Comscore Tracker

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahi

Sawah aja bisa secantik ini lho!

Akhir pekan lagi-lagi datang menyapa. Alih-alih liburan ke pantai atau gunung, pernah gak sih kamu berpikir untuk berlibur mengunjungi sawah? Eits, jangan salah. Sawah di beberapa daerah berikut bukan sekadar sawah biasa.

Karena berundak-undak, sawah ini disebut sebagai terasering. Spotnya amat cantik dan instagenic. Yang paling penting, semua wisata terasering ada di Indonesia. Hmm, mau tahu di mana saja kamu bisa berwisata terasering? Ini dia tempatnya.

1. Terasering Danau Maninjau, Kabupaten Agam

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahipesona.travel

Selain dimanjakan oleh pemandangan danau Maninjau yang cantik banget, kamu juga sekaligus bisa melihat panorama terasering di tepian danaunya lho. Perpaduan danau dan areal sawah bertingkat yang terletak di provinsi Sumatera Barat ini tentu jadi pengalaman berwisata yang menakjubkan.

2. Terasering Panyaweuyan, Kabupaten Majalengka

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiinstagram.com/rikza_zainul_umam

Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memang familier banget dengan area terasering di kaki gunung Ciremai. Siapa sangka, berkat kecanggihan internet, terasering Panyaweuyan makin terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan.

Gak heran bila banyak traveler yang penasaran dengan wisata sawah ini. Pasalnya lokasinya memang super cantik dengan ketinggian kontur tanah yang beragam. Harga tiket masuknya pun terjangkau. Kalau mau dapat foto yang ciamik, datanglah saat sunrise atau menjelang sunset.

3. Terasering Trenggalek, Jawa Timur

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiinstagram.com/visit.trenggalek

Gak banyak traveler yang tahu ada wisata apa saja di Trenggalek. Rupanya, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Tulungagung, Ponorogo, dan Pacitan ini juga menyimpan wisata terasering yang gak kalah cantik.

Kamu bisa menjumpai petak-petak sawah berwarna hijau yang berkolaborasi dengan perbukitan dan pohon-pohon kelapa. Dijamin kamu bakal punya background foto selfie yang ciamik.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Baru di Surabaya, Belum Banyak yang Tahu Nih!

4. Terasering Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiinstagram.com/visittoraja

Siapa yang mengira, Tana Toraja yang terkenal dengan wisata kuburan, ternyata juga menyimpan wisata terasering yang indah. Terletak di jalur trekking Pangala-Kepe-Limbong-Ma’dong-Rantepao, teras sawah di Tana Toraja ini memiliki kontur tanah yang landai. Adanya gunung Sesean menjadi latar belakang yang megah untuk kamu berswafoto di sana.

5. Terasering Tegalalang, Ubud, Kabupaten Gianyar

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiinstagram.com/jco__photography

Nah, kalau kamu berencana traveling ke Bali, jangan lupa melipir ke desa Ubud, Kabupaten Gianyar. Di sini kamu akan menemui wisata terasering yang sudah tersohor di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tepatnya di terasering Tegalalang.

Tiba di sana, kamu bakal dimanjakan dengan hamparan sawah berundak kehijauan yang begitu eksotis berpadu dengan pohon nyiur di sekelilingnya. Gak cuma menawarkan panorama alam yang memikat, di sekitar terasering Tegalalang juga banyak dijumpai warung, restoran, serta toko oleh-oleh. Kamu bakal semakin betah deh berlama-lama ada di Tegalalang.

6. Terasering Jatiluwih, Kabupaten Tabanan

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiinstagram.com/deade_bali

Masih berada di pula Dewata, kali ini kamu harus mengarahkan tujuanmu ke kabupaten Tabanan. Pesona terasering di Tabanan ini juga gak kalah cantik dibanding terasering di Ubud. Saking cantiknya, presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama, pernah mengunjunginya juga.

Dikenal sebagai terasering Jatiluwih, sawah berundak-undak di sini tertata sangat indah dan rapi bak lukisan alam. Luasnya bahkan mencapai 600 hektar. Bukan cuma penampilan fisiknya saja yang menjadikan terasering Jatiluwih istimewa, Subak atau sistem irigasi tradisional Bali di Jatiluwih juga sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Wah, keren banget!

7. Terasering Detusoko, Kabupaten Ende

Instagenic, 7 Wisata Terasering di Indonesia Ini Wajib Kamu Jelajahiflores-borneo.blogspot.com

Wisata terasering masih bisa kamu jumpai di belahan Indonesia timur lho. Tepatnya di desa Wologai, kecamatan Detusoko, kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Awal mula dibukanya persawahan di desa Wologai adalah karena lokasi tersebut memiliki tanah yang subur, terdapat banyak sungai, dan memiliki iklim yang cocok untuk menanam padi. Karena merupakan daerah dataran tinggi, maka dibentuklah terasering sebagai penahan air untuk mencegah terjadinya erosi sekaligus menyediakan media tanam.

Kini, selain sebagai sumber mata pencaharian, terasering desa Wologai di Detusoko yang memesona juga semakin ramai didatangi wisatawan. Kamu juga pasti penasaran kan melihat indahnya persawahan bertingkat yang berpadu dengan lereng, bukit, dan aliran sungai deras di bawahnya?

Nah, sekarang kamu jadi makin punya banyak referensi liburan nih. Jalan-jalan mengasyikan gak cuma ke pantai atau gunung saja ya. Panorama sawah yang menjelma jadi wisata terasering juga gak kalah memesona.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggung

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You