Comscore Tracker

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!

Hamparan kebun tehnya bak sebuah karpet hijau #LokalIDN

Pangalengan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung yang punya banyak tempat wisata alam. Di sana terdapat hutan pinus, sungai, danau, gunung, hingga kebun teh. Salah satu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah kebun teh.

Wayang Windu Panenjoan merupakan objek wisata menarik yang bangunannya terbuat dari kayu dan berada di antara kebun teh Pangalengan. Tempat yang satu ini bisa untuk kamu jadikan tempat healing dari kesibukan perkotaan Bandung.

Sebelum pergi ke sana, intip dulu yuk informasi wisata Wayang Windu Panenjoan berikut ini.

1. Lokasi Wayang Windu Panenjoan Pangalengan

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/jw_wirawajo)

Wayang Windu Panenjoan terletak di Perkebunan Teh Kertamanah di kaki Gunung Wayang Pangalengan yang kawahnya masih aktif. Lebih spesifiknya di Desa Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tempat wisata yang satu ini dapat kamu akses dari Pangalengan menggunakan kendaraan pribadi. Rutenya sendiri bisa mengikuti Google Maps menuju Pangalengan, kemudian masuk kawasan Kertamanah, kemudian ke Wayang Windu Panenjoan.

2. Tiket masuk dan akomodasi

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!salah satu spot di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/yandikrisna)

Masuk ke Wayang Windu Panenjoan ini kamu hanya perlu membayar Rp10 ribu saja dan kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di sana. Jika membawa kendaraan, biaya parkirnya adalah Rp5 ribu per mobil dan Rp3 ribu per motor.

Di sana terdapat spot berfoto yang luas, toilet, musala, tempat parkir yang luas, penjaga, dan beberapa warung.

Ingin memaksimalkan waktu bersantai di sana bersama keluarga? Kamu bisa menyewa gazebo dengan harga Rp20 ribu per jam dan Rp30 ribu per jam untuk gazebo berlantai 2.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

Baca Juga: 9 Pesona Nimo Highland Pangalengan, Punya Jembatan Kaca Terpanjang 

3. Beragam spot foto menarik

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!salah satu spot di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/fu_cen)

Kamu bisa berfoto di banyak spot di Wayang Windu Panenjoan. Spot yang paling ikonik dari tempat ini adalah jembatan kayunya yang memanjang di atas tanaman teh. 

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!salah satu spot di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/tatichristien)

Selain jembatan, ada banyak bangunan unik dari kayu yang dikhususkan untuk berfoto.

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/_kopites_man)

Selain bangunan kayunya yang menarik, latar belakang alam Pangalengan pun tak bisa kamu lewatkan untuk berfoto. Hamparan kebun teh, kawah yang mengepul, hingga view Gunung Wayang bakal menemanimu di Wayang Windu Panenjoan.

4. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di WWP

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!ilustrasi bermain ATV di Kebun Teh Kertamanah (instagram.com/neng_ny)

Wayang Windu Panenjoan ini dikhususkan untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati keindahan alam Pangalengan sambil mengabadikan momennya lewat foto. Botram (makan bersama) bersama keluarga di gazebo adalah hal yang juga tidak boleh kamu lewatkan.

Jika bosan mengendarai kendaraan biasa, kamu bisa menyewa sepeda motor ATV yang disewakan pengelola untuk mengelilingi kebun teh. Bersepeda dari Pangalengan menuju Wayang Windu Panenjoan pun adalah hal yang juga cukup menyenangkan dan menyehatkan lho!

5. Tips sebelum berkunjung

Wayang Windu Panenjoan Pangalengan, Wisata Alam Instagramable!pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan (instagram.com/greg_gerry)
  1. Datanglah di siang hari atau ketika cuaca cerah untuk menghindari kabut tebal yang bisa menutup pemandangan di sekitar WWP
  2. Persiapkan budget lebih jika ingin berlama-lama di WWP dan menikmati semua wahana yang ada
  3. Jangan lupa membawa jaket karena udara di sana cukup dingin
  4. WWP ini bisa juga kamu kunjungi bersamaan dengan objek wisata lain di Pangalengan seperti Situ Cileunca dan Hutan Pinus Rahong

Dengan pemandangannya yang indah dan luas, Wayang Windu Panenjoan bisa banget untuk jadi tempat healing kamu selanjutnya. Gimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Baca Juga: 9 Potret Masjid Terapung Gedebage, Ikon Wisata Baru di Bandung

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

fine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya