Comscore Tracker

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!

Ombaknya cocok banget buat berselancar, nih

Panorama keindahan pantai di Bali memang selalu juara. Seperti yang kita ketahui, Pulau Dewata ini selalu jadi "surganya" pencinta wisata pantai.

Selain Pantai Kuta dan Pantai Pandawa, masih banyak pantai lain yang wajib dijelajahi. Salah satunya Pantai Balangan.

Panorama hamparan lautnya bikin matamu enggan berkedip. Sebelum berlibur ke sana, yuk simak dulu informasi wisata Pantai Balangan Bali. Mulai dari harga tiket, rute, hingga tips-tipsnya. Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Rute menuju Pantai Balangan

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/bali_epic

Untuk bisa sampai ke Pantai Balangan sebenarnya tidak sulit. Pemilihan rute tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Berikut pilihan rutenya:

  • Dari Bandara Ngurah Rai:

Melajulah ke Jalan ByPass Ngurah Rai, lalu masuk ke Jalan Uluwatu II. Kemudian, lanjutkan perjalananmu ke Jalan Raya Uluwatu.

Setelah jalanan itu habis, beloklah ke Jalan Pantai Balangan yang berkelok-kelok. Sesampainya di dekat lautan, Pantai Balangan berada di sisi kirimu.

  • Dari Denpasar:

Dari kota ini, masuklah ke dalam Jalan Teuku Umar, lalu ke Jalan Imam Bonjol. Kemudian, belok ke Jalan Sunset Road hingga ke Jalan ByPass Ngurah Rai.

Setelah itu, teruskan perjalanan hingga ke Jalan Uluwatu II dan Jalan Raya Uluwatu. Sesampainya di ujung jalan tersebut, beloklah ke Jalan Balangan. Kamu bakal menemukan Pantai Balangan di sisi kiri.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/dewi.lizty

Lokasi: Jalan Pantai Balangan, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: gratis

3. Berbagai aktivitas seru di Pantai Balangan

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/blushwithlove

Pemandangan pantai ini sangat menawan karena diapit dua bebatuan karang besar. Kalau pengin melihat pesona Pantai Balangan dari ketinggian, kamu bisa mendaki ke atas batu karang besar tersebut.

Dari atas, kamu bisa melihat dengan jelas lanskap seluruh pantai. Bahkan, warna air pantai yang bergradasi bisa terlihat dari sana. Mulai dari biru muda, biru tua, dan kehijauan.

Kalau sudah berada di atas, hati-hati saat memijak ya. Berdirilah di sisi yang aman, jangan terlalu ke pinggir, supaya tidak jatuh terperosok.

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/thomaaass_b

Buat kamu yang suka olahraga air, cobalah berselancar di sini. Deruan ombaknya yang besar bakal jadi arena yang menyenangkan, sekaligus menegangkan. Untuk peselancar yang belum mahir, tidak disarankan melakukannya di sini. Tak masalah kalau ada pemandunya.

Biasanya peselancar didominasi dari kalangan turis mancanegara. Mereka menganggap ombak di Pantai Balangan sangat cocok untuk berselancar. Buat yang hobi fotografi, cocok banget, nih!

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/enjoy_life_on_earth

Pantai Balangan punya garis pantai yang cukup panjang, sehingga mengeksplorasinya jadi kegiatan yang paling menyenangkan. Singgahlah hingga sore hari, panorama sunset-nya bikin enggan beranjak.

Pasir pantainya yang putih dan hitam cukup lembut, sehingga kamu bisa bersantai di pinggir pantai. Duduk di atas pasir sembari mendengarkan suara ombak air laut pun sudah terasa sangat menyenangkan. 

Baca Juga: Wisata Pantai Pangandaran: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnya

4. Fasilitas yang disediakan

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/jessykutafornia

Letak Pantai Balangan memang agak tersembunyi, tapi bukan berarti fasilitasnya kurang memadai. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari pos penjaga pantai, tempat makan, kamar mandi, tempat beristirahat yang berupa kursi memanjang, hingga payung lengkap dengan tendanya.

Hanya saja, untuk payung dan tenda, kamu dikenakan biaya Rp50 ribu. Tidak dihitung per jam, jadi kamu bisa menggunakannya sampai puas. Gak terlalu mahal, kan?

5. Tips saat mengunjungi Pantai Balangan

Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Pantai Balangan Bali, Surfing Yuk!instagram.com/tiaanggarini

Tips-tipsnya:

  1. Disarankan membawa kendaraan pribadi, karena hampir tidak ada angkutan umum yang mengantar ke sini.
  2. Bawalah payung atau topi untuk melindungi kepala dari sengatan matahari.
  3. Jangan lupa gunakan sunscreen, supaya kulit tetap sehat.
  4. Pastikan kondisi tubuhmu fit, supaya gak gampang masuk angin saat main di pantai.
  5. Bawa kamera adalah hal wajib. Dengan begitu, semua momen indah bakal terekam, deh.

Nah, itulah info wisata mengenai Pantai Balangan yang bisa dijadikan bekal untuk liburan seru ke sana. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, ya!

Baca Juga: 10 Aktivitas Paling Seru Saat Liburan ke Pantai Siung Yogyakarta

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya