Comscore Tracker

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!

Apakah event musik favoritmu ada di sini?

Traveling tidak melulu mengunjungi tempat wisata seperti museum atau bangunan bersejarah. Berkunjung ke sebuah kota dengan tujuan untuk menghadiri event musik juga termasuk liburan.

Seperti yang sudah kita ketahui, pandemik COVID-19 mengakibatkan penundaan atau pembatalan event di seluruh dunia, salah satunya yaitu event musik. Tetapi jangan sedih karena event-event tersebut akan kembali dilangsungkan seperti dahulu.

Berbicara mengenai acara musik, Indonesia juga menghadirkan dan atau menjadi tuan rumah acara musik kelas internasional yang sungguh sayang bila dilewatkan. Yuk, kita simak bersama daftarnya! Barangkali event favorit kamu ada di sini.

1. Java Jazz Festival (JJF) 

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!suasana saat acara Java Jazz Festival (instagram.com/asp.adelia)

Jakarta International Java Jazz Festival atau JJF adalah satu-satunya acara musik jazz terbesar di Asia yang dilangsungkan setiap tahun sejak tahun 2005. Total acara ini sudah dilaksanakan sebanyak 17 kali. Sempat tertunda karena pandemik COVID-19, JJF kembali menggelar acara pada tanggal 27-29 Mei 2022 kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Beberapa musisi lokal terkenal yang turut memeriahkan JJF 2022 antara lain Reza Artamevia, Kahitna, Andien, Rizky Febian, dan Ahmad Dhani. Tidak hanya musisi lokal saja, musisi internasional seperti P.J. Morton dan Tony Monaco yang berasal dari Amerika Serikat juga hadir di JJF 2022.

Informasi mengenai jadwal acara, lokasi, dan harga dapat diakses melalui https://www.javajazzfestival.com/index.php atau lewat akun resmi Instagram mereka yaitu @javajazzfest. Minimum usia untuk menghadiri JJF adalah 12 tahun dan semua penonton yang hadir wajib mengikuti protokol kesehatan contohnya mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan menunjukkan bukti vaksin COVID-19 melalui aplikasi.

Kemudian penggunaan drone, kamera, dan video profesional tidak diizinkan selama acara berlangsung. 

2. Djakarta Warehouse Project (DWP)

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!suasana saat acara DWP 2019 (instagram.com/adyyudaaa)

Djakarta Warehouse Project (DWP) awalnya merupakan sebuah acara di sebuah klub bernama Blowfish di Jakarta. DWP diikuti oleh musisi dari genre musik elektronik dan Disk Jockey atau DJ dari berbagai macam negara.  

Acara DWP berlangsung setiap tahun di bulan Desember dimulai dari tahun 2010. Awalnya DWP hanya diadakan selama 1 hari saja tetapi karena antusias yang tinggi acara ini sekarang dilangsungkan selama 3 hari.

Pada tahun 2019 kemarin acara DWP dihadiri oleh 90.000 penonton dari 30 negara. Musisi internasional yang pernah memeriahkan DWP antara lain Calvin Harris, David Guetta, dan DJ Snake.

Tahun ini DWP akan diadakan di JIExpo Kemayoran dari tanggal 9 hingga 11 Desember 2022. Beberapa musisi yang akan hadir di DWP 2022 yaitu Zedd, Hardwell, DJ Snake, Armin Van Buuren, dan Martin Garrix. Estimasi harga tiket selama 3 hari dimulai dari Rp 1.520.000,00 per orang.

Informasi mengenai tiket dan cara membeli dapat diakses dari https://www.djakartawarehouse.com/ atau menghubungi nomor WhatsApp 08211-300-5824

 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Konser Idolamu Sekali Seumur Hidup 

3. We The Fest

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!suasana We The Fest (instagram.com/rasyadathala)

We The Fest atau WTF adalah festival musim panas yang diadakan setiap tahun dimulai dari tahun 2014. Cocok untuk pengunjung dari segala usia, WTF menghadirkan beragam hiburan dimulai dari musik, kuliner, hingga fesyen. Musisi lokal yang pernah memeriahkan acara WTF yaitu Afgan, Isyana Sarasvati, Lyodra, dan Petra Sihombing.

Tahun ini WTF menggelar acara mereka secara langsung dari GBK Sports Complex di kawasan Senayan, Jakarta pada tanggal 23-25 September 2022 kemarin. Estimasi harga tiket masuk untuk kategori general admission di tahun 2022 ini dimulai dari Rp 700.000,00 per orang. Sedangkan harga tiket masuk kategori VIB di tahun 2022 dimulai dari Rp 1.650.000,00 per orang. Pembelian tiket dapat dilakukan dari laman resmi mereka https://www.wethefest.com/tickets. 

Informasi tambahan pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam festival. Penggunaan video profesional juga tidak diperbolehkan di dalam festival. Kemudian minimum usia untuk membeli tiket kategori VIB adalah 18 tahun, sedangkan minimum usia untuk membeli minuman beralkohol adalah 21 tahun.

 

4. Ultra Bali dan Resistance Bali

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!Suasana di acara Ultra Bali 2022 (instagram.com/firlandireza)

Diselenggarakan oleh Musikindo Global Pratama (MGP), festival Ultra Bali kembali hadir di Bali pada tanggal 29-30 September 2022 kemarin di Discovery Kartika Plaza Hotel di Kuta, Bali. Resistance Bali adalah acara underground music yang dilangsungkan 1 hari saja yaitu tanggal 1 Oktober 2022 di Savaya Bali.

Acara Ultra Bali dimeriahkan oleh musisi Electronic Dance Music (EDM) lokal dan internasional seperti Angga x Indra 7, Weird Genius, Tantra, Afrojack, Alesso, dan DJ Miu. Sedangkan Resistance Bali dihadiri oleh Nicole Moudaber, Wehbba, dan IZREAL. 

Estimasi biaya tiket dimulai dari Rp 2.530.000,00 per orang yang dapat dibeli langsung dari https://ultrabali.com/tickets/2022/. Biaya tiket masuk untuk Resistance Bali dimulai dari Rp 690.000,00. Kedua acara ini hanya untuk pengunjung berusia 21 tahun ke atas. 

 

5. Hammersonic festival

5 Event Musik Tahunan di Indonesia, Selalu Ditunggu Penggemarnya!ilustrasi konser musik rock (unsplash.com/Matthew Kalapuch)

Hammersonic festival adalah konser musik rock terbesar di Asia Tenggara yang sudah dilangsungkan sejak tahun 2012. Hammersonic festival akan kembali diadakan secara offline tanggal 18 hingga 19 Maret 2023 di Eco Park Ancol, Jakarta.

Informasi mengenai musisi yang akan hadir, cara pembelian tiket, dan cara menggunakan tiket yang dibeli di tahun 2020 dapat diakses melalui https://hammersonic.com/. Estimasi harga tiket dimulai dari Rp 2.645.000,00 per orang. Tiket hanya dibeli melalui laman resmi Hammersonic https://hammersonic.com/ticket/ dan mitra partner.  

Sekadar informasi minimum usia untuk menghadiri acara ini adalah 12 tahun. Setiap pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksin dan negatif dari tes antigen COVID-19 yang dilakukan 1x24 jam sebelum acara. Hasil tes dan bukti vaksin harus tertera di aplikasi PeduliLindungi. 

Itulah 5 event musik terkenal yang dilangsungkan di Indonesia. Mayoritas lokasi acara berada di Jakarta atau Bali. Harga tiket memang cukup tinggi tetapi kualitas musisi yang hadir sangat bagus ditambah dengan acara hanya diadakan setahun sekali.

Untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksin dan syarat kesehatan lainnya melalui aplikasi PeduliLindungi sehingga pastikan aplikasi kamu sudah terupdate. 

 

 

Baca Juga: 6 Konser Jazz Tahunan di Indonesia, Selalu Dinanti Penggemar

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya