sore, lanjut perjalanan ke De Tjolomadoe di Solo

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!pegipegi.com

Dari museum batik, lanjutkan perjalanan ke De Tjolomadoe yang termasuk salah satu destinasi wisata baru di Kota Solo. De Tjolomadoe dulunya adalah area pabrik gula yang kini disulap jadi tempat wisata yang instagrammable banget, lho!

Berada di Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, di sini kamu bisa keliling melihat peralatan pembuatan gula sembari berfoto ria. Dijamin gak akan kesulitan cari spot keren soalnya setiap sudut De Tjolomadoe bernuansa klasik sehingga akan bikin fotomu tetap estetik!

5. Lanjut nikmati senja di Pondok Kopi Umbul Sidomukti dalam perjalanan menuju Semarang

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!pengindolan.com

Pasti kamu udah agak merasa lelah ya setelah melakukan perjalanan dari Yogya sampai Solo? Nah, sambil menuju Kota Semarang, bisa singgah dulu di Pondok Kopi Umbul Sidomukti.

Hanya 2 jam perjalanan dari De Tjolomadoe, kamu bisa menikmati sore yang indah di kafe yang berada di daerah Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan. Karena letaknya berada di kaki Gunung Ungaran, bisa dipastikan suasananya sangat sejuk dan tenang. Terlebih dengan pemandangan hamparan bukit hijau yang bersiram sinar matahari sore, ngopi di sini bikin road trip-mu gak berasa melelahkan!

6. Nah, malam di Semarang bisa kamu habiskan dengan keliling Kota Lama

Road Trip Kawasan Joglosemar Sehari, Yuk Kunjungi 6 Tempat Ini!reddoorz.com

Nah, menuju malam, lekas lanjut perjalanan lagi menuju Kota Semarang. Kamu bisa langsung menuju ke daerah Kota Lama aja. Destinasi satu ini pantang dilewatkan kalau kamu ke Semarang. Nuansa sejarahnya masih kental banget sampai sekarang karena ada banyak bangunan lama peninggalan Belanda yang bentuk aslinya masih terlihat.

Di sini kamu bisa sekadar city walking menikmati cantiknya Kota Lama di malam hari atau mengunjungi beberapa galeri seni. Selain menikmati perjalanan dengan nuansa heritage, di kawasan ini juga ada beberapa kafe yang bisa kamu kunjungi. Tapi daripada nongkrong melulu, lebih baik kamu pesan minuman dan makanan yang bisa dibawa pulang aja dan nikmati di mobil sambil keliling kawasan Kota Lama.

Semarang bisa jadi penutup road trip yang sempurna. Meski cuma sehari, kamu udah bisa menikmati banyak tempat wisata yang unik-unik. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta Ini Sarat dengan Nuansa Mistis!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya