Comscore Tracker

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semarang

Jalan-jalan keliling dunia di kota Semarang

Liburan ke luar negeri jadi impian banyak orang. Biasanya negara tetangga seperti Thailand atau Malaysia, Eropa menjadi destinasi wisata favorit orang Indonesia. Tapi yang namanya liburan ke luar negeri pasti membutuhkan biaya yang besar, alhasil tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini.

Kalau kamu adalah salah satunya, jangan sedih dulu! Di Indonesia, tepatnya di kota Semarang kamu bisa merasakan suasana liburan ala luar negeri. Di mana saja?

1. Semarang Bridge Fountain

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semaranginstagram.com/adinugrohofaisal

Kalau kamu adalah seorang KPopers tapi belum punya kesempatan liburan ke Korea, kamu mungkin bisa mengunjungi kota Semarang. Di sini terdapat sebuah jembatan yang mirip dengan Banpo Bridge yang ada di Seoul, Korea Selatan.

Sama seperti Banpo Bridge, Semarang Bridge Fountain adalah jembatan dengan pertunjukan air mancur menari pertama yang ada di Indonesia. Tidak hanya menari, air mancur ini juga dilengkapi dengan tata cahaya warna-warni yang membuat atraksi air mancur menari jadi makin indah.

Untuk kamu yang penasaran, atraksi ini diadakan setiap hari jumat dan sabtu, di jam 19.30 dan 21.00. Untuk satu kali atraksi air mancur menari ini akan berlangsung selama 30 menit. Berapa tiketnya? Tenang, untuk menyaksikan atraksi ini, kamu gak perlu bayar tiket alias gratis.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Bulustalan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50141

2. Kota Lama

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semaranginstagram.com/martanto

Daerah Kota Lama Semarang merupakan salah satu pusat perdagangan di masa kolonial Belanda. Bukan hanya orang Belanda, ada banyak pedagang China dan Arab yang datang untuk berdagang.

Meski sekarang, bukan lagi pusat perdagangan tapi kamu masih bisa merasakan suasana zaman dulu lewat bangunan ala Belanda yang ada di Kota Lama. Kerennya, meski rata-rata bangunan di sini sudah berusia 200-300 tahun tapi kondisi bangunannya masih terawat dengan baik.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50000
Jam buka: senin sampai jumat, 10.00 - 17.00
Sabtu, 09.00 - 21.00
Minggu, 09.00 - 19.00

Baca Juga: 8 Kampus di Semarang yang Masuk Peringkat 100 Besar Ristekdikti

3. Masjid Agung Semarang

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semaranginstagram.com/shlxxh

Kalau tadi kamu jalan-jalan ke Eropa rasa Indonesia, sekarang kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Semarang yang mirip sekali dengan Masjid Nabawi di kota Madinah, Arab Saudi.

Tentu saja masjid ini tidak benar-benar mirip dengan Masjid Nabawi, tapi pelataran masjid ini dilengkapi dengan payung besar yang bisa membuka tutup secara otomatis persis seperti payung raksasa yang ada di Madinah.

Oh ya, mengingat Masjid Agung Semarang adalah tempat ibadah, pastikan kamu berpakaian sopan dan menjaga ketenangan ya!

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

4. Pagoda Avalokitesvara

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semaranginstagram.com/firtahapsariapsari

Setelah menonton atraksi air mancur menari, destinasi wisata selanjutnya yang wajib kamu datangi adalah Pagoda Avalokitesvara. Memiliki tinggi 45 meter, Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi di Indonesia dan merupakan tempat ibadah umat budha di Semarang.

Umat Budha biasanya melakukan ritual membaca nasib atau yang dikenal dengan nama Tjiam Shi. Uniknya, bukan hanya umat Budha yang bisa mencoba membaca nasib, kamu yang mempercayai ramalan juga bisa minta dibacakan nasib oleh petugas. 

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265

5. Brown Canyon

Keren! 5 Wisata ala Luar Negeri ini Ternyata Ada di Kota Semaranginstagram.com/phonegraphyindonesia

Jika Amerika Grand Canyon, maka Indonesia memiliki Brown Canyon. Awalnya, Brown Canyon adalah bukit biasa hingga digunakan sebagai tempat penambangan pasir dan membuat tempat ini jadi mirip dengan Grand Canyon.

Bisa dibilang, Brown Canyon ini merupakan salah satu destinasi yang sedang hits di Semarang saat ini. Banyak turis yang datang untuk menikmati pemandangan di Brown Canyon dan berburu foto.

Alamat: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279

Tuh kan, destinasi wisata di Indonesia gak kalah keren dari luar negeri. Sekarang kamu enggak perlu lagi deh terbang jauh-jauh, cukup ke Semarang aja untuk bisa menikmati suasana ala luar negeri!

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Cobain Tahu Gimbal Pak Edi, Sajian Khas Kota Semarang 

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You