Comscore Tracker

Mendaki Santai ke Bukit Holbung Samosir, 5 Info Ini Wajib Kamu Catat

Bersiaplah terhipnotis dengan pesonanya #LokalIDN

Belum kuat mendaki gunung, gimana kalau kamu cobain mendaki bukit saja? Indonesia punya banyak banget bukit cantik yang bisa kamu naiki sampai ke puncaknya, lho. Salah satu yang pantang terlewat adalah bukit Holbung yang berlokasi di desa Dolok Raja, kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Banyak yang sudah tahu tentang kecantikan bukit di tepian danau Toba tersebut, namun gak sedikit pula yang belum pernah mendengarnya. Kalau kamu penasaran seperti apa bukit Holbung dan tertarik mengunjunginya, simak artikel berikut sampai selesai, ya!

1. Menuju bukit Holbung

Mendaki Santai ke Bukit Holbung Samosir, 5 Info Ini Wajib Kamu Catatinstagram.com/mudi_tm95

Bukit Holbung bisa dicapai via darat menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu datang menggunakan pesawat dari luar kota, sebaiknya pilih bandara Silangit saja sebagai tujuan mendarat karena jaraknya ke bukit Holbung jauh lebih dekat dibanding bandara Kualanamu, yaitu hanya sekitar 2,5 jam perjalanan.

Mendekati kawasan Tele, tepatnya di desa Turpuk Limbong, jalur mulai terasa berkelak-kelok, tapi menghadirkan panorama yang mulai eksotis.

Kalau kamu ada waktu lebih, sempatkan mampir sejenak ke Menara Pandang Tele sebagai pemanasan sebelum menilik view yang lebih kece di puncak bukit Holbung.

2. Mendaki bukit Holbung hingga puncak

Mendaki Santai ke Bukit Holbung Samosir, 5 Info Ini Wajib Kamu Catatinstagram.com/nomensensitorus

Setibanya di area parkir kendaraan sekaligus titik awal pendakian, kamu bisa istirahat sebentar dan isi tenaga di warung terdekat. Kamu bisa sekalian membeli minum dan camilan untuk perbekalan selama pendakian ke bukit Holbung.

Durasi pendakiannya sendiri gak terlalu lama, hanya sekitar 20-30 menit. Kamu bakal melewati beberapa bukit sebelum akhirnya sampai di puncak bukit. Walaupun kawasan bukit Holbung berada di ketinggian sekitar 900 mdpl dan memiliki udara sejuk, namun teriknya matahari tetap terasa, terutama saat cuaca sedang cerah.

Gak ada pohon untuk berteduh di sepanjang bukit, sehingga pastikan fisikmu benar-benar prima.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Samosir Paling Populer, Nikmat Abis!

3. Lanskap bukit dan danau yang begitu memukau

Mendaki Santai ke Bukit Holbung Samosir, 5 Info Ini Wajib Kamu Catatinstagram.com/enisinaga17

Bersiaplah karena kamu akan terhipnotis dengan hamparan savana di atas bukit yang sering dijuluki bukit Teletubbies saat kamu sudah tiba di titik paling atas.

Berbeda dengan bukit Teletubbies di kawasan gunung Bromo atau bukit Wairinding di Waingapu, NTT yang hanya mewarkan panorama perbukitan, bukit Holbung tampil berdampingan dengan danau! Tentu saja lanskap yang tersaji auto bikin speechless siapa pun yang memandang.

Sebagai danau terluas di Indonesia, pemandangan danau Toba dari atas bukit Holbung terlihat seperti lautan yang diapit bukit-bukit. Rumah-rumah penduduk di kejauhan telihat kecil bak miniatur.

4. Berkemah di bukit Holbung

Mendaki Santai ke Bukit Holbung Samosir, 5 Info Ini Wajib Kamu Catatinstagram.com/dipposnaibaho_

Saking cantiknya view dari atas bukit Holbung, gak sedikit wisatawan yang mendirikan tenda di atasnya dan menyempatkan bermalam. Meluangkan waktu untuk menginap di bukit Holbung bakal memberimu kesempatan menyaksikan sunset dan sunrise.

Hanya saja ketika kamu memutuskan berkemah di sini, kamu wajib memperhatikan kebersihan area bukit Holbung, ya. Jangan sampai kamu meninggalkan sampah yang bikin bukit Holbung menjadi kotor.

5. Biaya retribusi dan sedikit tips

Dengan suguhan panorama seelok itu, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 sebagai biaya retribusi masuk kawasan bukit Holbung. Sangat terjangkau, bukan? Jika ingin mendirikan tenda, ada tambahan biaya gak lebih dari Rp10 ribu per orang. Tarif yang terbilang sangat terjangkau mengingat bukit Holbung begitu memesona.

Sedikit tips untuk kamu yang ingin mengeksplorasi bukit Holbung, kenakan alas kaki yang nyaman untuk pendakian ke bukit. Datanglah saat musim hujan bila ingin melihat bukit berwarna hijau cerah, atau datang ketika musim kemarau kalau lebih tertarik menyaksikan bukit dalam kondisi kering kecokelatan.

Hmm, sungguh sebuah destinasi yang menggelitik untuk didatangi, kan? Siapkan kamera full battery agar kamu bisa puas mendokumentasikan perjalananmu ke bukit Holbung, Samosir.

Baca Juga: 9 Fakta tentang Pulau Samosir yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya