Comscore Tracker

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan Indah

Ada yang mirip Raja Ampat, lho

Wisata alam bahari memang selalu menarik untuk dikunjungi. Selain pantai dan sungai, wisata bendungan atau waduk juga ternyata memiliki pemandangan yang indah.

Bendungan atau waduk di Indonesia memang berfungsi sebagai penahan laju air. Nah, biasanya bendungan atau waduk kerap dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Gak cuma tempat wisata, beberapa bendungan di Indonesia juga banyak yang Instagramable, lho. Berikut di antaranya:

1. Waduk Selorejo

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/mfakhri_26

Disebut juga Bendungan Selorejo, Waduk Selorejo merupakan wisata air di Malang yang menyejukkan mata. Kamu bisa melihat panorama Gunung Kelud, Gunung Kawi, dan Gunung Anjasmoro di sini.

Selain menikmati pemandangan indah, waduk yang berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini juga bisa dipakai untuk memancing. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkeliling naik perahu dengan tarif sekitar Rp80 ribu hingga Rp150 ribuan.

Waduk yang berlokasi di Sambirejo, Pandansari, Kecamatan Ngantang, Malang, Jawa Timur, ini selalu ramai wisatawan. Tiket masuknya Rp20 ribuan.

2. Bendung Kamijoro

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/jogjaseni

Bendungan yang berlokasi di Kaliwiru, Tuksono, Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta, ini baru saja diresmikan. Selain jembatan megah penghubung Bantul dan Kulonprogo, ada area ruang terbuka hijau yang selalu ramai pengunjung.

Tak hanya untuk rekreasi menikmati alam yang indah, Bendung Kamijoro juga menjadi tempat memancing yang asyik. Tak ada tarif tertentu untuk tiket masuknya, kamu bisa membayar secara sukarela.

3. Tukad Yeh Unda

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/gd_tour_bali

Wisata di Klungkung, Bali, ini sering jadi lokasi foto pre wedding. Lokasinya di Jalan Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Klungkung, bendungan indah ini sangat menarik perhatian.

Untuk mengunjungi Tukad Yeh Unda, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 km ke timur dari Kota Semarapura. Menemukan tempat satu ini sangat mudah, karena bisa dilihat dari jalan utama Kota Klungkung. Harga tiket masuknya Rp10 ribu.

4. Waduk Bajulmati

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/ayuastrinadewi

Bendungan satu ini berlokasi di perbatasan antara wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Waduk Bajulmati ini membentuk Sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya.

Sering disebut mirip Kepulauan Wayag di Raja Ampat, bendungan yang berlokasi di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, ini terbilang murah untuk dikunjungi. Siapkan uang parkit Rp5.000 untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Baca Juga: 10 Air Terjun di Indonesia yang Dikenal Paling Horor, Berani Datang?

5. Bendungan Karangkates

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/arisbudiman.78

Bendungan ini juga dikenal dengan nama Waduk Ir. Sutami, Bendungan Sutami atau Waduk Karangkates. Bendungan yang dibangun sejak tahun 1975-1977 ini berfungsi menahan aliran Sungai Brantas dan Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Bendungan yang berada di Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur, ini juga menjadi tempat wisata yang murah meriah. Dengan merogoh kocek Rp 15 ribu, kamu bisa menikmati keindahan danau buatan ini sambil naik perahu atau memancing.

6. Bendungan Colo Sukoharjo

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/theguhwe

Bendungan yang berada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah, ini dikenal Instagramable banget, lho. Selain sebagai irigasi, tempat ini bagus hunting foto.

Terdapat ratusan beton kokoh berbentuk persegi yang ditata rapi seperti paving di atas air. Pemandangan beton tertata ini tentu saja menjadi spot berfoto yang bagus. Masuk ke sini tak dipungut biaya alias gratis.

7. Waduk Sermo

7 Bendungan di Indonesia yang Instagramable Banget, Murah dan IndahInstagram.com/jogjacampervan

Waduk yang berlokasi di Kulonprogo, Yogyakarta, ini kini semakin populer. Selain bisa berkeliling naik perahu, Waduk Sermo ini juga menjadi destinasi camping yang asyik lho.

Terdapat padang rumput di pinggir waduk yang membuatnya tampak estetik. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp2.000 untuk retribusi dan Rp1.000 untuk parkir sepeda motor.

Baca Juga: 10 Potret Unik Curug Sodong Sukabumi yang Lagi Viral, Eksotis Banget!

Topic:

  • Naya Gayatri
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya