Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung Gede

Suasana dan pemandangannya amazing! #LokalIDN

Keragaman alam di Indonesia memanglah menakjubkan dan tak terhitung jumlahnya. Termasuk keragaman gunung di Indonesia yang lanskapnya sangat beragam. Dan salah satu gunung yang punya daya tarik kuat adalah Gunung Gede dengan Alun-alun Surya Kencana-nya.

Bagi kamu yang masih asing dengan Alun-alun Surya Kencana yang ada di Gunung Gede, simak 5 fakta menarik Alun-alun Surya Kencana di bawah ini.

1. Lapangan yang sangat luas

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung GedeAlun-alun Surya Kencana (unsplash.com/AFIM)

Surya Kencana atau Alun-alun Surya Kencana adalah sebuah lapangan luas yang ada di atas Gunung Gede, Jawa Barat. Alun-alun ini ada pada ketinggian sekitar 2.800 mdpl dan luasnya sekitar 50 hektare. Mau pasang tenda ratusan pun Alun-alun Surya Kencana ini masih lapang!

2. Punya udara yang sejuk

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung GedeAlun-alun Surya Kencana (instagram.com/freezy.co)

Walau di siang hari Surya Kencana ini tersorot matahari langsung, namun udaranya sendiri tetap terasa sejuk karena di sepanjang Surya Kencana ini banyak tumbuh rumput dan diapit oleh Puncak Gede dan Puncak Gumuruh di kedua sisi Surya Kencana. Kedua puncak tersebut vegetasinya masih berupa hutan lebat.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata yang Ada di Kaki Gunung Gede Sukabumi, Menarik!

3. Ditumbuhi banyak bunga edelweiss

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung Gedebunga edelweiss di Surya Kencana (instagram.com/kalenaefris)

Bukan hanya menarik karena luasnya saja, alun-alun ini juga ditumbuhi banyak bunga yang tumbuh khas di ketinggian, yaitu bunga edelweiss. Saat berada di Surya Kencana ini kamu bakal merasa seperti sedang berada di taman bunga.

4. Ada sungai kecil di tengah alun-alun

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung GedeAlun-alun Surya Kencana (instagram.com/its.furqaan)

Jika saat mendaki dan sampai di Surya Kencana persediaan air kamu habis, kamu bisa mengisi botol air minummu di sungai kecil yang ada di Surya Kencana Barat. Namun sumber air tersebut hanya muncul pada saat musim hujan.

5. Bisa dicapai lewat 3 jalur pendakian

5 Fakta Menarik Surya Kencana, Lapangan Luas di Atas Gunung GedeAlun-alun Surya Kencana (unsplash.com/AFIM)

Untuk bisa sampai ke Alun-alun Surya Kencana, kamu harus mendaki melewati jalur pendakian yang ada, di antaranya ada jalur Gunung Putri, Selabintana, dan Cibodas. Jalur terdekat menuju Surya Kencana adalah Gunung Putri.

Nah, itulah kelima fakta menarik dari Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede. Jika kamu masih baru mengenal dunia pendakian gunung, Gunung Gede dan Surya Kencana-nya ini wajib kamu kunjungi!

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat 

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya