Comscore Tracker

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Ini

Pesonanya bikin seger dan adem #LokalIDN

Yogyakarta memang memiliki keindahan alam yang tidak bisa diremehkan. Selain menjadi pusat tempatnya para pelajar, Yogyakarta memang sudah dikenal sebagai kota wisata. Dan salah satu wisata yang diincar adalah air terjun yang ada di Kulon Progo.

Ternyata, air terjun yang indah dan eksotis tidak hanya ada di Kulon Progo saja, Bantul juga memiliki air terjun yang sangat eksotis dan wajib untuk kamu kunjungi ketika melancong ke Yogyakarta.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan air terjun tersebut, silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Grojogan Lipo Dlingo

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Iniinstagram.com/gembell_bpckr

Suara air yang gemericik mengalir terdengar sangat jelas dari kejauhan. Dan suara indah tersebut akan menyambut para pengunjung yang datang. Dari kejauhan, para wisatawan akan melihat anak sungai dengan bebatuan yang indah. Tidak hanya itu saja, warna airnya juga sangatlah jernih agak kehijauan.

Di tempat ini ada sebuah kedung atau kolam yang bisa dijadikan tempat untuk berenang dengan air yang sumbernya dari alam langsung. Apalagi ditambah suasana yang sejuk dengan pepohonan rindang, makin menambah eksotis tempat ini.

Lokasi : Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Curug Banyunibo

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Iniinstagram.com/nasirjosadewan

Air terjun ini memiliki ciri khas tersendiri, walaupun tidak sederas dan setinggi air terjun lainnya. Salah satunya adalah aliran airnya yang mengalir dari atas sangatlah indah dengan membentuk beberapa anak air yang jatuh ke bawah.

Dari kejauhan, wisatawan bisa melihat anak sungai berbatu dan akan disambut dengan air terjun cantik yang memanjakan mata. Di sekitar air terjun terdapat tempat duduk yang nyaman digunakan untuk sekedar menikmati keindahan air terjun tanpa perlu berenang.

Lokasi : Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: 8 Air Terjun Unggulan di Kota Kudus, Merasakan Surga Negeri Para Wali

3. Curug Pulosari

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Iniinstagram.com/nindy_dwipratiwi

Curug Pulosari sebenarnya adalah sebuah air terjun yang airnya bersumber dari beberapa aliran sungai di lokasi Curug Pulosari. Pancuran air terjunnya sangatlah indah dan mempesona untuk diabadikan dalam sebuah kamera.

Pemandangan yang bisa dilihat dari curug ini adalah perbukitan dengan pepohon rimbun yang membuatnya semakin eksotis. Cocok sekali untuk foto foto cantik sambil main air di sini.

Lokasi : Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Air Terjun Tuwondo

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Iniinstagram.com/jogjagoldstory

Nah, kalau yang satu ini tidak perlu diragukan lagi pesona eksotisnya. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil bermain air, berenang, atau hanya sekedar berfoto foto. 

Dan perlu kamu ketahui bahwa kedalaman air terjun Tuwondo kurang lebih tiga meter. Karenanya, jika ingin berenang di tempat ini harus benar benar mahir dalam berenang. Sebab bisa saja membahayakan bagimu jika tidak bisa berenang dengan kedalaman tersebut.

Lokasi : Lemah Abang, Banyakan 3, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Air Terjun Randusari

Tidak Hanya Kulon Progo, Bantul Juga Memiliki 5 Air Terjun Eksotis Iniinstagram.com/romi_abdurrahman

Air terjun Randusari merupakan air terjun yang memiliki pesona eksotis dan membuat seger para pengunjung. Air terjunnya memiliki ketinggian mencapai 15 meter dengan kedalaman mencapai 3 meter. Maka perlu diperhatikan juga jika ingin berenang di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi air terjun Randusari perlu melwati jalan Wonosari dan melewati jalur wisata gunung Api Purba Nglanggeran. Dan sesampai di tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan kenikmatan alam yang begitu indah. Suara air jatuhnya membuat wisatawan selalu ingin kembali ke tempat ini.

Lokasi : Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Itulah destinasi wisata air terjun eksotis yang ada di Bantul, Yogyakarta. Pemandangan yang indah dan bisa sambil main air. Dan perlu diperhatikan untuk selalu menjaga keselamatan, apalagi berada di destinasi air terjun dengan kedalaman yang tidak direkomendasikan untuk berenang.

Baca Juga: 5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!

jabal nur Photo Verified Writer jabal nur

Rebahan tanpa harus gibah dan memfitnah diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya