Comscore Tracker

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan 

Pasir hitamnya semenawan pasir putih, kok!

Seperti yang kita tahu, Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan. Hal ini yang membuat Indonesia menjadi lebih unik. Banyaknya laut membuat Indonesia memiliki banyak wisata pantai yang indah.

Bahkan, uniknya lagi, di antara pantai tersebut memiliki pasir berwarna hitam yang cantik. Berikut sembilan pantai berpasir hitam yang sangat cantik di Indonesia. Indahnya wajib kamu datangi!

1. Pantai Licin, Malang, Jawa Timur 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Licin, Malang (instagram.com/arif_purwantoro)

Salah satu pantai yang ada di Malang Selatan ini memiliki keunikan, yakni pasirnya yang berwarna hitam legam. Konon, pasirnya yang hitam dikarenakan muntahan Gunung Semeru. Hal inilah yang membuat Pantai Licin sangat indah.

Pantai Licin terletak di Dusun Licin, Malang, Jawa Timur. Di sebelah kanan pantai terdapat pemandangan yang luar biasa, yaitu sebuah tebing dengan aliran sungai lahar Gunung Semeru.

Pantai yang dulunya bernama Pantai Pasir Putih ini berganti nama pada 1960-an. Tempatnya yang licin itulah yang membuat warga sekitar menamainya Pantai Licin hingga sekarang.

2. Pantai Lovina, Buleleng, Bali 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Lovina, Buleleng, Bali (instagram.com/arifdenkerdeck)

Pantai dengan pasir hitam di Indonesia yang pernah masuk hingga media internasional adalah Pantai Lovina yang terletak di daerah Buleleng, Bali. Siapa yang gak tahu dengan keindahan pantai satu ini?

Pasir Pantai Lovina konon berasal dari lava Gunung Agung yang meletus, lalu membeku di wilayah tersebut. Keindahan pasirnya bahkan didukung dengan pantai dan alamnya, sehingga Pantai Lovina wajib untuk kamu datangi.

Jika kamu mencari salah satu tempat yang tidak begitu riuh, maka Pantai Lovina adalah pilihan yang paling pas. Tempatnya yang nyaman sangat cocok kamu gunakan sebagai tempat beristirahat dari kesibukan dunia.

3. Pantai Pasir Hitam, Wolowa, Sulawesi Tenggara 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Pasie Hitam, Wolowa (instagram com/auliabadiatun_)

Untuk menemukan pantai berpasir hitam lainnya, terbanglah ke Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Buton. Salah satu tujuan paling hits adalah Pantai Pasir Hitam yang sangat terkenal dengan keindahannya.

Pasir hitam pekatnya sangat lembut, lho. Pada 2016, pantai ini menjadi sangat populer. Selain pasir hitamnya yang pekat, lokasi pantai ini juga sangat mudah untuk dijangkau karena berada tepat di tepi jalan utama Kabupaten Buton.

Batu cadas besar menghiasi sekitaran pantai, bahkan terdapat pohon besar yang tumbuh di atas pasir yang menambah keindahan pantai tersebut. Butuh waktu sekitar 15 menit dari Kabupaten Buton untuk sampai ke pantai ini.

4. Pantai Batu Putih, Bitung, Sulawesi Utara 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Batu Putih, Bitung (instagram.com/elviraa_ekaa)

Melipir ke Sulawesi Utara, wilayah ini juga memiliki salah satu pantai dengan pasir hitamnya yang indah. Pantai Batu Putih menjadi sangat populer karena pernah masuk ke artikel luar negeri, lho.

Kawasan pantai ini menjadi Taman Wisata Alam karena menjadi habitat bagi satwa endemik khas Sulawesi, yaitu tarsius. Tarsius adalah sejenis mamalia berukuran sangat kecil, sehingga menarik para peneliti baik dalam maupun luar negeri untuk datang ke sini.

Untuk pantainya sendiri juga gak kalah indah, lho. Pasirnya sangat lembut di kaki. Kamu bisa sekadar berjalan-jalan di sini. Sangat pas bagi kamu yang ingin melepas lelah.

Baca Juga: 5 Pantai Menawan di Jember, Wajib Dikunjungi Si Pemburu Pantai!

5. Pantai Parangtritis, Yogyakarta 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Parangtritis, Jogja (instagram.com/bakotazis_)

Dari kamu semua pasti sudah tahu di mana letak pantai ini? Yap, Yogyakarta atau Jogja. Keindahan pantai ini bahkan sudah menyebar ke seluruh wilayah dalam negeri dan menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Pantai ini berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Parangtritis, berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Butuh sekitar 30-45 menit untuk sampai di sini. Kamu akan disuguhi pasir pantai yang hitam lembut, lho. Konon, pasir di Pantai Parangtritis berasal dari muntahan Gunung Merapi.

Material vulkanik yang dibawa oleh aliran Sungai Opal ini menjelma menjadi pasir yang sangat indah di Pantai Parangtritis. Bahkan, jika beruntung, kamu akan menjumpai fenomena sand dune atau gumuk pasir yang sangat indah layaknya di gurun pasir.

6. Pantai Bias Lantang, Karangasem, Bali

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Bias Lantang, Karangasem (intagram.com/indri.mhrni)

Kalau mencari pantai yang masih sepi saat berada di Bali, salah satu jawabannya adalah Pantai Bias Lantang yang berada di Karangasem, Bali. Pantai indah ini belum banyak yang tahu, lho.

Keunikan dari pantai ini adalah warna pasirnya yang hitam pekat, apalagi saat matahari menerpa, pasir tersebut tampak sangat indah. Keindahan alam dan birunya laut bakal menambah tenang suasana.

Pantai ini berada di bagian timur. Airnya jernih sangat cocok digunakan untuk berenang. Mampirlah ke sini sejenak untuk melihat betapa indahnya pantai satu ini dengan pasir hitam pekatnya.

7. Pantai Lembeng, Gianyar, Bali 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Lembeng, Gianyar (instagram.com/dayudwijati)

Masih dari Bali, kali ini kita melipir ke Kabupaten Gianyar. Salah satu pantai yang terkenal memiliki pasir hitamnya yang indah adalah Pantai Lembeng. Pantai ini masih sangat sepi dan alami, tapi soal keindahannya tak usah diragukan lagi.

Pantai Lembang sangat cocok untuk kamu yang butuh tempat untuk menenangkan diri. Angin semilir dengan deru ombak pantai bakal bikin suasana hatimu makin damai, deh.

Tempat ini tidak terlalu jauh dari Denpasar. Butuh sekitar setengah jam saja untuk sampai di sini atau sekitar 50 menit jika kamu berangkat dari Bandara Ngurah Rai.

8. Pantai Jolosutro, Blitar, Jawa Timur 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Jolosutro, Blitar (instagram.com/muhamad_nurwahyudii)

Ada yang menarik saat kamu menjelajahi Kabupaten Blitar, tentu saja pantai yang dimilikinya. Dari beberapa deretan pantai yang dimiliki Blitar, salah satunya memiliki pasir hitam yang unik. Namanya Pantai Jolosutro yang berada di daerahWates, Blitar.

Jadi salah satu hidden gem yang di miliki Blitar, kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa, baik di lokasi maupun di perjalanan saat menuju ke sana. Perlu diperhatikan karena banyak jalan yang menanjak dan berkelok dengan perbukitan yang asri.

Salah satu yang unik dari Pantai Jolosutro adalah ombaknya yang besar. Hal ini dikarenakan Pantai Jolosutro berada di garis selatan yang terkenal dengan ombak besarnya. Namun, pasir hitam dari pantai ini terkenal dengan kelembutannya.

9. Pantai Anoi Itam, Sabang, Aceh 

9 Pantai Berpasir Hitam di Indonesia, Lanskap Lautnya Menakjubkan Pantai Anoi Itam, Sabang (instagram.com/isra_picture)

Satu-satunya pantai berpasir hitam yang dimiliki oleh Aceh adalah Pantai Anoi Itam. Berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Sabang, pantai dengan pasir hitamnya ini berpadu kontras dengan bebatuan kapur putih yang ada di sekitarnya.

Keindahan Pantai Anoi Itam memang menjadi sebuah kebanggaan dari sektor pariwisata yang ada di Aceh. Keindahan alam dengan debur ombaknya sangat menenangkan.

Indonesia memang sangat terkenal dengan pantainya yang indah. Namun tak hanya itu, pasir pantainya juga yang membuat unik dari seluruh pantai yang ada di Indonesia. Pantai yang indah gak harus berpasir putih, hitam pun juga mampu memikat hati.

Baca Juga: 5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya