Comscore Tracker

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!

Pemandangannya gak kalah dibanding desa cantik di Indonesia

Bagi orang Indonesia; desa identik dengan sawah, udara yang sejuk, serta suasana yang damai. Ditambah lokasinya yang berada di kaki pegunungan, membuat banyak desa memiliki pemandangan yang indah. 

Nyatanya pemandangan tersebut bukan hanya dimiliki oleh desa di Indonesia saja. Gak kalah dari Indonesia, banyak desa di luar negeri yang juga punya panorama yang memanjakan mata. Beberapa di antaranya bahkan mendapat predikat sebagai desa terindah di dunia!

1. Desa Oia, Yunani 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di Desa Oia, Yunani (instagram.com/adulutza)

Meski belum pernah berkunjung langsung, kamu yang doyan scrolling instagram mungkin pernah melihat indahnya desa satu ini. Desa Oia di Yunani terletak di tepi Tebing Santorini yang berbatasan langsung dengan Pelabuhan Ammoudi, lautan lepas, dan Gunung Berapi Santorini.

Desa Oia terkenal dengan bangunannya yang mayoritas berwarna putih. Pemandangan di desa akan semakin cantik saat senja tiba. Bangunan putih, lautan yang mulai menggelap, berpadu dengan semburat jingga yang muncul ufuk barat membuat Desa Oia di Yunani mendapatkan predikat sebagai salah satu desa terindah di dunia.

2. Simiane La Rotonde, Prancis 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di Desa Simiane La Rotonde (instagram.com/ludovic_lagadec_photographe)

Simiane La Rotonde merupakan sebuah desa tua yang berada di puncak bukit, di sebelah selatan Prancis. Saat berkunjung ke desa ini, kamu akan sangat menikmati berjalan-jalan diantara rumah-rumah batu yang berasal dari abad ke 16 hingga 18 Masehi.

Jika Desa Oia berbatasan dengan lautan biru, Desa Simiane La Rotonde dikelilingi oleh kebun zaitun dan ladang lavender. Terakhir, pada hari yang cerah, kamu bahkan bisa menyaksikan indahnya Pegunungan Alpen dari kejauhan.

3. Shirakawa-Go, Jepang 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di Desa Shirakawa-Go (instagram.com/tokyo.ig)

Berkunjung ke Shirakawa-Go, kamu akan dibawa kembali ke suasana desa di Jepang sekitar 250 tahun yang lalu. Rumah-rumah bergaya Gassho yang terbuat dari jerami masih eksis di desa ini. Meski dingin, Desa Shirakawa-Go terlihat paling memesona saat musim dingin tiba.

Salju yang menutupi jalan dan atap rumah membuat desa ini terlihat seperti desa di negeri dongeng. Bukan hanya menikmati pemandangan, di Shirakawa-Go kamu juga bisa belajar membuat mie soba atau menenun bersama penduduk setempat. Seru banget, kan?

Baca Juga: 10 Pesona Desa Wisata Tamansari, Perpaduan Wisata Alam dan Budaya

4. Reine, Norwegia 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di desa nelayan Reine (instagram.com/sakrisoyrorbuer)

Dari Jepang, mari beralih ke sebuah desa nelayan bernama Reine di Norwegia. Terletak di Pulau Lofoten, Reine bukanlah desa nelayan biasa. Desa ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan aurora borealis yang akan muncul nyaris setiap malam dari bulan April hingga September.

Di siang hari yang cerah, kamu bisa memancing, bersepeda keliling desa, bermain kayak, bahkan melihat paus dari jarak yang cukup dekat.

Untuk penginapan, kamu juga gak perlu khawatir karena penduduk Desa Reine sangat ramah dan terbuka kepada pendatang yang ingin menginap di rumah mereka.

5. Gásadalur, Denmark  

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di desa Gásadalur (instagram.com/alfredojuli)

Dibandingkan desa-desa lain, Gásadalur mungkin adalah desa paling kecil. Penduduknya saat ini kurang dari 20 orang, namun pemandangan di desa ini berhasil memikat jutaan orang dari berbagai belahan dunia.

Desa Gásadalur berada di tepi tebing Kepulauan Faroe, Denmark dan dikelilingi oleh lautan. Letaknya yang terpencil membuat suasana di desa ini terasa begitu damai. Kamu bisa leluasa duduk di hamparan rumput hijau dan memandangi Air Terjun Mulafossur yang langsung menuju laut.

6. Hallstatt, Austria 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di Desa Hallstatt (instagram.com/divine.worldplaces)

Diapit oleh Danau Hallstätter dan Pegunungan Dachstein, Hallstatt merupakan desa tertua di Austria sekaligus jadi yang paling indah di dunia. Selain bisa berjalan-jalan di antara rumah-rumah penduduk setempat, kamu juga bisa mengunjungi museum yang memuat koleksi artefak berusia 7.000 tahun.

Lelah berkeliling, kamu bisa bersantai sejenak di kafe dan menikmati pemandangan danau sebening kaca dengan latar belakang pegunungan.

7. Popeye, Malta 

7 Desa Cantik di Dunia, Suasananya Bak Negeri Dongeng!gambar pemandangan di Desa Popeye (instagram.com/idemo_putovati)

Popeye village adalah sebuah desa cantik yang terletak dekat dengan Teluk Mellieha, Malta. Pada tahun 1980, desa ini menjadi lokasi syuting film musikal "Popeye" dan sejak itu namanya berubah menjadi Popeye Village.

Desa ini dipenuhi rumah-rumah kayu warna-warni dan berbatasan langsung dengan teluk. Meski hanya sebuah desa kecil, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan. Mulai dari naik perahu, menjelajah desa, mengunjungi museum, dan mencicipi anggur.

Jalan-jalan di desa ini, kamu gak akan pernah mengenal kata 'bosan'. Selain menikmati pemandangan yang luar biasa, ada juga berbagai aktivitas seru yang membuat liburan jadi gak terlupakan.

 

Baca Juga: 10 Potret Desa Nglanggeran, Peraih Desa Wisata Terbaik Dunia 2021

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya