Comscore Tracker

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu Kunjungi

Belajar sambil berwisata guys!

Berwisata ke Sulawesi Selatan tak bisa dipungkiri banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Salahsatunya pantai, gunung, danau dan lain sebagainya. Namun semakin banyaknya objek wisata tersebut banyak yang mulai lupa dengan tempat-tempat bersejarah dan cagar alam yang dimiliki suatu wilayah.

Padahal objek wisatanya juga tak kalah bagus dengan yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa menambah wawasan lho. Nah, kalau kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan jangan lupa buat mampir ke tempat-tempat ini ya. Selain objeknya yang bagus kamu juga bisa memperoleh wawasan terhadap perkembangan budaya dan cerita singkat kerajaan-kerajaan pada zaman dahulu.

1. Benteng Sombu Opu

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/sonnyasfan

Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Sombu Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Jaraknya relatif dekat sekitar 6 km dari pusat kota Makassar.

Banyak objek disini yang bisa kamu pelajari. Bangunan benteng terbuat dari batu bata dan merupakan saksi bisu pertarungan Pangeran Hasanuddin melawan penjajah guna merebut kedaulatan negerinya. Tak jauh dari kawasan ini kamu juga bisa melihat berbagai macam rumah tradisional daerah Makassar.

2. Benteng Fort Rotterdam

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/aduafander

Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Gowa-Tallo. Letak Benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar. Tepatnya di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang Kota Makassar. Benteng ini merupakan benteng termegah yang masih terjaga keasliannya.

3. Keraton Raja Gowa

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/anak_esa

Keraton Raja Gowa berdiri pada tahun 1936, yaitu di masa pemerintahan I Mangngi Mangngi Daeng Mattutu yaitu Raja Gowa ke-31. Arsitektur bangunannya berbentuk rumah khas Bugis. Yang dicirikan dengan rumah panggung yang mempunyai tangga setinggi lebih dari dua meter yang digunakan untuk menuju ruang teras bangunan.

Museum Balla Lompoa iniini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48, Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Makassar.

Baca Juga: Yuk Berkunjung ke Towuti, Danau Purba di Sulsel yang Penuh Pesona

4. Tana Toraja

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/marqibti

Kabupaten Tana Toraja merupakan salahsatu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibokota kabupaten Tana Toraja yaitu Makale. Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan maaih mempertahankan gaya hidup yang khas.

Daerah ini adalah salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan. Selain pemandangan yang masih asri, kamu juga bisa berpose dengan background rumah asli Tana Toraja.

5. Makam Raja-raja Tallo

5 Cagar Alam & Peninggalan Sejarah Sulsel yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/tripmakassar_toraja

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo Makassar ini didirikan pada abad ke-17. Tempat ini digunakan sebagai makam penguasa Tallo sampai abad ke-19. Pemandangan di dalam kompleks Makam Raja-Raja Tallo Makassar masih terlihat hijau asri, di bawah naungan pohon-pohon tua berukuran besar yang rindang daunnya mampu meneduhkan dari cahaya matahari.

Gimana guys, sudah punya gambaran belum liburan ke Sulawesi Selatan. Semoga ketika kamu berkunjung di tempat ini makin membuka wawasan sejarahmu ya.

Baca Juga: 8 Air Terjun Paling Seger yang Ada di Sulsel, bikin Susah Berpaling! 

Ismi Marfuah Photo Community Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Anak logika yang suka karya sastra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You