Comscore Tracker

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungi

Bisa sambil lihat sunset juga, lho

Di Jawa Barat banyak dataran tinggi yang dimanfaatkan warga sekitar untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Salah satu perkebunan yang banyak dijumpai di Jawa Barat adalah perkebunan Teh. Teh memang menjadi salah satu andalan sumber mata pencaharian di Jawa Barat. 

Tidak hanya dimanfaatkan untuk berkebun, pemandangannya yang indah dengan hawa sejuk khas dataran tinggi membuat beberapa perkebunan di Jawa Barat dipilih sebagai destinasi wisata.

Berikut ini 7 kebun teh di Jawa Barat yang sering dikunjungi wisatawan. 
.

1. Kebun Teh Rancabali

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungiirinerainbow.blogspot.co.id

Perkebunan yang terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan ini berada pada ketinggian 1.628 meter dpl. Di perkebunan teh ini, kamu dapat menyaksikan hamparan pepohonan teh yang berbukit-bukit dan berkelok-berkelok.

Perkebunan teh ini terlihat semakin indah karena posisinya yang berada di pinggir jalan dengan susunan yang rapat. Keberadaan perbukitan hijau di sekeliling perkebunan dan air terjun kecil bertingkat di tepi-tepi pepohonan teh melengkapi keindahan perkebunan teh ini.
 

2. Kebun Teh Malabar

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungiinfobdg.com

Di perkebunan teh yang berada di daerah Pengalengan, Bandung Selatan ini, kamu dapat menyusuri hamparan perkebunan teh sambil napak tilas sejarah kehidupan Bosscha. Bosscha adalah sosok yang berperan besar pada pembangunan teknologi di Bandung pada masa penjajahan Belanda. 

Di perkebunan ini terdapat makam dan rumah peninggalan Bosscha. Tak jauh dari perkebunan ini, terdapat Gunung Nini tempat Bosscha biasanya menenangkan pikiran. Di perkebunan ini juga disediakan Guest House untuk tempat menginap pengunjung.

3. Kebun Teh Sukawana

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungiputrijenniafasa.blogspot.com

Tidak hanya Bandung Selatan, di daerah Parongpong, Bandung Barat juga terdapat perkebunan teh yang menyajikan pemandangan asri nan menyejukkan. Meskipun tak seluas perkebunan teh lainnya yang berada di Bandung, perkebunan teh ini juga tampak indah dipandang karena termasuk kebun teh yang aktif berproduksi dan senantiasa terpelihara.

Dari kebun teh ini, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang.

4. Kebun Teh Gunung Mas

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungikemanaajaboleeh.com

Di kebun teh yang terletak di daerah Puncak, Bogor ini, kamu dapat menyusuri perkebunan teh sambil mencoba langsung memetik teh dan meminum hasil petikannya. Selain dengan berjalan kaki, kamu juga dapat menikmati pengalaman yang berbeda dengan menunggang kuda menyusuri perkebunan teh. Dari kebun teh ini juga tersaji pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede
 

5. Kebun Teh Cianten

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungisepedacikarang.blogspot.co.id

Di kebun teh yang terletak di daerah Leuwiliang, Bogor ini, kamu tidak hanya dapat menyusuri perkebunan teh dengan berjalan kaki. Kamu juga dapat bersepeda mencoba trek yang menantang dengan jalan dari tanah dan batu serta banyak ditemui tanjakan dan turunan.

Sangat cocok bagi kamu penggemar olahraga sepeda ekstrim. Di kebun teh ini  juga ada beberapa lapangan yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda camping atau sekedar menggelar tikar. 
 

6. Kebun Teh Cikuya

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungimajalahteras.com

Kebun teh yang terletak di daerah Cibeber, Banten ini menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dengan kebun-kebun teh yang ada di Bandung dan Bogor. Di perkebunan ini kamu juga dapat menikmati suasana asri nan menyejukkan, khas perkebunan teh.

Sepanjang perjalanan menuju kebun ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan pegunungan dan pantai yang memanjakan mata. Jika kamu berkunjung di sore hari, kamu dapat menyaksikan indahnya sunset dari kebun teh ini. 
 

7. Kebun Teh Bukit Kecapi

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Seru Buat Dikunjungilunarv2.com

Terletak 45 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya, bukit teh ini menyajikan pemandangan hijaunya perkebunan teh dengan suasana yang hening, jauh dari kebisingan. Tak jauh dari kebun teh ini terdapat kolam renang yang menyajikan pemandangan berlatar perbukitan dan perkebunan teh.

Di kolam renang ini juga terdapat gazebo untuk bersantai dan ayunan kayu yang bikin suasana kian terasa indah dan menyenangkan.

Jadikan liburanmu menyenangkan dengan menikmati indah dan sejuknya kebun teh, yuk! 

Muhammad Hasrul Sultan Photo Verified Writer Muhammad Hasrul Sultan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya