Comscore Tracker

5 Pesona Banyumala Twin Waterfalls, Air Terjun Cantik di Buleleng Bali

Another paradise in Pulau Dewata #LokalIDN

Buat kamu yang berniat mengeksplorasi Bali bagian utara, ada banyak pilihan air terjun yang bisa kamu sambangi, lho. Jarak antar lokasi air terjun tersebut terbilang gak begitu jauh. Namun, kalau kamu pengin lebih puas menikmati satu destinasi, lebih baik pilih satu air terjun saja untuk dijelajahi seharian.

Salah satu rekomendasi air terjun cantik di Bali utara, tepatnya di kabupaten Buleleng, adalah Banyumala Twin Waterfalls. Jika kamu datang dari arah kawasan wisata Bedugul, kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

Lalu, bagaimana pesona air terjun kembar yang sukses menarik perhatian wisatawan domestik maupun turis asing itu? Berikut ulasan lengkap Banyumala Twin Waterfalls.

1. Letaknya tersembunyi

5 Pesona Banyumala Twin Waterfalls, Air Terjun Cantik di Buleleng Baliinstagram.com/finahidayat_

Mencapai air terjun Banyumala memang butuh sedikit perjuangan. Sebab letaknya yang terbilang tersembunyi, yakni memerlukan trekking santai sekitar 20 menit dari area parkir kendaraan.

Jalur yang terus menurun menembus hutan dan melewati banyak anak tangga adalah sensasi petualangan yang perlu kamu lewati demi berjumpa dengan paradise di bawah sana.

2. Dua air terjun berdampingan

5 Pesona Banyumala Twin Waterfalls, Air Terjun Cantik di Buleleng Baliinstagram.com/lostinmymoment_

Setibanya di anak tangga terakhir, bersiaplah merasakan takjub dengan kecantikan dua air terjun berdampingan yang kemudian bercabang menjadi beberapa air terjun kecil di bawahnya. Itulah mengapa destinasi ini dikenal dengan Banyumala Twin Waterfalls.

Sebelum air mencapai kolam, kucuran air tersebut bakal melewati tebing berbatu yang ditumbuhi hidrofit dan lumut. Dikelilingi bermacam jenis pohon di sekitar lokasi, membuat air terjun Banyumala tampak sejuk dan alami. Sempurna banget untuk menyegarkan mata.

Baca Juga: 6 Air Terjun Indah di Gianyar Bali yang Wajib Masuk Destinasi Wisatamu

3. Air yang super jernih dan dangkal

5 Pesona Banyumala Twin Waterfalls, Air Terjun Cantik di Buleleng Baliinstagram.com/swankytraveler

Melongok dari atas kolam, kamu bisa menjumpai bebatuan di dasarnya dengan jelas karena saking jernih air yang memenuhi kolam tersebut. Gak hanya super jernih dan bersih, tapi juga tenang dan dangkal sehingga terbilang sangat aman untuk kamu yang pengin berenang.

Eits, namun tetap perhatikan dan patuhi rambu-rambu tak tertulis saat kamu bermain di alam, ya. Jangan ambil apa pun kecuali gambar, jangan tinggalkan apa pun kecuali jejak, dan jangan bunuh apa pun kecuali waktu.

4. Fasilitas yang memadai

5 Pesona Banyumala Twin Waterfalls, Air Terjun Cantik di Buleleng Baliinstagram.com/dewiudiyantarii

Sejak resmi dibuka sebagai obyek wisata pada tahun 2015 silam, kawasan wisata air terjun Banyumala terus berbenah menyediakan sarana dan prasarana bagi pengunjung. Salah satunya adalah ketersediaan toilet. Jika dulu belum ada kamar mandi umum, sekarang kamu gak perlu bingung saat ingin berganti pakaian atau buang air kecil.

Akses jalan dari tempat parkir menuju spot air terjun juga sudah makin baik. Bahkan, sekarang sudah ada jembatan bambu di atas aliran sungai dari air terjun yang bikin destinasi ini makin menarik dan instagenic.

5. Bekal menuju air terjun Banyumala

Bekal fisik adalah yang utama. Terlebih saat di perjalanan pulang karena kamu harus mendaki anak-anak tangga. Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman supaya trekking kamu tetap aman.

Kalau kamu berniat merasakan kesegaran air di Banyumala, jangan lupa membawa baju ganti. Gak sedikit pengunjung yang menyesal karena gak menyempatkan mencebur ke kolam lantaran mereka gak bawa baju ganti. Jadi, jangan sampai kamu ikut-ikutan menyesal juga, ya.

Dengan semua pesona dan lanskap yang ditawarkan, hidden treasure di Buleleng ini sangat layak masuk bucket list kamu. Kamu cukup merogoh kocek Rp20 ribu per orang dan tarif parkir sebesar Rp5 ribu saat berkunjung ke Banyumala Twin Waterfalls. Tertarik gak, nih?

Baca Juga: 10 Mall di Bali untuk Rekomendasi Tempat Nongkrong dan Belanja

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya