Comscore Tracker

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespeare

Napak tilas Shakespeare ini dijamin seru!

William Shakespeare adalah penulis dari Inggris yang sangat terkenal. Tak hanya di barat, karyanya hampir dikenal di seluruh dunia. William Shakespeare menulis 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi lainnya.

Jika masih belum mendapatkan gambaran siapa itu William Shakespeare, bagaimana kalau Romeo dan Juliet? Yup, Romeo dan Juliet adalah salah satu karya tak lekang oleh waktu dari William Shakespeare.

Jika ingin mengenal lebih lanjut, 10 tempat ini adalah tempat yang tepat untuk napak tilas William Shakespeare.

1. Stratford Upon Avon, England

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearepixabay.com/MikesPhotos

Rumah ini terletak Henley Street di Stratford-upon-Avon, Inggris. Di rumah inilah Shakespeare lahir dan menghabiskan 5 tahun pertama pernikahannya. Nama istrinya adalah Anne Hathaway.

Bukan, bukan Anne Hathaway yang pemain film serta artis itu. Anne Hathaway yang dimaksud adalah istri dari Shakespeare yang menikah dari tahun 1582 hingga tahun 1616.

2. London, Inggris

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearepixabay.com/RGY23

Bagi penggemar Shakespeare, tempat ini adalah tempat wajib dikunjungi saat di London, Inggris. Tempat di mana pengunjung bisa menyaksikan karya-karya Shakespeare.

Tempat ini bernama Shakespeare's Globe yang dibuka pada tahun 1997, beberapa meter dari Globe Theatre. Globe Theatre adalah tempat Shakespeare melakukan pertunjukkan sejak 1600-an dan ditutup pada tahun 1642.

3. Helsingor, Denmark

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearepixabay.com/ksottrup

Di Helsingor, Denmark terdapat kastil bernama Kronborg yang merupakan lokasi dari salah satu drama buatan Shakespeare. Judul drama tersebut adalah Hamlet, di mana kastil ini adalah tempat tinggal bagi Hamlet, Claudius dan beberapa tokoh lainnya.

Walaupun tidak ada bukti bahwa Shakespeare pernah berkunjung di kastil ini tetapi masyarakat sekitar selalu melakukan perayaan Shakespeare. Setiap musim panas festival ini akan dirayakan biasanya ada tur "In Hamlet's Footsteps."

Baca Juga: Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggris

4. Dover, Inggris

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearehippostcard.com

Tebing ini adalah tempat ikonik yang tercantum di karya Shakespeare berjudul Raja Lear. Sandiwara Raja Lear adalah karya terbaik yang dibuat oleh Shakespeare. Dalam karya tersebut dikatakan bahwa tebing inilah Earl of Gloucester berpikir bisa selamat dari tebing ini. Berkat hal itu, tebing ini diberi nama Shakespreare cliff atau tebing Shakespeare.

5. French Ardennes, France

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespeareianweightman.co.uk

Ardennes adalah hutan luas dengan medan yang kasar yang terdiri dari perbukitan yang terletak di Prancis. Para akademisi sepakat bahwa hutan ini adalah hutan yang ada di karya Shakespeare yang berjudul As You Like It yang bergenre romantis komedi.

6. Alexandria, Mesir

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearepixabay.com/MhSaleemAlZayat

Mungkin tak akan terpikirkan bahwa Mesir akan menjadi salah satu tempat bersejarah bagi karya Shakespeare. Namun, Alexandria di Mesir ini benar-benar ada di karya Shakespeare yang berjudul Antonius dan Cleopatra. Karya yang ditulis pada tahun 1623 tersebut mengambil latar Aleksandria, Roma dan Miseno.

7. Sicily, Italia

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearepixabay.com/TooMuchCoffeeMan

Kalau di Italia, ada pulau bernama Sicily yang berada dalam karya Shakespeare yang berjudul Much Ado About Nothing. Tepatnya di Messina, sebuah kota di timur laut pulau tersebut. Pulaunya terlihat indah jadi walaupun bukan penggemar Shakespeare, pulau ini tetap layak untuk dikunjungi.

8. Athena, Yunani

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearetravel.sygic.com

Dalam karya Shakespeare yang berjudul A Midsummer Night’s Dream terdapat kota Athena, Yunani. Jika sudah membacanya akan ada karakter Titania dan Oberon yang bermain-main di hutan pinus. Saat berkunjung Taman Nasional Gunung Párnitha, tidak akan sulit bagi pembaca membayangkan kisah dari keduanya.

9. Inverness, Skotlandia

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearewowscotlandtours.com

Karya Shakespeare yang terpendek namun tidak pernah mengecewakan adalah Macbeth. Sebuah drama tragedi yang berlatar Inverness, Skotlandia. Di Inverness terdapat kastil bernama Inverness yang menjadi rumah bagi Macbeth. Ada pula Macbeth’s Stone yang merupakan tempat Macbeth asli dieksekusi oleh Malcolm Canmore pada 1057.

10. Verona, Italia

10 Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Penggemar Shakespearetheculturetrip.com

Penggemar Shakespeare pasti akan mengerti balkon yang terkenal ini. Balkon yang terletak di Verona, Italia ini tempat Romeo dan Juliet beradu akting. Disamping balkon terdapat patung juliet yang konon jika menyentuhnya akan mendapatkan keberuntungan tentang cinta. Ini adalah tempat paling fenomenal yang banyak dikunjungi oleh penggemar cerita Romeo dan Juliet.

10 tempat mengenang Shakespeare itu tersebar di berbagai belahan dunia. Sebagaimana cerita Shakspeare juga tersebar tak hanya di kota kelahirannya saja. Jika berkunjung di negara-negara tersebut kamu bisa membayangkan adegan yang ada dalam drama dengan tempat yang sebenarnya. Jadi lebih seru bukan?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Asia yang Bikin Hati Tenang, Introvert Merapat!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You