Comscore Tracker

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati Pendaki

Jangan sampai kamu lewati begitu saja, ya!

Keindahan Gunung Merbabu memang tak terbantahkan. Gunung di Jawa Tengah tersebut kerap kali didatangi para pendaki. Bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Tinggi Gunung Merbabu sekitar 3.145 meter, sehingga menjadi gunung tertinggi ke-4 di Jawa Tengah. Gunung yang menyimpan banyak keindahan alam serta beberapa cerita mistis ini kerap kali terdengar kisahnya.

Meski begitu, gunung yang pernah meletus pada 1570 tersebut memang layak untuk didaki. Tempatnya cukup indah dengan banyak tempat dan spot menarik yang bakal bikin kamu betah berlama-lama.

Salah satu spot indah di Gunung Merbabu ada di Pos 5 yang biasa dijadikan untuk mendirikan tenda. Tak hanya Pos 5, berikut lima spot estetik di Gunung Merbabu yang gak boleh sampai kamu lewati jika mendaki gunung ini.

1. Sabana yang cantik di jalur Grenden

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati PendakiSabana Grenden (instagram.com/bektisakti)

Grenden adalah salah satu jalur pendakian ke Gunung Merbabu. Namanya masih belum begitu populer di kalangan para pendaki. Namun, soal keindahan dari jalur ini tak perlu diragukan lagi.

Jalur Grenden punya satu spot menarik yang lanskapnya sangat memesona. Setelah Pos 4 menuju ke Puncak Kendi Kencono, kamu akan disambut dengan indahnya sabana yang luas juga sudah terlihat jelas.

Puncaknya adalah saat kamu melipir dari Puncak Kendi Kencono menuju ke Puncak Kenteng Songo yang berada di ketinggian 3.142 meter. Bagian kanan dan kiri jalur yang kamu lalui akan dipenuhi dengan sabana yang sangat memikat.

2. Campground Batu Tulis di jalur pendakian Selo

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati PendakiPos 3 Gunung Merbabu atau Campground Batu Tulis (instagram.com/sulistiyoraden14)

Salah satu jalur pendakian paling populer di Gunung Merbabu adalah Selo. Pemandangan alam jalur ini memang tak diragukan lagi. Selo menjadi jalur teramai yang paling sering dilalui  para pendaki.

Salah satu spot menarik di jalur ini adalah Campground Batu Tulis dengan pesona alamnya yang luar biasa. Dataran ini mampu memuat sekitar 100 tenda.

Dari Campground Batu Tulis, kamu bisa melihat indahnya Gunung Merapi yang terletak tak jauh dari Gunung Merbabu. Pemandangannya dihiasi lautan awan yang memesona, apalagi saat sunset ataupun sunrise tiba.

3. Sabana 1 jalur pendakian Selo

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati PendakiSabana 1 Gunung Merbabu (instagram.com/_hudahood)

Sabana 1 merupakan Pos 4 yang ada di jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo. Kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang indah berupa perbukitan hijau yang seakan menghipnotismu di sepanjang jalur pendakian.

Keindahan Sabana 1 tak kalah dengan pos sebelumnya, yaitu Batu Tulis. Perpaduan warna hijau dari perbukitan dan juga biru dari langit serta putih dari awan akan membuat kombinasi yang sempurna.

Namun, jangan senang dulu, ya. Untuk menuju Oos 4 butuh perjuangan. Jalur menanjak dengan tingkat kemiringan lebih dari 30 derajat sudah menanti di sana. Butuh waktu lebih dari sejam untuk melewati tanjakan yang tingginya hanya beberapa meter saja.

Baca Juga: Glamping Kema Merbabu, Kemah Mewah di Kaki Gunung Merbabu

4. Sabana 2 jalur pendakian Selo

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati PendakiSabana 2 Gunung Merbabu (instagram.com/vikaaa_sk)

Sabana 2 atau Pos 5 menjadi campground terakhir yang digunakan untuk melepas lelah sebelum melakukan pendakian ke puncak Gunung Merbabu. Sabana 2 juga punya pemandangan yang menakjubkan sama halnya pos-pos sebelumnya.

Untuk menuju ke Pos 5 dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Pos 4. Jalurnya hampir sama, penuh tanjakan. Namun, pemandangan puncak Kenteng Songo sudah terlihat jelas dari Pos 5 atau sabana 2 ini.

Soal keindahan sabana 2 memang sudah sering terdengar. Salah satu kejutan lagi adalah sabana 2 menjadi tempat terfavorit untuk mendapatkan foto bintang di malam hari.

5. Puncak Kenteng Songo di Gunung Merbabu

5 Spot Paling Estetik di Gunung Merbabu, Selalu Dipadati PendakiPuncak Gunung Merbabu (instagram.com/bagas_wachid)

Kenteng Songo menjadi puncak tertinggi di Gunung Merbabu yang akan menjadi saksi keindahan alam di ekitarnya. Pagi hari saat mendaki, kamu akan dibawa untuk melihat sunrise ciamik dengan semburat warna kuning di ufuk timur.

Kamu juga akan melihat kemegahan Gunung Merapi yang diselimuti lautan awan di pagi hari. Laskapnya yang tak bisa diungkapkan kata-kata. Puncak Kenteng Songo menjadi tempat paling sempurna untuk mengabadikan kebahagiaan.

Nah, kini kamu sudah tahu beberapa spot estetik di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Kalau kebetulan sedang mendaki Gunung Merbabu, jangan lupa untuk singgah di beberapa spot di atas, ya. Sayang banget kalau dilewatkan.

Baca Juga: 9 Potret Pinus Cuntel, Tempat Bersantai di Kaki Gunung Merbabu

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya