Comscore Tracker

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetan

Patut kamu kunjungi nih!

Saat ini fungsi hutan mangrove memang bukan hanya untuk mencegah abrasi saja, tetapi sudah dimanfaatkan sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi. Salah satunya seperti di Jawa Tengah ini.

Jawa Tengah memang surganya bagi para traveller bukan hanya banyaknya tempat wisata gunung. Jawa Tengah juga menawarkan wisata alam hutan mangrove yang memiliki pemandangan yang indah, pokoknya cocok banget buat kamu yang suka foto-foto dan di upload di Instragram.

Berikut adalah 5 wisata hutan mangrove yang wajib kamu kunjungi ketika traveling ke Jawa Tengah. 

1. Taman Mangrove Morosari Demak.

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetaneksapedia.com

Pertama ada wisata hutan mangrove Morosari Demak, wisata yang beralamat di desa Bedono, Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah ini menawarkan pemandangan hutan mangrove yang asri dan indah. Untuk dapat masuk ke kawasan hutan mangrove kita cukup membayar uang parkir sebesar Rp. 2000. Cukup murah kan?

Selain bisa wisata alam kamu juga bisa sekaligus wisata religi, karena diujung hutan ada makam Ulama’ yakni makam Syeh Abdullah Mudzakir.

2. Mangrove EduPark, Semarang.

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetanadit220393.blogspot.co.id

Wisata ini berada di antara Pantai Maron dan ujung run way Bandara Ahmad Yani Semarang. Mangrove EduPark ini dibangun untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk menikmati indahnya mangrove. Belajar mencintai mangrove dan akhirnya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan pesisir dari ancaman abrasi dengan melestarikan mangrove.

Karena hutan mangrove ini berada di samping bandara Ahmad Yani Semarang, maka kamu juga bisa melihat secara langsung dan dekat ketika ada pesawat yang akan mendarat ataupun yang akan terbang. 

3. Hutan Mangrove Kebumen.

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetaninfokebumen.com

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu wilayah di pesisir laut selatan. Di Kabupaten Kebumen kamu bisa menjumpai pantai-pantai yang indah, bukan hanya pantainya saja yang indah tetapi di Kebumen juga mempunyai wisata alam hutan mangrove yang mempesona, wisata ini berada di Jalan Ayah - Karangbolong, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Untuk masuk wisata ini kamu cukup bayar Rp. 5000 saja, tetapi jika kamu juga mau berkeliling kawasan menaiki perahu juga bisa kok karena di sini juga disediakan penyewaan perahu. Spot yang paling menarik disini adalah adanya gazebo bertingkat, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan hutan dari atas gazebo.   

4. JM 'jembatan Merah' Wisata Hutan Mangrove Rembang.

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetanpixabay.com

Yups dari namanya saja kita sudah bisa menebak keunikan dari wisata yang satu ini, yaitu jembatan yang berwarna merah. Wisata yang terletak di Pasarbanggi, Kecematan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah menawarkan pemandangan hutan mangrove yang cantik serta adanya jembatan papan yang berwarna merah sehingga cocok banget buat kamu yang suka berfoto ria.

Untuk masuk wisata ini kamu cukup membayar Rp. 2000 saja, murah banget kan. 

5. Mangrove Park Pekalongan.

5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetankhairulleon.com

Kota yang berada di sebelah barat dari kota Semarang ini bukan hanya terkenal dengan penghasil kain Batiknya saja lho. Tetapi juga terdapat wisata alam hutan mangrove yang cantik. Wisata ini berada di Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Waktu yang tepat buat kamu berkunjung ketempat ini yaitu waktu sore hari karena suasana yang adem juga kamu bisa melihat matahari tenggelam dari menara pandang. Terlebih lagi kalau kamu bersama pasanganmu kamu bisa memasuki lorong cinta yaitu lorong yang terbentuk dari deretan pohon mangrove yang cukup rindang, kamu bisa menaiki perahu yang bisa disewa dengan membayar Rp. 15.000 saja. 

IBNU MUZAQI Photo Verified Writer IBNU MUZAQI

selalu yakin dalam melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya