Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! 

Lanskap alamnya bikin betah berlama-lama

Terletak di Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu kota penghasil minyak terbesar di Indonesia. Selain itu, kota ini juga menyediakan destinasi wisata yang patut dijelajahi.

Bojonegoro menyimpan banyak wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke sini. Keindahan Waduk Pacal atau Kayangan Api menjadi salah satu conton wisata alam yang tak boleh kamu lewatkan.

Buat jadi referensi liburanmu, berikut lima tempat wisata alam di Bojonegoro yang bisa kamu kunjungi. Keindahannya bikin takjub!

1. Kedung Maor

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! Kedung Maor Bojonegoro (instagram.com/bendottetapsemangat)

Kedung Maor terletak di Kecamatan Temayang, tepatnya di Desa Kedungsumber. Tempat wisata berupa air terjun ini kerap disebut Dung Maor. Pesona wisata ini pun menakjubkan.

Kedung Maor adalah sebuah air terjun yang berasal dari aliran Kali Soko dan limpahan air dari Waduk Pacal. Kata maor diambil karena suara deru air yang sama persis dengan suara hewan buas, sehingga orang sekitar menamai tempat ini sebagai Kedung Maor.

Jarak yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi wisata sekitar sejam dari pusat kota. Menuju arah selatan, tempat ini masih belum menyediakan tiket masuk alias gratis. Kamu cukup membayar parkir sekitar Rp5-10 ribu saja.

2. Waduk Pacal

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! Waduk Pacal Bojonegoro (instagram.com/masedy80)

Waduk Pacal adalah bangunan peninggalan Belanda yang sudah ada sejak 1933. Bendungan ini masih berfungsi hingga sekarang sebagai tempat penampungan air.

Selain itu, tempat ini juga memiliki keindahan alam yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga. Banyaknya pepohonan yang rindang akan membuat para wisatawan nyaman berada di sana.

Berada tidak jauh dari Dung Maor, Waduk Pacal juga berlokasi di Desa Kedungsumber, Temayang. Harga tiket masuk hanya Rp5 ribu saja.

3. Negeri Atas Angin

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! Negeri Atas Angin (instagram.com/uhhdinda)

Tempat ini kerap kali dijadikan sebagai tempat pemotretan, khususnya pre-wedding. Negeri Atas Angin memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Bukit Cinta yang ada di Negeri Atas Angin selalu dimanfaatkan oleh wisatawan untuk melihat matahari terbit. Bukit ini juga dipercaya sebagai tempat Dewi Sekar Sari dan Raden Atas Aji hidup hingga akhir hayat saat peperangan Kerajaan Mataram dan Pajang.

Baca Juga: Cocok untuk Weekend, Cek 5 Rekomendasi Wisata Alam di Karawang

4. Kayangan Api

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! Kayangan Api Bojonegoro (instagram.com/widya_prasetya27)

Berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kayangan Api merupakan fenomena geologi berupa gas yang keluar dari tanah melalui rekahan. Wisata ini dapat kamu tempuh sekitar 30 menit dari kota.

Berada di tengah hutan dengan banyaknya pohon yang rindang membuat tempat ini wajib kamu kunjungi. Ada banyak yang hal yang bisa didapatkan di sini, seperti sisi sejarah  Kayangan Api yang merupakan tempat Empu Supa membuat keris.

5. Watu Gandul

5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro yang Paling Epik, Mampir yuk! Watu Gandul Bojonegoro (instagram.com/agung_b_cahyono)

Watu Gandul berada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang. Tumpukan batu besar yang tertata rapi itu dipercaya sebagai hasil dari letusan Gunung Pandan.

Ada tiga buah batu besar yang tersusun secara berundak. Ketinggian batu sekitar 50 meter dari tanah. Batu-batu yang menggantung tersebut yang membuat tempat ini dinamai sebagai Watu Gandul.

Selain itu, tempat ini memiliki banyak pepohonan yang rindang hingga terasa nyaman dan sejuk bagi wisatawan yang datang. Dijamin betah untuk singgah berlama-lama, deh.

Lima wisata alam yang ada di Bojonegoro di atas wajib banget kamu kunjungi. Selain wisata alam, Bojonegoro juga masih memiliki banyak tempat wisata termasuk wisata belanja, religi, dan budaya. Yuk, rencanakan keberangkatanmu!

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Mangrove di Indonesia yang Seru untuk Dijelajahi

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya