Comscore Tracker

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggung

Ada yang seperti di Danau Kawaguchi, Jepang, lho!

Temanggung merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini pernah dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau. Sehingga sebagian besar wilayahnya berupa dataran tinggi dan berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sudah terbayang betapa sejuknya udara di sana?

Dataran tinggi yang ada di Temanggung tentu bukan sekedar memberi udara sejuk. Panorama yang indah pun sayang untuk dilewatkan. Apalagi bagi kamu penyuka wisata alam dan fotografi. Kamu bisa berkunjung ke spot-spot kece untuk diabadikan.

Berikut ini destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Temanggung.

1. Embung Kledung

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/gepemoto

Embung merupakan tangkapan air hujan buatan yang berfungsi untuk menampung air ketika musim penghujan. Kemudian dapat digunakan sebagai sumber air ketika musim kemarau. Namun, Embung Kledung ini juga dijadikan destinasi wisata yang sangat menarik.

Berlatarkan Gunung Sindoro yang megah dan udara sejuk khas pegunungan akan membuatmu seperti di Danau Kawaguchi, Jepang. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan dari gardu pandang di kawasan wisata ini. Jika ingin menikmati indahnya bunga juga ada agrowisata di kawasan tersebut.

2. Embung Tlogopucang

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/trendych

Ada satu lagi embung yang dijadikan tempat wisata di Temanggung. Embung Tlogopucang ini berlatar Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan GununGunude. Tentu tidak kalah menarik dengan Embung Kledung.

Buat kamu yang ingin suka berwisata alam, tidak ada salahnya mencoba untuk berkemah di kawasan ini. Bagi yang hobi fotografi bisa mengabadikan indahnya senja di sini. Selain itu, ada hutan pinus yang bisa kamu jadikan spot foto kekinian.

3. Wisata Alam Mijil Loka

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/wisata_alam_mijilloka

Wisata alam satu ini cocok buat kamu penikmat sunrise. Ada gardu pandang untuk menikmati keindahan panorama dan matahari terbit. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro membuatmu makin betah berlama-lama di sini. Selain itu, tersedia camp ground bagi kamu yang ingin berkemah di sini.

Baca Juga: Gak Cuma Danau Toba, Ini 5 Tempat Wisata yang Instagenic di Sumut

4. Wisata Alam Posong

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/pendek_adv

Tidak jauh berbeda dengan Wisata Alam Mijil Loka, kamu bisa menikmati golden sunrise di Posong. Tempat ini cukup terkenal dan mudah untuk dijangkau. Lokasinya sama-sama di lereng Gunumg Sindoro dan dilengkapi dengan camp ground, gardu pandang dan flying fox.

Jika kamu ingin menikmati sunrise bisa datang pukul 04.00 WIB, tempat wisata ini sudah dibuka. Kamu pun bisa menikmati langit bertabur bintang di malam hari ketika cuaca sedang cerah.

5. Watu Layah

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/wildasembiring_

Tempat wisata yang lagi hits di Temanggung ini cocok buat kamu yang suka berswafoto dengan pemandangan khas pegunungan. Ada gardu pandang dan beberapa spot foto dengan tulisan 'nyleneh'. Serta udara yang sejuk membuatmu betah berada di sini.

6. Curug Titang

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/warawiriindonesia

Kalau kamu yang ingin menikmati segarnya air pegunungan bisa datang ke Curug Tintang. Kamu pun bisa mandi atau sekedar menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

Selain itu, buat kamu yang suka fotografi bisa mengambil gambar dari atas curug. Ketika cuaca sedang cerah bisa memberikan efek berupa bias cahaya yang seperti pelangi. Curung atau air terjun ini berada di Kecamatan Tembarak, Temanggung.

7. Hutan Rasamala

7 Rekomendasi Destinasi Wisata yang Kece Banget di Temanggunginstagram.com/nofandeslimme

Buat kamu yang ingin berwisata di tempat yang asri dengan hijaunya pepohonan, bisa berkunjung ke Hutan Rasamala. Di antara pepohonan yang menjulang tinggi terdapat sebuah Pohon Walitis yang mencapai tinggi 30m dengan diameter 7,5m.

Selain itu, Pohon Rasamala sendiri memang termasuk pohon berukuran besar dan dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Tapi, tenang saja, kamu tetap bisa berswafoto di sini dan tetap instragamable.

Jika tertarik untuk berwisata ke Temanggung, kamu bisa melalui jalur selatan, Jogja-Magelang. Kamu juga bisa lewat Semarang-Ambarawa. Ketika memasuki kabupaten ini, kamu akan merasakan hawa sejuk dan sering berkabut pada ketinggian tertentu. 

Dari destinasi wisata di atas, mana nih yang sudah menarik hatimu?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi, Indah & Instagramable Banget!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You