Comscore Tracker

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggris

Karyanya penuh dengan kalimat filosofis

"Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar ia akan tetap bau wangi."

Kalimat terkenal itu diucapkan pada abad 16 lalu oleh sastrawan dan dramawan terbesar, William Shakespeare.  Shakespeare tentu bukanlah nama yang asing lagi. Kita tentu mengenal drama Romeo Juliet, Hamlet dan Macbeth. 

Pertunjukan-pertunjukan dramanya mendapatkan perhatian besar dari masyarakat. Karya-karyanya terus dipelajari dan namanya pun sering disebut hingga kini.

Sangat disayangkan kalau kamu hanya tahu namanya saja ya. Yuk, simak kisah dan biografi William Shakespeare di bawah ini! 

1. Lahir di Warwickshire, Inggris pada bulan April 1564.

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggrisshakespeares-england.co.uk

Nama lengkapnya William Shakespeare. Ia lahir di Warwickshire, Inggris pada 23 April 1564.  Berdasarkan situs britanica.co disebutkan bahwa ayahnya bernama John Shakespeare, seorang pedagang kulit yang sukses dan anggota dewan kotapraja. Sedangkan Ibunya bernama Mary Arden, seorang putri bangsawan yang terkemuka. 

Hampir tidak ada catatan tentang masa kecilnya. Namun ia diperkirakan tumbuh dan belajar di Stratford Grammar School hingga usia 15 tahun. Di sekolah itu ia mendalami bahasa Latin dan menerjemahkan karya-karya penulis besar seperti Cicero, Virgil dan Ovid. Ia juga belajar akting, menulis, dan menghapal. 

2. Kehidupan pernikahan Shakespeare hingga kematian putranya, Hamnet

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggrisbustle.com

Shakespeare menikahi Anne Hathaway di usia 18 tahun. Istrinya, Anne Hathaway berusia delapan tahun lebih tua dibandingkan Shakespeare. Pernikahan mereka dilangsungkan pada bulan November 1582 dan dipersiapkan secara tergesa-gesa karena Anne telah hamil duluan. 

Kurang dari 7 bulan kemudian mereka kemudian dikaruniai seorang putri bernama Susanna dan bayi kembar bernama Hamnet dan Judith. Namun sayangnya Hamnet meninggal saat usianya masih delapan tahun. Banyak yang beranggapan, kematian Hamnet mengilhaminya menulis Hamlet, salah satu dramanya yang paling terkenal.

Banyak yang yakin, Shakespeare dan Anne sering tinggal secara terpisah. Sang Pujangga itu lebih mengejar karirnya di London Theatre. Barulah di masa tuanya, Shakespeare pulang kampung ke Stratford dan tinggal bersama keluarganya.

Baca Juga: 5 Fakta Danarto, Sastrawan Kebanggaan Tanah Air yang Hidupnya Berakhir Tragis

3. Pujangga yang dijuluki "Bard of Avon" ini telah meninggalkan karya sekitar 36 lakon drama, 2 sajak naratif dan sejumlah sonata

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggrisblogs.bl.uk

Secara umum, karya Shakespeare dibagi kedalam tiga tema besar yaitu drama komedi, tragedi dan sejarah. Topiknya pun beragam, mulai dari roman, politik, hingga perang saudara. Beberapa drama komedi di antaranya A Midsummer Night's Dream, All's Well That Ends Well dan As You Like It. Drama tragedi yang paling terkenal adalah Antony and Cleopatra, Hamlet dan King Lear. Sementara Drama sejarahnya ialah Henry IV, King John, dan Richard II. Sedangkan puisinya yang terkenal berjudul "The Rape of Lucrece". 

Gubahan dramanya pun sarat dengan pesan-pesan moral dan nuansa politik yang tak mudah dipahami. Shakespeare seringkali mengajak penikmat karyanya untuk berpikir lebih mendalam.

Melalui drama-dramanya, Shakespeare menawarkan pemahaman mendalam akan tiga pertanyaan, Apa artinya untuk hidup? Bagaimana cara kita hidup? Dan apa yang harus kita lakukan? Itulah mengapa, karyanya dipelajari oleh ahli literatur dan dikutip oleh politikus. Bagi filosofer pun bisa menemukan cara berpikir baru dengan membaca ulang karyanya.

4. Tidak hanya menulis drama, Shakespeare juga seorang aktor di sejumlah karya yang ditulisnya sendiri

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggristelegraph.co.uk

Pada tahun 1950 Shakespeare "menyatakan diri" sebagai penulis drama dan aktor di London. Ia pun menjadi terkenal, populer dan sangat kaya. Karyanya sangat disukai masyarakat bahkan raja-raja Inggris pun juga hadir dalam pertunjukannya. Tak heran, ia kawan-kawannya sering disebut sebagai "orang-orang raja".

Ia pun bermain drama di Istana Kerajaan, Teater Globe, Teater Blackfriars dan di teater milik mereka sendiri. Mereka seringkali melakukan tur drama di Inggris, meski wabah penyakit sedang mendera.

5. Meninggal pada usia 54 tahun dengan menyisakan misteri

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggrisarogundade.com

Hidup Shakespeare berakhir pada 23 April 1616. Lima tahun sebelum kematiannya, ia telah berhenti menulis. Hingga akhir hayatnya ia tetap menikah dengan Anne Hathaway.

 Menurut keterangan pengurus pemakamannya, ia jatuh demam setelah melewatkan malam dengan bermabuk-mabukan. Ada yang menyebutkan, demam hebat yang dialami Shakespeare karena tipus dan pendarahan.

Rumor lain menyatakan bahwa kematiannya karena penyakit sipilis yang dideritanya. Begitulah, Tak diketahui dengan pasti penyebab kematian Shakespeare.

Di nisan makamnya tertulis; 

"Blest be the man who cast these stones, and cursed be he that moves my bones."

Dalam bahasa Indonesia berarti "terberkatilah ia yang menaruh batu-batu ini, dan terkutuklah ia yang memindahkan tulang-tulangku."

5. Kutipan legendaris dari Shakespeare yang bisa menginspirasimu

Biografi William Shakespeare, Dramawan Terbesar dari Inggristhoughtco.com

"Semua yang berkilau bukanlah emas"

Guys, kalimat Shakespeare ini mengajarkan kita agar tidak mudah terkelabui oleh penampilan suatu hal. Sesuatu yang nampaknya indah belum tentu indah pula pada kenyataannya. Kamu harus tetap teliti melihat situasi, ya.

 "Lebih baik terlalu cepat tiga jam daripada terlambat tiga menit"

Menunggu lebih baik daripada ditunggu. Kutipan ini mengajak kita agar menjadi orang yang tepat waktu, guys.

"Bukan di bintang-bintang kita meletakkan takdir kita namun di dalam diri kita sendiri"

Nasib kita ada di tangan kita sendiri. Apakah kita mau berubah atau tetap terpuruk seperti ini? Semua tergantung pada kemauan kita sendiri. 

Itu dia catatan singkat biografi William Shakespeare.  Meski tidak banyak catatan hidup yang ia tinggalkan, namun karyanya tetap melegenda sepanjang masa. 

Baca Juga: Dianggap Legenda, Eksistensi 7 Tokoh Ini Masih Dipertanyakan Lho

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya