Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia 

Tertarik untuk berkunjung ke sana?

Jika pada umumnya kamu mengenal sebuah pulau dikelilingi oleh lautan yang notabene berair asin, lain hal dengan Pulau Manitoulin. Pulau yang terletak di Danau Huron, yakni salah satu Great Lakes-nya Amerika ini adalah pulau air tawar dan terbesar di dunia.

Banyak fakta-fakta menarik yang wajib kamu ketahui dari pulau berukuran 2.766 km² ini. Yuk, simak penjelasannya!

1. Pulau Manitoulin adalah pulau air tawar terbesar di dunia

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia cruisemapper.com

Pada dasarnya, danau Huron adalah danau yang tercipta melalui aktivitas glasial. Aktivitas tersebut ternyata banyak menciptakan pulau-pulau batu kapur kecil hingga besar. Pulau-pulau tersebut salah satunya adalah pulau Manitoulin, yang dinobatkan sebagai pulau air tawar terbesar di dunia.

Melansir dari Britannica, Pulau Manitoulin berasal dari bahasa India Algonquian yang berarti roh. Pulau ini pertama kali dikunjungi tahun 1650 oleh misionaris Yesuit. Kini, pulau tersebut menjadi rumah bagi ± 13.255 orang per 2016.

Pulau Manitoulin sangat terkenal di kalangan wisatawan dan olagragawan, ujar laman Britannica. Mata pencaharian penduduk sini adalah penghasil susu, memotong kayu, bertani berbagai sayuran dan buah-buahan, hingga memancing.

2. Musim panas menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia instagram.com/adventuremanitoulin

Tatkala musim panas tiba, yakni antara Desember hingga Maret, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Bahkan melebihi populasinya itu sendiri. Jika penduduk asli hanya sekitar 13.255 per 2016, ketika musim panas tiba, pulau Manitoulin akan dihuni oleh ± 50.000 orang.

Selain aktivitas memancing, berenang hingga berlayar, di sini juga dapat melihat rusa ekor putih yang jumlahnya mencapai 24.000 ekor. Artinya, melebihi jumlah populasi pulau itu sendiri.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sejarah di Nova Scotia, Kanada yang Wajib Disinggahi

3. Manitoulin memiliki 110 danau

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia wanderingwagars.com

Kanada memang dinobatkan sebagai negara dengan jumlah danau terbanyak di dunia. Ternyata, dari sekian banyak danau di Kanada, 110 danau terdapat di pulau Manatoulin. Salah satu danau yang menarik adalah, Nameless Lake. Danau ini melarang akses keluar masuk kendaraan jenis apa pun yang berbahan bakar berupa gas maupun bensin.

4. Terdapat situs arkeologi bersejarah yang dinobatkan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia inspirock.com

Di pulau estetik satu ini, Thomas E. Lee pada tahun 1951 menemukan sebuah situs arkeologi bersejarah bernama Sheguiandah. Situs tersebut diperkirakan telah ada sejak 12.000 tahun yang lalu atau periode Paleo-India. Usai penemuan tersebut, tepatnya pada 1954, situs ini dijadikan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada.

Lebih lanjut pada tahun 1992, arkeolog Peter L. Storck dan Patrick Julig melakukan hal yang sama. Namun hingga saat ini, situs Sheguiandah masih menyisakan banyak tanda tanya di para arkeolog di sana.

5. Manitoulin menjadi rumah bagi banyak mercusuar bersejarah

5 Fakta Menarik tentang Manitoulin, Pulau Air Tawar Terbesar di Dunia wanderingwagars.com

Banyaknya aktivitas kapal kecil hingga komersial di Great Lakes membuat pemerintah dan penduduk setempat membangun banyak mercusuar untuk memastikan lalu lintas aman terkendali.

Sejak 1808, telah dibangun sebanyak 300 mercusuar. 70 di antaranya dibangun di Danau Huron dan Teluk Georgia. Sementara di Pulau Manitoulin sendiri terdapat sembilan mercusuar dan enam mercusuar di pulau-pulau sekitarnya.

Mercusuar-mercusuar tersebut di antaranya, Mississagi Lighthouse, South Baymouth Range Lighthouse, Strawberry Island Lighthouse, Janet Head Lighthouse dan lain-lain. Strawberry Island Lighthouse yang didirikan tahun 1881 bahkan masih digunakan hingga kini dan menajadi bangunan yang bernilai sejarah.

Itulah 5 fakta menarik tentang Pulau Manitoulin, pulau air tawar terbesar di dunia dan menjadi tujuan destinasi menarik di Kanada. Apakah kamu salah satu yang tertarik berkunjung ke sana?

Baca Juga: Lezatnya 5 Dessert dari Kanada, Wajib Dicoba untuk Kamu Penyuka Manis!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya