Comscore Tracker

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmu

Panoramanya begitu menawan, bikin malas pulang

Indonesia memiliki padang savana yang tersebar di seluruh pulau. Destinasi wisata berupa padang rumput yang memanjakan mata ini bisa ditemukan di mana saja.

Beberapa padang savana terbaik di Indonesia terdapat di Pulau Jawa. Inilah delapan savana yang wajib kamu kunjungi, setidaknya sekali dalam seumur hidup. 

1. Savana Sadengan - Taman Nasional Alas Purwo

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/brightdidi

Savana Sadengan masih menjadi satu kesatuan dengan Taman Nasional Alas Purwo. Kamu bisa menikmati suasana damai dengan terpaan angin yang sejuk. Kamu juga berkesempatan melihat beberapa satwa melintas di padang rumputnya, ada rusa, banteng, babi hutan, dan aneka burung.

Kamu bisa melihatnya melalui pos pemantauan satwa di pinggiran padang savana. Dari atas, semuanya bakal terlihat jelas. Waktu paling tepat berkunjung ke sini adalah pukul 09.00-10.00 dan 15.00-17.00.

Lokasi: Jalan Brawijaya Nomor 20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: Senin sampai Jumat pukul 07.30-17.00

Harga: WNI dikenakan seharga Rp15 ribu, sedangkan WNA seharga Rp150 ribu

2. Kawah Wurung

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/el.journeys

Saat ke Jawa Timur, mampirlah ke Kawah Wurung. Pesonanya bakal bikin kamu terpana. Hamparan rerumputan hijau membuat suasana makin magis. Kalau suka fotografi, lokasi ini bisa menjadi tempat yang tepat.

Singgahlah hingga menjelang petang, karena pemandangan matahari tenggelamnya akan membuatmu takjub. Gak heran kalau tempat ini selalu banjir pengunjung. Meski sebenarnya sebuah kawah, lautan rerumputan hijaunya nampak seperti savana.

Lokasi: Margahayu, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Rp5.000

3. Padang Savana Cikasur - Gunung Argopuro

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/ridhosuryaaa

Kalau pengin merasakan sensasi berkemah di tengah padang savana, kamu bisa melakukannya di sini. Savana yang berada di lereng Gunung Argopuro ini memang tidak luas, tetapi pemandangannya tetap memesona.

Di tengah savana terdapat mata air yang jernih, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk keperluan memasak saat berkemah. Namun, kamu tetap harus berhati-hati. Pasalnya, sering ada babi hutan yang melewati padang savana ini.

Lokasi: Area Hutan, Tamankursi, Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp20 ribu

4. Padang Savana - Gunung Bromo

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/yorrysyukamoto

Keindahan Gunung Bromo sudah terkenal sampai ke level mancanegara. Salah satu tempat wisata paling populer di sini adalah padang savananya. Kamu bakal dibuat terpesona dengan pemandangan savana yang berhiaskan Bukit Teletubbies.

Kamu bisa berkeliling sampai puas dengan menyewa kuda. Waktu yang paling tepat untuk datang ke sini adalah saat musim hujan. Kamu bakal disuguhi rerumputan hijau yang cantik. Jadi, siapkan kamera dan outfit terbaikmu, ya!

Lokasi: Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari buka 24 jam

Harga: WNI Rp29 ribu saat hari biasa dan Rp34 ribu di akhir pekan, sedangkan WNA Rp220 ribu di hari biasa dan Rp320 ribu di akhir pekan.

5. Savana Tegal Panjang - Gunung Papandayan

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List LiburanmuIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Untuk bisa sampai ke savana ini, kamu harus mendaki selama kurang lebih lima jam. Meski terasa lama dan melelahkan, semua itu bakal terbayarkan dengan keindahan alam di Savana Tegal Panjang.

Hamparan rerumputannya berwarna gradasi yang indah, mulai dari hijau tua, hijau muda, dan hijau kekuningan. Kawasan ini sangat dilindungi pemerintah, sehingga kebersihan dan keindahannya selalu terjaga.

Lokasi: Karamat Wangi, Cisurupan, Garut, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp30 ribu

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Malang yang Kece, Banyak yang Gratis Lho!

6. Oro-oro Ombo - Gunung Semeru

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/onya1406

Padang savana di Gunung Semeru sangat berbeda dengan lainnya. Di sini tak hanya rerumputan subur saja, tetapi juga dipenuhi bunga-bunga yang indah. Tak heran kalau banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang dan hunting foto.

Banyak bunga lavender berwarna ungu bermekaran saat musim hujan. Hamparan padang rumput pun seketika berubah menjadi taman bunga yang cantik. Dijamin bikin betah berlama-lama di sini.

Lokasi: Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: WNI Rp19 ribu pada hari biasa dan Rp24 ribu di akhir pekan, sedangkan WNA Rp210 ribu pada hari biasa dan Rp310 ribu di hari libur.

7. Savana Gunung Merbabu

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/winniannisa

Kurang lengkap rasanya ketika mendaki Gunung Merbabu tanpa singgah sebentar di padang savananya. Sebelum sampai di puncak, kamu bakal melewati tempat ini. Meski pemandangan di puncak terasa lebih indah, dari padang savana pun gak kalah menawan.

Saat matahari terbit dan tenggelam, suasananya menjadi kian magis. Siapkan staminamu supaya tetap fit saat mendaki. Dengan begitu, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan rerumputan hijau yang menawan. 

Lokasi: Salatiga, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: WNI Rp5.000 di hari biasa dan Rp7.500 untuk akhir pekan, sedangkan WNA Rp150 ribu saat hari biasa dan Rp225 ribu untuk akhir pekan.

8. Savana Bekol - Taman Nasional Baluran

8 Padang Savana Terbaik di Pulau Jawa yang Harus Masuk List Liburanmuinstagram.com/prestyal

Keindahan Savana Bekol yang berada di Taman Nasional Baluran ini sudah sangat terkenal. Padang savana ini kerap disebut sebagai "Little Africa," karena suasananya benar-benar mirip Afrika.

Uniknya, padang savana ini bersifat musiman. Kalau datang saat musim kemarau, semua tampak kering, tapi justru ini pesonanya. Lain halnya saat sedang musim hujan, semuanya jadi lebih hijau dan subur.

Lokasi: Area Hutan atau Kebun, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-16.30

Harga: seharga Rp15 ribu pada hari biasa untuk WNA dan WNA Rp150 ribu. Ketika akhir pekan atau hari libur, WNI dikenakan seharga Rp17 ribu dan WNA Rp225 ribu.

Itulah delapan destinasi padang savana di Pulau Jawa yang bisa jadi referensi liburanmu selanjutnya. Hamparan hijaunya bikin kamu malas pulang, deh. Mana dulu yang pengin kamu datangi, nih?

Baca Juga: 10 Wisata Bernuansa Pink Paling Unik di Dunia, Ada Indonesia Lho

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya