Comscore Tracker

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakarta

Destinasi asyik buat liburan bareng keluarga besar

Meski dikenal sebagai Kota Metropolitan, Jakarta punya banyak destinasi objek wisata yang menarik, salah satunya Dunia Fantasi (Dufan). Tempat ini masih satu kesatuan dengan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Nah, sebelum ke sana, sebaiknya perhatikan informasi wisata Dunia Fantasi, meliputi rute, harga tiket, dan tips-tipsnya berikut ini. 

1. Rute menuju Dunia Fantasi

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, seperti KRL. Berikut pilihannya:

  • Dari Depok: mulailah dari Jalan Krukut Raya, lalu ke Jalan Pangkalan Jati. Dari sini, melajulah ke Jalan RS Fatmawati, kemudian masuk ke Tol Pondok Pinang. Lanjutkan perjalanan menuju Tol Lingkar Luar Jakarta hingga ke Tol Pelabuhan. Selanjutnya, ke Jalan Lodan Raya dan sampailah kamu ke Dunia Fantasi. Lama perjalanan sekitar dua jam.
  • Dari Bogor: masuk ke Tol Jagorawi, lalu menuju ke Tol Cililitan 2 hingga ke Tol Ir. Wiyoto Wiyono dan Tol Pelabuhan. Setelah itu, melaju ke Jalan Lodan Raya dan sampailah di Dunia Fantasi. Membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan.
  • Dari Bekasi: mulailah ke Tol Lingkar Luar Timur menuju ke Tol Tanjung Priok. Lanjutkan ke Jalan Enggano dan Jalan R.E. Martadinata. Nah, kamu sudah sampai di Dunia Fantasi. Lama perjalanan sekitar satu jam.

Kalau memilih naik KRL, inilah rute yang bisa dipilih:

  • Stasiun Bogor: kamu bisa turun di Stasiun Kampung Bandan, lanjutkan perjalanan naik mikrolet berkode M15 atau M15A. Turunlah di pintu utama Ancol.
  • Stasiun Bekasi: turunlah di Stasiun Jakarta Kota, lalu teruskan dengan naik mikrolet M15 atau M15A. Kamu akan turun tepat di depan pintu utama Ancol.
  • Stasiun Serpong: transit di Stasiun Tanah Abang, kemudian turun di Stasiun Kampung Bandan. Setelah itu, naiklah mikrolet berkode M15 atau M15A. Kamu akan turun di depan pintu gerbang Ancol.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Lokasi: Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan  Pademangan, Jakarta Utara

Jam operasional: Senin hingga Jumat pukul 10.00-18.00, sedangkan akhir pekan mulai pukul 10.00-20.00

Harga: 

  • Tiket reguler: tiket hari biasa seharga Rp200 ribu. Sedangkan, saat weekend, dikenakan Rp295 ribu.
  • Tiket premium: tiket hari biasa seharga Rp450 ribu. Sedangkan, saat weekend, dikenakan Rp550 ribu.

Baca Juga: Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquarium

3. Aneka wahana yang bisa kamu naiki

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Banyak wahana seru di sini, terbagi menjadi empat kategori antara lain Children Rides, Family Ride, Water Ride, dan Thrill Ride. Semuanya bisa bermain di sini.

Di wahana Children Rides, anak-anak bisa bermain berbagai wahana, seperti Kolibri dan Ubanga Banga. Permainan ini didesain khusus bagi anak-anak berusia 5-12 tahun dengan tinggi minimal 125 sentimeter. Gak perlu khawatir, karena sudah dilengkapi dengan peralatan yang aman.

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Wahana paling ramai di kategori Family Ride adalah Ontang-anting. Permainan ini punya banyak kursi yang melayang ketika diterbangkan ke udara. Seru banget!

Selain itu, kamu juga bisa bermain di Istana Boneka, Bianglala, Perang Bintang, Kalila Adventure, Rumah Miring, Poci-poci, Burung Tempur, dan Rajawali.

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Kalau pengin merasakan wahana yang lebih menantang, cobalah wahana di kategori Thrill Ride. Kamu bisa menjajal Roller Coaster dengan arena yang tak biasa. Biar lebih seru, ajaklah temanmu untuk berteriak bersama selama permainan.

Gak cuma itu, terdapat pula wahana seru lainnya, seperti Halilintar, Hysteria, Tornado, Kicir-kicir, Pontang-pontang, Ombang-ombang, dan Kora-kora. Sebelum naik, pastikan kondisi badanmu sedang prima, supaya tidak mual setelah bermain.

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Pengin bermain sambil basah-basahan? Bisa banget, dong! Cobalah merasakan sensasi arung jeramnya. Kamu akan diajak menjelajahi sungai sepanjang 325 meter dengan arus yang cukup deras. Wahana ini cocok dinikmati bareng keluarga atau sahabat.

Selain itu, terdapat pula wahana air lainnya. Seperti Ice Age Arctic Adventure dan Niagara Gara. Jangan lupa bawa baju ganti ya!

4. Tips mengunjungi Dunia Fantasi

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Dufan Fantasi Jakartainstagram.com/infodufan

Tips-tipsnya:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan baju berwarna gelap, karena wisata ini bersifat outdoor, kamu pasti akan kepanasan nantinya.
  2. Bawalah payung atau topi. Ketika cuaca sedang terik-teriknya, kamu bisa mengenakannya untuk melindungimu dari sengatan matahari.
  3. Mengingat ada beberapa wahana air yang mengharuskan basah-basahan, sebaiknya membawa baju ganti, ya.
  4. Perhatikan peraturan yang tertera pada setiap wahana, karena biasanya berbeda-beda.
  5. Siapkan obat-obatan pribadi.

Itulah sejumlah informasi seputar berwisata seru di Dunia Fantasi, Ancol. Jadi, kapan kamu akan ke sana bareng keluarga?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya