Comscore Tracker

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Wah, perlu kesini nih...

Tinggal di negara tropis, bikin kita selalu merasa kegerahan dengan udaranya yang benar-benar panas. Kalau udah begini keadaannya, salah satu jalan keluarnya adalah pergi ke kolam renang atau ke pemandian alam di daerah sekitar kita. Kebayangkan gimana segarnya? 

Nah, jika kamu sedang berada di Jawa timur, gak ada salahnya kamu menyempatkan diri untuk mengunjungi pemandian alam Banyu Biru yang ada di Pasuruan. Objek wisata yang dipercaya dapat membuat kita awet muda ini, selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal. Lokasi yang bertepatan di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan ini bisa kamu tempuh dengan kendaraan pribadi. Untuk tiket masuk ke pemandian alam Banyu Biru ini, kamu gak perlu mengocek dompet terlalu besar, karena dengan duit Rp. 5000 saja kamu bisa berenang sepuasnya.

Tapi, tahukah kamu? Ada fakta-fakta yang menakjubkan lainnya lho selain bikin kita jadi awet muda. Nah, berikut penjelasan 5 fakta yang perlu kamu ketahui.

1. Ikan yang dipercaya sebagai keramat. Tidak boleh seorangpun membawa ikan disana karena bisa mendapatkan musibah

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruanfandy2134.blogspot.com

Saat kamu datang kesini, jangan kaget kalau kamu akan melihat ratusan hingga ribuan ikan didalam kolam ini. Kamu memang akan berenang dan berbagi tempat dengan ikan-ikan disini. Tenang, kamu gak perlu takut karena mereka semua jinak. Jadi, kamu bisa berenang sebebasnya tanpa diganggu oleh mereka. Tetapi, lain halnya kalau kamu mencoba untuk mengusik atau membawa ikan-ikan ini ke rumah. Jangan salahkan keadaan kalau kamu akan mendapatkan balak dari perbuatanmu itu. 

Konon, ikan-ikan yang berwarna hitam yang biasa orang sebut sebagai ikan tombro itu adalah keramat atau bisa dibilang sebagai ikan dewa. Itulah alasan kenapa kita tidak boleh mengganggunya, bahkan membawa mereka pulang. Jadi, biarkan mereka berenang bebas di kolam ini ya guys

2. Pemandian alam Banyu Biru yang sudah ada dari masa kerajaan majapahit

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruanid.m.wikipedia.org

Tempat pemandian ini bukan objek wisata yang baru untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Justru, pemandian alam Banyu Biru ini sudah lama sekali menjadi tempat wisata, bahkan dari masa kerajaan majapahit. Wah, lama juga ya? 

 Pada saat itu memang tempat ini menjadi tempat peristirahatan dan pemandian pula bagi para raja dan petinggi kerajaan lainnya. Jadi, jangan heran kalau nanti kamu menemukan beberapa serpihan patung majapahit disini. 

3. Air yang dipercaya dapat membuat kita menjadi awet muda dan bisa menyembuhkan penyakit

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruanidntimes.com/gwenda-hasnaa-sarri

Namanya juga pemandian alam. Tentunya, air yang ada di kolam ini sumber mata airnya langsung datang dari alam. Gak salah lagi kalau kita benar-benar dibuat segar saat berenang disana.

Tapi, tahukah kamu? Air di pemandian alam Banyu Biru ini punya khasiat tersendiri lho. Dijamin, kita bisa menjadi awet muda karena airnya yang alami. Selain itu, air ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Meskipun memiliki khasiat yang luar biasa, para pengunjung tidak bisa membawa air ini pulang. Sama halnya dengan ikan tombro yang bisa memberikan balak jika kita mengusik atau membawanya. Nah, begitu juga dengan air yang ada disini. 

Jadi, lebih baik kamu menyempatkan untuk datang kesini ya guys, daripada harus membawa airnya pulang.

Baca Juga: 5 Pemandian Air Panas yang Cuma Bisa Ditemukan di Sumatera Utara

4. Kedalaman kolam yang bervariasi

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruanreresepan.com

Tidak seperti kolam renang atau pemandian alam lainnya yang memiliki kedalaman setara. Pemandian alam Banyu Biru ini justru berbeda, karena ada kedalamannya yang tidak sama dari satu titik ke titik lainnya. Permukaan dasar dari kolam Banyu Biru ini berbentuk batuan yang tidak beraturan.

Biasanya, setiap ujung-ujung kolam memiliki kedalaman yang masih bisa ditapaki oleh kaki kita. Tetapi, selang beberapa senti menuju tengah kolam, kamu sudah memasuki ke kedalaman yang kurang lebih 2,5 meter. Buat kamu yang masih belum terlalu pandai berenang, disini ada jasa penyewaan ban kok. Jadi, kamu masih bisa menikmati untuk berenang di kolam ini. Tapi, tetap harus berhati-hati yaa.

5. Ada hari-hari khusus ramai pengunjung yang biasanya dilakukan untuk hal ritual

Bikin Pengen Nyebur, Ini 5 Fakta Keren Pemandian Banyu Biru Pasuruanpasuruankabmuseumjatim.wordpress.com

Pemandian alam Banyu Biru ini sudah sejak lama banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Hampir setiap hari tidak pernah sepi dengan pengunjung yang ingin berenang disini. Tapi ternyata, ada hari-hari khusus yang benar-benar banyak sekali orang yang datang ke tempat ini. Biasanya, setiap jumat legi mereka akan datang untuk berendam di kolam atau melakukan suatu ritual khusus menurut kepercayaan mereka.

Selain itu, banyak juga orang yang datang di tiap hari raya kuningan. Karena memang, pemandian alam Banyu Biru ini sudah ada sejak peninggalan kerajaan majapahit. Maka dari itu, mereka datang kesini untuk melakukan ritual pula.

Nah, itulah 5 fakta yang ada tentang pemandian alam Banyu Biru ini guys. Gimana, ada rencana untuk datang kesini?

Baca Juga: 5 Wisata Sumber Mata Air di Jawa Timur yang Mempesona

Gwenda Hasnaa Sarri Photo Community Writer Gwenda Hasnaa Sarri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You