Comscore Tracker

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplor

Eksplor Perhentian Besar atau Kecil dulu, ya?

Jalan-jalan ke Negeri Jiran, gak melulu tentang Menara Petronas, Genting Highlands, atau keliling di pusat kotanya saja, lho. Sebagai negara yang diapit oleh Selat Malaka dan Laut Cina Selatan, Malaysia juga menawarkan wisata bahari yang menjanjikan.

Jika kamu sudah familiar dengan Pulau Penang atau Pulau Langkawi yang ada di sisi barat Semenanjung Malaysia, maka destinasi yang bakal diulas kali ini adalah tentang pulau di sisi timur Malaysia atau tepatnya di negara bagian Trengganu.

Bernama Kepulauan Perhentian, ada dua pulau terpisah yang bisa kamu sambangi, yaitu Pulau Perhentian Besar dan Pulau Perhentian Kecil. Lalu, spot keren mana saja di pulau tersebut yang wajib kamu eksplor? Simak ulasannya berikut!

1. Teluk Keke

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplorinstagram.com/kerii247

Dimulai dari Pulau Perhentian Besar, kamu dapat mengunjungi Teluk Keke, sebuah pantai di sisi barat daya pulau yang cocok untuk snorkeling dan diving sebab memiliki pesona bawah laut yang keren. Karena menghadap ke barat, kamu bisa menikmati cantiknya sunset dari bibir pantai.

Teluk Keke juga dikenal sebagai lokasi campsite paling poluler di Pulau Perhentian Besar. Meskipun banyak resor di pulau ini, tapi jika kamu menginginkan bermalam di bawah jutaan bintang dengan ditemani suara deburan ombak, maka menginap di campsite Teluk Keke adalah pilihan tepat.

2. Teluk Pauh

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplorinstagram.com/mshian63

Bergeser ke utara sedikit dari Teluk Keke, terdapat Teluk Pauh yang menawarkan garis pantai dengan pasir putihnya yang lembut. Ombaknya yang tenang dan sebening kristal membuat pantai di Teluk Pauh sangat aman untuk berenang. Terdapat pula batu-batu besar di sekitar pantai yang bakal cocok untuk lokasi berswafoto.

Ada banyak pilihan resor di kawasan Teluk Pauh. Dari bibir pantai, resor-resor tersebut hanya selemparan batu saja. Jadi, bagi kamu yang mencari penginapan nyaman di Pulau Perhentian Besar dengan akses langsung menuju pantai, kawasan Teluk Pauh adalah jawabannya.

Dari Teluk Pauh, kamu juga bisa mencapai Turtle Point atau Turtle Bay dengan mudah. Sesuai namanya, di lokasi tersebut kamu berkesempatan berjumpa dengan kawanan penyu yang mendiami kawasan.

3. Terumbu Tiga

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplorinstagram.com/miszamnie

Bagi kamu pecinta scuba diving, maka wajib banget menyelam di Terumbu Tiga saat mengunjungi Pulau Perhentian Besar. Titik selam ini ada di sisi timur pulau dan bisa dijangkau dengan menggunakan speed boat dari Teluk Pauh selama sekitar 20 menit.

Berbagai fauna dan flora bawah laut yang mengagumkan bisa kamu lihat di Terumbu Tiga. Terumbu karang berwarna-warni dari berbagai spesies, penyu, dan berbagai jenis ikan adalah pemandangan eksotis yang akan membuatmu enggan naik ke permukaan air.

Baca Juga: 7 Hal Seru di Bukit Tinggi, Malaysia yang Bikin Kamu Betah Liburan

4. Long Beach

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplorflickr.com/achillifamily

Setelah eksplor beberapa spot di Pulau Perhentian Besar, saatnya kamu beranjak ke Pulau Perhentian Kecil. Pulau ini terbilang lebih ramai wisatawan dibanding Pulau Perhentian Besar karena di Pulau Perhentian Kecil menawarkan lebih banyak guest house murah yang cocok untuk para backpacker.

Salah satu spot populer yang wajib kamu singgahi adalah Long Beach atau sering pula disebut Pantai Panjang. Terletak di bagian timur pulau, Long Beach memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir berwarna putih. Berbeda dengan Pulau Perhentian Besar, di sini kamu bisa menyewa payung pantai dan melakukan sunbathing.

Saat malam, Long Beach bakal terlihat makin ramai. Karena lebih didominasi oleh para backpacker, maka pantai ini sebetulnya kurang friendly buat kamu yang traveling membawa anak-anak.

5. Coral Bay

Ke Malaysia, 6 Spot Keren di Pulau Perhentian Ini Wajib Kamu Eksplorinstagram.com/nikashraf_86

Hampir serupa dengan Long Beach, Coral Bay juga menghadirkan pantai berpasir putih. Bedanya, jika Long Beach adalah lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise, maka Coral Bay adalah spot yang sempurna untuk melihat matahari terbenam.

Uniknya, Coral Bay bisa kamu capai dengan trekking menembus hutan melewati boardwalk dari Long Beach, lho. Seru banget, kan? Dengan air lautnya yang bening, snorkeling menjadi aktivitas yang bisa kamu lakukan di Coral Bay.

6. Tokong Laut

https://www.youtube.com/embed/L7U19liWsdo

Jika Pulau Perhentian Besar punya Terumbu Tiga sebagai diving site, maka Pulau Perhentian Kecil punya Temple of the Sea atau dalam bahasa lokal disebut sebagai Tokong Laut. Jangan ditanya gimana eksotisnya pemandangan bawah laut di diving site ini. Keren banget!

Di Tokong Laut, kamu bisa menyelam hingga kedalaman 30 meter. Di perairan dangkal, kamu bakal berjumpa dengan susunan terumbu karang lunak dengan warna yang spektakuler. Makin ke dalam, biota laut seperti black coral, gorgonians, dan sea fans menjadi pertunjukan yang bikin kamu gak berhenti berdecak kagum.

Kehidupan laut lainnya seperti penyu hijau, aneka jenis trigger fish, unicorn fish, dan beberapa jenis hiu juga meramaikan spot Tokong Laut. Bahkan, kamu bisa bertemu hiu paus di sini, meski keberadaannya jarang terlihat.

Wah, menarik sekali bukan mengeksplorasi Pulau Perhentian di Trengganu, Malaysia? Walaupun Indonesia punya kekayaan wisata bahari yang lebih beragam, namun gak ada salahnya menengok destinasi pantai dan laut di negeri tetangga. Jadi, kapan main-main ke Pulau Perhentian, guys?

Baca Juga: 5 Nasi Lemak Terbaik di Kuala Lumpur Malaysia, Jangan Lupa Singgah!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya