Comscore Tracker

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!

Salah satunya ada yang disebut-sebut "hidden paradise"

Gunung Kidul, Yogyakarta dikenal memiliki destinasi pantai yang indah. Hal ini tak lain karena letak kabupaten ini berbatasan dengan Samudera Hindia. Terdapat puluhan pantai dengan karakteristik dan keindahan yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah 5 pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunung Kidul! Di mana saja?

1. Pantai Sepanjang

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!Pantai Sepanjang (instagram.com/rfk_nur)

Sesuai dengan namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai paling panjang di Gunung Kidul. Bibir pantainya dihiasi hamparan pasir putih yang bersih dengan deretan pohon palem serta gubuk-gubuk untuk berteduh wisatawan. Selain bermain pasir dan air, wisatawan juga dapat melihat biota laut seperti kerang, ikan kecil, rumput laut, dan biota lainnya saat air pantai surut.

Pantai Sepanjang terletak di Jalan Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menikmati keindahan Pantai Sepanjang, kamu harus berkendara selama 1 jam 30 apabila dari pusat Kota Jogja.

Tiket masuknya pun cukup terjangkau yakni Rp10.000 per orang. Harga ini termasuk paket mengunjungi pantai lain di sekitarnya. Terdapat biaya tambahan parkir sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk minibus.

2. Pantai Wediombo

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!Pantai Wediombo (instagram.com/jogjascenery)

Nama Pantai Wediombo berasal dari Bahasa Jawa yaitu "wedi" berarti pasir dan "ombo" berarti luas.

Pantai Wediombo merupakan pantai di Gunung Kidul yang juga dikenal memiliki garis pantai yang panjang. Selain menawarkan keindahan laut, Pantai Wediombo memiliki sebuah kolam dengan air yang sangat jernih yang terbentuk secara alami karena gugusan batu karang. Pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbenam dari pantai ini.

Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Apabila dari kota Yogykarta berjarak 80 km atau sekitar 2 jam setengah perjalanan darat.

Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Kemudian biaya parkir Rp3.000 untuk kendaraan motor dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil. 

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!

3. Pantai Sundak

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!Pantai Sundak (instagram.com/soloflossroll)

Sejarah terbentuknya nama Pantai Sundak cukup unik. Pada awalnya nama pantai ini adalah Pantai Wedibelah yang berarti pasir terbelah. Lalu kemudian berubah menjadi Pantai Sundak karena konon pada tahun 1976 terjadi pertarungan antara anjing (dalam Bahasa Jawa : asu) dan landak. Pertarungan tersebut terjadi di dalam goa setinggi 12 meter yang berada di sebelah timur pantai. Peristiwa tersebut menjadi asal-usul nama pantai berubah menjadi Pantai Sundak.

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Sadranan. 

Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp10.000 di pos retribusi. Selain itu, terdapat biaya tambahan parkir kendaraan yakni sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

4. Pantai Indrayanti

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!Pantai Indrayanti (instagram.com/lantulan_mifa_dana)

Sebagian besar mungkin sudah akrab begitu mendengar nama Pantai Indrayanti. Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Indrayanti memiliki karakteristik pantai pasir putih yang cukup luas, batu karang, dan pemandangan khas laut pantai selatan yang luas dengan air yang jernih. Pantai ini cocok sekali untuk bermain pasir.

Lokasi Pantai Indrayanti tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul di wilayah Yogyakarta. Letaknya tidak cukup jauh dari Pantai Sundak. 

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti cukup terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk tiket masuk ke pantai Gunung Kidul lainnya.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung dikenakan biaya Rp4.000 untuk sepeda motor dan Rp15.000 untuk mobil.

Jika pengunjung ingin berteduh berteduh di payung yang ada di pinggir pantai dikenakan biaya sebesar Rp20.000. 

 

5. Pantai Pok Tunggal

5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!Pantai Pok Tunggal (instagram.com/bocahpedalaman)

Pantai Pok Tunggal termasuk dalam pantai Gunung Kidul yang mempunyai garis pantai terpanjang. Pantai Pok Tunggal kerap dijuluki surga tersembunyi lantaran pantai ini berada tersembunyi di balik perbukitan karst yang membentenginya. Namun hal itu tidak menyurutkan minat wisatawan. Pantai Pok Tunggal termasuk destinasi pantai Gunung Kidul yang cukup populer.

Pantai Pok Tunggal beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiba di pantai ini, kamu harus berkendara selama hampir 2 jam dari Kota Yogyakarta.

Tiket masuk Pantai Pok Tunggal sebesar Rp10.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir kendaraan yaitu sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk minibus.

Itu dia 5 pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Gunung Kidul. Setiap pantai memiliki keindahan dan ciri khas masing-masing. Jangan lupa untuk mengunjunginya ya.

Baca Juga: 5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya