Comscore Tracker

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk Berkemah

Siapa yang suka camping? Coba ke sini, yuk!

Wisata alam sekarang ini mulai kembali banyak diminati, salah satunya adalah berkemah. Kegiatan berkemah dapat dilakukan hanya dengan membangun tenda dan membuat api unggun di tempat-tempat tertentu seperti camping ground.

Selain cara berkemah konvensional, saat ini juga populer cara berkemah dengan menggunakan mobil van yang dilengkapi dengan tempat tidur atau biasa disebut dengan campervan. Untuk kamu yang berminat untuk berkemah di Yogyakarta khususnya, beberapa lokasi berkemah di bawah ini dapat menjadi pilihan. Simak lima lokasi camping yang ada di Yogyakarta berikut ini, ya!

1. Waduk Sermo

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk Berkemahsuasana berkemah di Waduk Sermo (sumber: instagram.com/waduksermo_campingpark)

Ingin camping menghadap danau seperti sedang berkemah di New Zealand? Waduk Sermo di Kabupaten Kulonprogo ini bisa jadi pilihan yang menarik. Cukup dengan membayar sebesar Rp 15.000,- kamu dapat menikmati sensasi bangun pagi dengan pemandangan hamparan danau dan pepohonan di sekitarnya.

Jika kamu berniat mengunjungi Waduk Sermo untuk berkemah, agendakan untuk berkemah pada musim kemarau. Pada musim kemarau, air waduk akan surut dan muncul pulau-pulau di tengah waduk yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Siapkan juga berbagai perlengkapan berkemah dari rumah masing-masing, ya!

2. Bukit Watu Mabur

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk BerkemahWatu Mabur Camping Ground (sumber: instagram.com/watumabur_camp)

Selain berkemah dengan pemandangan danau, di Jogja kamu juga dapat berkemah dengan pemandangan alam yang dilihat dari atas bukit. Bukit Watu Mabur terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari atas sini kamu dapat melihat pemandangan jajaran perbukitan alami dilengkapi dengan kabut yang memanjakan mata. Untuk menginap disini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- saja, lho!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir Pekan

3. Kali Ayu Camper Park

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk BerkemahKali Ayu Camper Park (instagram.com/kaliayucamperpark)

Bagi kamu yang lebih suka dengan suasana asri dilengkapi gemercik air, lokasi berkemah satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kali Ayu Camper Park memanfaatkan bantaran sungai sebagai tempat kamu mendirikan tenda.

Suasana sejuk dilengkapi dengan pemandangan sungai yang mengalir bisa jadi sarana kamu untuk menenangkan diri sambil bercengkerama dengan teman. Bagi kamu yang khawatir akan keamanan, meskipun terletak di pinggir sungai lokasi perkemahan ini juga terletak dekat dengan fasilitas umum dan dilengkapi listrik, lho!

4. Pantai Watu Kodok

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk BerkemahCamping di Pantai Watu Kodok (sumber: instagram.com/pantai_watukodok)

Satu lagi tempat berkemah yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta, kali ini suasana berkemah kamu akan lebih berwarna dengan ditemani deburan ombak dan pasir pantai. Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pantai berpasir putih yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul.

Untuk mencapai pantai ini, kamu perlu berkendara kurang lebih 2 jam dari Kota Jogja. Harga tiket masuk untuk berkemah di sini hanya dikenakan sebesar Rp 20.000,- saja. Ingin suasana berkemah dengan ditemani pemandangan matahari terbenam dan ombak pantai? Yuk, datang kemari!

5. Watu Tapak Camp Hill

5 Objek Wisata di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Camping, yuk BerkemahWatu Tapak Camp Hill (sumber: instagram.com/watutapak)

Terakhir, untuk kamu yang ingin berkemah di Yogyakarta tapi tidak terlalu jauh dari Kota Jogja, Watu Tapak Camp Hill ini cocok sekali untuk kamu. Terletak di kawasan wisata Taman Tebing Breksi, Watu Tapak Camp Hill ini menawarkan suasana berkemah dengan pemandangan malam Kota Jogja dari ketinggian. Selain dapat dijadikan tempat berkemah, Watu Tapak Camp Hill ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lain seperti perkumpulan keluarga, acara senam, hingga gala dinner

Kegiatan berkemah bisa menjadi sarana melepas lelah sekaligus berkumpul dengan teman dan melakukan kegiatan seru. Pilihan tempat berkemah juga dapat disesuaikan dengan preferensi dan kesukaan masing-masing, mulai dari pantai, bukit, hingga sungai. Bagaimana? Sudah mendapatkan inspirasi tempat berkemah di Yogyakarta?

Baca Juga: 9 Rekomendasi Wisata Alam di Jawa Tengah yang Cocok untuk Self-Healing

Gita Photo Verified Writer Gita

Full-time teacher, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya