10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungi

Ada perayaan khusus untuk tikus dan ular lho

Karena drama dan film India kini sedang populer di Indonesia, banyak penontonnya yang mengenal festival atau perayaan Holi dan Deepawali. Kedua perayaan ini memiliki keunikan tersendiri bahkan sering muncul sebagai latar sebuah adegan atau tarian di film.

Tapi tahukah kamu kalau ada begitu banyak festival atau perayaan khusus di India. Sepuluh Festival ini contohnya.

1. Festival Hemis

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungimakemytrip.com

Pertunjukan tari topeng adalah daya tarik utama Festival Hemis. Penari topeng akan menceritakan kembali kisah-kisah mitologi kuno dan cerita rakyat mereka. Penari bertopeng mengenakan berbagai ornamen berupa tanduk, pita warna-warni, dan pakaian dengan warna mencolok.

Festival Hemis dilakukan untuk merayakan kelahiran Guru Padmasambhava, pendiri Buddhisme Tibet yang dengan gagah berani memerangi pelaku kejahatan demi melindungi orang-orang di daerahnya.

2. Festival Thimithi

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungiwhenonearth.net

Festival Thimithi memiliki kaitan erat dengan kisah Mahabharata. Kamu akan disuguhkan dengan kisah epik Mahabharata oleh rombongan drama disusul simbolisasi pernikahan akbar antara Arjuna dan Drupadi lalu pengorbanan hijra dan doa-doa.

Hal paling ditunggu dalam festival ini adalah aksi berjalan di atas api yang dilakukan sebagai penghormatan pada Drupadi yang berjalan di atas api untuk membuktikan kesucian dan keteguhannya untuk terus berpegang kepada dharma.

Bagi pengikutnya aksi ini dilakukan untuk penebusan dosa sekaligus sebagai wujud baktinya pada Drupadi yang dianggap sebagai reinkarnasi Mariamman, dewi hujan Hindu yang populer di Tamil Nadu.

3. Festival Onam

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungihoteleliteinternational.com

Festival Onam adalah festival musim panas untuk merayakan panen berlimpah dan berkat yang diberikan di wilayah ini. Festival ini dirayakan lebih dari 10 hari dengan melakukan pertunjukan seni, musik, budaya, makanan, dan pawai yang meriah.

Hal utama yang jadi pusat perhatian dalam festival ini adalah Pulikali atau Tarian Harimau di mana para penari akan menunjukkan tarian yang berpusat pada tema perburuan harimau. Kamu akan melihat hasil karya para seniman body painting yang melukis gambar harimau dan pemburu pada penari Pulikali.

Festival ini merupakan wujud penghormatan mereka pada pemerintahan Raja Mahabali. Karena pada masa pemerintahannya daerah kerajaan berada pada masa keemasan.

Rakyat damai dan makmur,  hasil panen juga melimpah, dan tidak ada penyakit atau prasangka dan pertikaian di sini. Makanya Raja Mahabali menjadi raja yang sangat dicintai dan dilakukan perayaan pada tiap tahunnya.

Baca Juga: 6 Summer Festival Besar di Korea yang Wajib Ada di List Liburanmu

4. Festival Olimpiade Pedesaan

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungitwitter.com/globaltimesnews

Festval olimpiade pedesaan atau yang dikenal dengan Rural Olympics Festival menampilkan berbagai pertandiangan olah raga yang unik dan menarik. Festival ini diadakan setiap tahun di Kila Raipur dekat Ludhiana. Festival ini pertama kali dimulai pada tahun 1933 oleh Inder Singh Grewal untuk merancang sebuah acara di mana petani dapat berpartisipasi dan menjunjung tinggi budaya mereka. 

Ada juga olah raga yang dipertandingkan seperti berlari, melompat, mengangkat, dan kegiatan lain untuk mengukur kekuatan dan kebugaran. Tapi yang paling menarik adalah orang-orang yang menunjukkan ketangkasan mereka dengan cara yang tidak biasa seperti menarik mobil dengan gigi, dilindas jeep, melompat di kobaran api hingga mengangkat benda dengan gigi.

Tak hanya pesertanya yang harus tampil berani, tapi penonton juga harus punya nyali karena beberapa olah raga yang ditunjukkan benar-benar ekstrem.

5. Festival Kumbh Mela

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungitripsavvy.com

Kumbh Mela merupakan pertemuan peziarah Hindu terbesar di dunia. Festival ini berlangsung selama tiga tahun sekali. Dirayakan di lokasi yang berbeda tergantung pada posisi planet Jupiter dan matahari. Seperti Sungai Gangga, Yamuna, Saraswati dan Godavari.

Penganut agama Hindu percaya bahwa dulu ketika terjadi pertarungan antara dewa dan asura, beberapa tetes nektar abadi yang diperebutkan jatuh ke sungai-sungai ini. Itulah mengapa umat Hindu berduyun-duyun untuk mandi di sungai-sungai ini sebagai bentuk peleburan dosa serta esensi dari keberuntungan dan kemurnian jiwa.

6. Festival Gurun Jaisalmer

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungitripsavvy.com

Festival Gurun Jaisalmer merupakan salah satu festival paling eksentrik di India. Festival yang berlangsung selama tiga hari memamerkan beragam keunikan India seperti tarian, kerajinan tangan, kostum warna-warni hingga kompetsi unik seperti pertandingan polo unta, ikatan turban hingga pria dengan kumis terbaik. 

Festival Gurun Jaisalmer merupakan tempat terbaik bagi kamu yang ingin berburu sovenir khas Rajasthan di bazar besar yang ada di kota ini. Kamu juga bisa menikmati aktivitas menunggang unta dan menari.

7. Festival Lath Mar Holi

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungisid-thewanderer.com

Jika kamu mengenal perayaan holi maka festival Lart Mar Holi merupakan perayaan yang berlangsung sekitar empat atau lima hari menjelang festival Holi. Festival ini merujuk pada kisah Krishna mengunjungi kota Barsana untuk bertemu Radha. Namun perempuan Barsana tersinggung dengan sikap Krisna yang terus menggoda mereka. Perempuan-perempuan itupun mengejar dan memukul Krisna.

Sejalan dengan kisah Krishna ini para pria dari desa Nandgoan akan datang ke kota Barsana untuk disambut oleh wanita Barsana yang siap mengejar dan memukul mereka dengan tongkat yang disebut lathis. Bagi pria yang tertangkap mereka harus siap mengenakan pakaian wanita dan menari di depan umum.

8. Festival Nag Panchami

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungitravelogyindia.com

Kalau di Indonesia kobra mungkin menjadi salah satu hewan yang paling dihindari namun hal berbeda akan kamu lihat ketika berkunjung ke India, terutama pada festival Nag Panchami. Kamu akan melihat susu, bunga dan manisan akan dipersembahkan pada dewa ular.

Festival ini dilakukan pada musim hujan di mana para perempuan yang sudah menikah akan memberi susu pada ular kobra untuk kesejahteraan keluarganya sekaligus melindungi diri mereka dari gigitan ular. 

9. Festival Karni Mata

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungiayurvedajournals.com

Bagi kebanyakan orang tikus merupakan hewan yang menjijikkan. Tapi di India tikus justru diperlakukan bak hewan peliharaan bahkan memiliki kuilnya sendiri. Festivalnya sendiri sebenarnya didedikasikan untuk Karni Mata, seorang pendekar wanita Hindu yang lahir dari kasta Charan. Karni Mata diyakini memiliki kekuatan gaib yang digunakan untuk melindungi rakyatnya.

Hal menarik dari festival ini adalah kehadiran ribuan ekor tikus yang menghuni kuil Karni Mata. Orang-orang akan memberi makan tikus yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Hal ini tak lepas dari legenda yang mengatakan bahwa tikut-tikus ini adalah reinkarnasi anak dan keturunan Karni Mata. Namun, legenda lain justru mengatakan kalau tikus-tikus ini adalah para prajurit yang dikutuk Karni Mata karena lari dari medan perang. Karena itu mereka harus melayani Karni Mata ini seumur hidupnya.

10. Festival Theyyam

10 Festival Unik di India yang Wajib Kamu Kunjungiallthatsinteresting.com

Festival Theyyam sebenarnya adalah ritual ibadah yang populer di Kerala. Festival ini biasanya diadakan dari bulan Oktober hingga Mei tiap tahunnya. Kamu akan melihat arak-arakan penuh warna dan tarian sakral yang akan di tampilkan di depan kuil. Dalam festival ini kamu juga akan disuguhkan dengan tampilan orang-orang dalam bentuk-bentuk dewa atau pahlawan dari kepercayaan setempat.

Festival ini umumnya menampilkan pertunjukan musik, nyanyian-nyanyian keagamaan, tarian lalu tata rias yang umumnya di dominasi warna oranye dan merah yang mencolok. Kamu juga akan melihat pakaian dan hiasan kepala yang unik pada tiap penarinya. 

Ternyata banyak juga ya festival unik yang ada di India. Meskipun umumnya merupakan ritual keagamaan, nyatanya festival-festival ini berhasil menarik minat wisatawan asing yang berkunjung ke sana. Kalau kamu tertarik gak untuk menyaksikannya?

Baca Juga: 6 Festival Musim Panas Terbaik di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You