Comscore Tracker

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!

Yuk, nikmati pemandangan sunset dari atas bukit! #LokalIDN

Selain wisata sejarah dan kulinernya, banyak orang yang sengaja berkunjung ke Yogyakarta untuk menikmati pemandangan alamnya. Banyak destinasi wisata alam yang memang ditawarkan di kota ini mulai dari pantai, hutan pinus, hingga perbukitan.

Salah satu destinasi wisata alam yang kini sedang digemari adalah wisata alam di daerah perbukitan. Letaknya yang berada di ketinggian membuatmu dapat melihat pemandangan alam yang tak biasa.

Banyak pula orang yang berkunjung ke kawasan ini untuk menikmati momen sunrise dan sunset serta melihat kemerlap lampu kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian.

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan alam dan indahnya kota Yogyakarta dari ketinggian, simak beberapa rekomendasi wisata bukit di bawah ini ya!

1. Bukit Isis 

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!alodiatour.com

Berlokasi di Kulonprogo, bukit Isis menawarkan tempat untuk menikmati keindahan pemandangan alam. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, disarankan untuk datang di pagi atau sore hari agar tidak melewatkan indahnya pemandangan sunrise atau sunset di area perbukitan.

Di tempat ini pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan beberapa pegunungan sekaligus seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dari ketinggian. Terdapat pula spot dengan ayunan yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan sembari bersantai.

Bukit ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang dan banyak pula pengunjung yang datang jauh-jauh untuk mengabadikan momen di tempat ini.

2. Bukit Panguk Kediwung 

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!antarejatour.com

Meskipun tergolong sebagai destinasi wisata baru, bukit Panguk Kediwung ternyata telah mampu menarik perhatian banyak orang. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah pemandangan sunrise yang indah serta hamparan bukit hijau yang berselimut kabut di pagi hari.

Untuk mendapatkan momen ini, banyak pula yang akhirnya memutuskan untuk menyewa penginapan terdekat. Belokasi di Kabupaten Bantul, tempat ini bisa dibilang masih cukup mudah untuk dijangkau dan hanya berjarak sekitar 24 km dari pusat kota. Selain itu, tiket masuknya pun tergolong murah yaitu hanya sebesar Rp7.000 saja.

Meskipun belum banyak fasilitas yang tersedia, namun terdapat warung kecil yang bisa kamu jadikan tempat untuk sekedar menyeduh teh atau kopi sambil menikmati pemandangan.  

Baca Juga: 10 Spot Menikmati Sunset Terbaik di Yogyakarta, Pesonanya Juara!

3. Bukit Lintang Sewu 

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!viskrenus.co.id

Jika beberapa bukit lain menawarkan keindangan pemandangan alam dan pegunungan, bukit Lintang Sewu justru menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk melihat pemandangan kota Yogyakarta di malam hari dari ketinggian. Dari tempat ini, kerlip lampu kota terlihat layaknya bintang bertaburan dan karena inilah bukit ini bernama Lintang Sewu yang memiliki arti seribu bintang.

Banyak pula pengunjung yang sudah datang sejak sore hari untuk menyaksikan indahnya sunset di tempat ini. Selain itu, bukit Lintang Sewu juga dilengkapi dengan area camping ground serta beberapa gardu pandang yang disediakan sebagai spot terbaik untuk mengambil gambar.

Bukit ini berlokasi di Kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

4. Bukit Klangon 

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!visitingjogja.com

Bukit Klangon atau yang juga dikenal dengan Klangon Hills adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam. Melalui bukit ini, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas. Selain itu, bukit Klangon juga seringkali dijadikan sebagai area camping.

Pengunjung yang akan camping di tempat ini harus membawa alat-alat sendiri dan area camping hanya dibuka di malam Sabtu, malam Minggu, dan malam hari libur nasional. Selain itu, jumlah orang yang camping dibatasi hanya 100 orang per malam.

Meskipun bergitu, kawasan bukit ini dibuka selama 24 jam sehingga pengunjung pun dapat berkunjung dan menikmati pemandangan kapan saja.

5. Bukit Bintang 

5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!visitingjogja.com

Destinasi wisata alam yang satu ini bisa dibilang sebagai tempat wisata yang ekonomis dan romantis. Dari bukit Bintang ini pengunjung dapat menikmati pemandangan malam hari kota Yogyakarta dari ketinggian.

Berlokasi di Gunung Kidul, tempat ini juga kerap kali dikunjungi oleh fotografer untuk mengabadikan indahnya kemerlap lampu kota yang dilihat dari atas bukit. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu pun juga dapat terlihat.

Tak hanya itu, pengunjung yang akan datang ke bukit bintang ini tidak dikenakan biaya sendiri dan hanya perlu membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi. Bukit Bintang juga terus dibuka selama 24 jam, meskipun kebanyakan pengunjung baru datang menjelang waktu sore hingga malam hari.

Itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata bukit yang berlokasi di Yogyakarta. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan juga melihat kota Yogyakarta dari ketinggian, beberapa destinasi wisata bukit di atas wajib kamu kunjungi!

Baca Juga: Informasi Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Bukit Jamur Ciwidey yang Unik

Zakia Balqis Photo Verified Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya